Momen membeli baju baru galib dilakukan masyarakat agar tampil stylish saat Idulfitri (Sumber gambar: Unsplash/Juli Kosolapova)

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Belanja Baju Lebaran, Biar Kantong Enggak Boncos

11 April 2023   |   14:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Menjelang Hari Raya Idulfitri, persiapan baju baru untuk Lebaran menjadi satu hal yang sangat dinantikan. Ya, momen membeli baju baru galib dilakukan masyarakat agar tampil stylish saat Idulfitri. Baju baru juga menjadi semacam simbol jiwa dan raga yang baru pada hari kemenangan tersebut. 

Namun, ada kalanya seseorang bisa kalap karena banyaknya pilihan model busana baru dan diskon besar-besaran dari berbagai jenama. Oleh karena kita perlu berhati-hati saat ingin membeli pakaian saat momen menjelang Lebaran tiba.

Tak hanya itu, kamu pun perlu menentukan anggaran sebelum memutuskan membeli pakaian baru biar kantong kalian enggak kembang kempis. Untuk itu, sebelum belanja baju Lebaran, yuk simak tip dari berbagi sumber berikut agar bisa tetap hemat saat belanja kebutuhan Lebaran. 

Baca juga: 5 Tips Tampil Glow Up Saat Lebaran
 

1. Tentukan Anggaran 

Ilustrasi angaran keuangan (sumber gambar Unsplash/ Emil Kalibradov)

Ilustrasi angaran keuangan (Sumber gambar: Unsplash/ Emil Kalibradov)

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli baju Lebaran adalah menentukan anggaran. Kamu bisa menyiapkan dana tersebut jauh hari sebelum Lebaran. Misalnya, dengan menyisihkan uang sedikit demi sedikit untuk model baju lebaran yang kalian incar.

Selain itu, belilah baju lebaran sesuai dengan bujet yang dimiliki. Hal ini bertujuan agar kondisi finansialmu tetap aman. Ingat, meski THR kamu sudah turun, tapi masih ada kebutuhan lain pada masa mendatang yang perlu disiapkan, alih-alih hanya untuk baju Lebaran semata. 
 

2.  Buat Skala Prioritas

Sebelum memutuskan membeli baju lebaran, sebaiknya pertimbangkan kembali apakah ada kebutuhan lain yang lebih mendesak selain hal tersebut. Jika memang ada, maka kamu bisa menunda terlebih dulu untuk membeli baju Lebaran dan memprioritaskan kebutuhan yang lebih penting.

Kendati momen Lebaran kita dianjurkan untuk mengenakan pakaian terbaik. Namun, pakaian terbaik tidaklah harus baru. Cek kembali lemari pakaianmu dan pilih kembali baju lebaran terbaik di sana, cuci bersih dan setrika hingga licin, kamu pun siap tampil prima saat Lebaran.
 

3. Sesuaikan Pakaian untuk Semua Momen

Ilusrasi memilih baju Lebaran (sumber gambar Unsplash/ Becca Mchaffie)

Ilustrasi memilih baju Lebaran (Sumber gambar: Unsplash/ Becca Mchaffie)

Lebaran memang selalu identik dengan pakaian muslim, tapi alih-alih membeli baju koko kamu bisa membeli kemeja lengan panjang agar bisa digunakan di lain kesempatan. Dengan begitu, saat momen Idulfitri berakhir kamu bisa memakai baju tersebut untuk kegiatan lain, termasuk bekerja atau hangout

Selain itu, pilihlah model pakaian yang sesuai dengan kepribadian kamu serta perhatikan bahan dan kualitasnya. Sebab, dengan kualitas yang baik maka akan membuat baju lebih tahan lama, sehingga kamu bisa menggunakannya dalam jangka panjang. 
 

4. Tentukan Membeli Online atau Offline

Seiring berkembangnya teknologi, memang semakin membuat belanja menjadi lebih mudah. Tersedianya lokapasar juga membuat kamu lebih mudah belanja tanpa harus berdesak-desakkan saat  memborong baju Lebaran di mal atau pusat perbelanjaan. 

Namun, saat membeli secara online kamu harus membaca dengan cermat deskripsi bahan, warna ataupun model pakaian. Sebab, selain tidak bisa mencobanya secara langsung kamu pun tidak bisa melihat secara fisik benda tersebut sebelum dikirim oleh kurir.

Kedua cara tersebut memang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun, jika kamu merasa ragu saat membeli secara online, maka bisa langsung meluncur menuju store terdekat dari jenama impian kamu dan membelinya di sana. 
 

5.  Cari Diskon & Jangan Membeli Mendekati Lebaran

Ilustrasi diskon (sumber gambar Unsplash/ Artem Beliaikin )

Ilustrasi diskon (Sumber gambar: Unsplash/ Artem Beliaikin )

Kiat lain untuk membeli baju Lebaran agar tidak boncos adalah mencari diskon yang dipromosikan oleh berbagai brand favorit. Namun tetap usahakan agar tidak kalap ya Genhype, meski harga baju yang kalian beli terkesan murah karena ada diskon besar-besaran.

Selain itu, sebaiknya jangan membeli baju Lebaran ketika mendekati momen Idulfitri tiba. Hal ini untuk menghindari berdesak-desakan di pusat perbelanjaan. Begitupun sebaliknya, saat membeli online, yaitu untuk menghindari keterlambatan pengiriman dari pihak jasa ekspedisi atau seller.

Nah, itulah dia Genhype 5 tip membeli baju Lebaran yang bisa membuat kantong kamu tetap tebal dan momen Idulfitri kalian tetap stylish. Jadi sudah berencana membeli baju Lebaran kapan nih?

Baca juga: 9 Kiat Berbagi Angpau Lebaran Agar Momen Hari Raya Makin Gembira

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Rekomendasi Resep Kue Kering Lebaran, Ada Putri Salju hingga Kue Kacang

BERIKUTNYA

Menengok Kecanggihan Mobil Listrik Premium yang Mengaspal di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: