Smartphone Infinix (Sumber Foto: infinix)

6 Cara Menghilangkan Iklan Pop Up di HP Infinix

10 April 2024   |   21:21 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Produsen teknologi terkemuka, Infinix telah banyak meluncurkan tipe ponsel pintar yang cukup populer di Indonesia. Selain desainnya yang cantik dan premium, perangkat ini juga memiliki sederet fitur mumpuni seperti kamera yang jernih dan memori penyimpanan besar.

Sayangnya, banyak pengguna yang mengeluhkan tampilan antarmuka Infinix yang sering menampilkan banyak iklan dan cukup mengganggu. Akhirnya aktivitas seperti bermain gim, mengakses media sosial, sampai streaming film atau YouTube jadi tak maksimal. 

Iklan pop up yang muncul saat membuka browser atau aplikasi biasanya tidak berpotensi membahayakan ponsel. Namun, waspadai apabila jumlah iklan yang muncul sudah terlalu banyak, karena bisa jadi disebabkan oleh malware atau virus. Mengutip Tech Recipes, berikut beberapa cara mudah untuk menghilangkan iklan di hp Infinix. 

Baca juga: Cek Harga & Spesifikasi Infinix Note 40 Series yang Rilis di Indonesia
 

1. Hapus iklan lewat home screen ponsel

Menghilangkan iklan di ponsel Infinix bisa dilakukan melalui layar utama atau home screen. Caranya swipe atau geser layar utama hp Infinix ke atas. Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas layar lalu klik Hide Instant apps, dengan begitu secara otomatis iklan telah terblokir dari ponsel. 

Apabila cara pertama belum berhasil, bisa melakukan cara kedua. Pada bagian Home Screen, geser layar ke kanan. Kamu akan melihat iklan di bawah tulisan Unlimited Instant Apps. Geser lagi layar ke bawah hingga menemukan roda bergerigi atau ikon Setting atau pengaturan. 

Pada laman pengaturan, cari dan pilihlah Manage Cards, kemudian klik tombol hapus pada tulisan Unlimited Instant Apps untuk menghilangkan iklan. Selanjutnya kembali ke layar home screen, lalu iklan akan hilang.
 

2. Hapus iklan yang sering muncul di launcher 

Pengguna ponsel Infinix pasti sering melihat rekomendasi aplikasi di launcher. Meskipun tidak diunduh, iklan aplikasi ini terus-terusan muncul. Apabila merasa terganggu, kamu bisa menghilangkannya.

Caranya swipe layar hingga muncul akses daftar aplikasi, lalu ketuk titik tiga di bagian kanan atas. Untuk menghilangkan rekomendasi aplikasi gim, silakan tekan Hide Instant Games dan Hide Game Center.

Selain itu, kamu juga bisa menonaktifkan fitur untuk mencari aplikasi yang tidak terunduh. Caranya, kamu bisa tekan Disable personalized search. Setelah berhasil, kamu tidak akan melihat aplikasi tidak dikenal pada perangkat mobile-mu.
 

3. Hapus iklan dengan mengaktifkan DNS

Cara menghilangkan iklan di hp Infinix, bisa dengan mengaktifkan DNS pada pengaturan ponsel. Sebagai informasi, Private DNS adalah sebuah fitur untuk melindungi privasi pengguna saat mengakses suatu situs.

Caranya, buka pengaturan lalu pilih more connections dan langsung klik Private DNS. Untuk mengaktifkannya, pilih Private DNS provider hostname. Pada kolom yang tersedia silakan tuliskan dns.adguard.com. Tekan Save untuk menyimpan perubahan dan private DNS pun aktif. 
 

4. Hapus iklan lewat Google Chrome 

Biasanya iklan pop up banyak bermunculan saat kita sedang melakukan aktivitas browsing melalui mesin pencarian seperti Google Chrome. Supaya tidak terganggu lagi, begini cara menghapus iklan yang muncul di Google Chrome. 

Pertama buka Google Chrome. Ketuk tanda titik tiga di pojok kanan atas layar. Geser ke bawah dan klik menu Setting atau pengaturan. Klik menu Site Setting dan pilih menu Pop ups and Redirects. Geser tombol ke arah kiri untuk memblokir pop up iklan di Chrome.
 

5. Hapus iklan melalui XOS Launcher

Iklan-iklan yang muncul di hp Infinix milikmu bisa jadi berasal dari XOS launcher. Berikut cara menghentikan pop up iklan melalui XOS Launcher. Pertama buka home screen atau layar utama hp, tekan lama layar utama untuk membuka menu XOS, geser ke bawah dan klik Other Setting, lalu matikan opsi Application Recommendation untuk menghentikan iklan. 
 

6. Menginstal aplikasi pemblokir iklan

Cara terakhir untuk menghilangkan iklan di hp Infinix adalah dengan mengunduh aplikasi pihak ketiga di Play Store. Pilihan aplikasinya ada banyak, mulai dari NetGuard, AdClear Content Blocker, sampai AdGuard.

Salah satunya yang direkomendasikan yaitu AdGuard. Aplikasi ini akan memfilter iklan berbahaya yang dapat masuk ke ponselmu dengan langsung memblokirnya. AdGuard juga telah memakai firewall sebagai perlindungan dari malware dan phising

Baca juga: Rilis di Indonesia, Cek Keunggulan dan Harga Infinix Zero Series

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Rekomendasi Wisata Edukasi saat Libur Lebaran, Ada Borobudur dan Museum Batik

BERIKUTNYA

Line Up & Fakta Pertemuan Indonesia vs Qatar 15 April 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: