Calon pemain naturalisasi tersebut ialah Shayne Pattynama (Sumber gambar: Instagram.com/s.pattynama)

Mengenal Shayne Pattynama, Calon Pemain Naturalisasi Baru Timnas Indonesia

06 January 2023   |   15:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Lini belakang Tim Nasional Indonesia akan makin tangguh. Sebab, ada satu pemain naturalisasi lagi yang akan didatangkan untuk memperkuat barisan belakang skuad Garuda. Calon pemain naturalisasi tersebut ialah Shayne Pattynama.

Sampai saat ini, proses naturalisasi masih berlangsung. Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, mengatakan bahwa Keputusan Presiden (Keppres) tentang Pewarganegaraan (naturalisasi) terhadap Shayne Pattynama sudah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

Jadi, tinggal selangkah lagi Shayne Pattynama akan menjadi warga negara Indonesia. Dia diproyeksikan akan membantu lini belakang tim asuhan Shin Tae Yong. Setelah ini, dia akan menjalankan proses pengambilan sumpah di Kanwil Kemenkumham Provinsi DKI Jakarta. Namun, belum ada jadwal pasti mengenai pengambilan sumpah tersebut.

"Kami berharap proses ini bisa segera, termasuk perpindahan dari Asosiasi Sepak Bola Eropa ke Asosiasi Sepak Bola Asia,” ujar Menpora Amali dalam keterangan tertulisnya. 

Shayne Pattynama merupakan pemain keturunan yang mendapat perhatian khusus dari Shin Tae Yong. Pemain ini direkomendasikan langsung olehnya agar bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Baca jugaProfil Lionel Scaloni, Pelatih Muda Argentina Peraih 3 Trofi Kejayaan dalam 2 Tahun

 
 

Profil Shayne Pattynama

Shayne Pattynama adalah pemain keturunan Indonesia yang kini tinggal di Belanda. Dia memiliki darah Indonesia dari ayahnya. Lantaran kecintaannya dengan Indonesia, dia kini memilih untuk menjadi warga negara Indonesia.

Di Negeri Kincir Angin itu, dia mulai merintis kariernya sebagai pemain sepak bola profesional dari nol. Sejak kecil, dirinya sudah masuk ke klub sepak bola untuk menimba ilmu dan mencari menit bermain. Karier juniornya dimulai saat dirinya bergabung ke SV Lelystad ’67, kemudian Ajax, dan Utrecht. 

Karier Pattynama terus berkembang hingga usia dewasa. Pria yang lahir pada 11 Agustus 1998 itu mengawali karier seniornya sebagai pemain sepak bola sejak 2017. Saat dirinya berusia 19 tahun, dia bergabung dengan tim FC Utrecht, Belanda. Saat itu, dirinya masih bermain sebagai pemain gelandang. Namun, sedikit perubahan ia lakukan saat pindah ke klub barunya.

Pada 2019, dia merumput untuk klub SC Telstar. Di klub ini, dia mulai mencoba posisi baru sebagai pemain belakang. Posisi baru tersebut pada akhirnya terus bertahan hingga bermain untuk klub barunya. Sejak 2021, pesepak bola itu memutuskan untuk membela klub Viking FK dan bermain di posisi fullback kiri. 

Kariernya terbilang cemerlang dan dia kini berada di klub yang bermain di kasta tertinggi Liga Norwegia. Dengan pengalamannya bermain di berbagai posisi, Shayne Pattynama sangat dibutuhkan Shin Tae Yong untuk mempersegar komposisi tim. Shayne Pattynama juga termasuk pemain serba bisa karena dapat bermain di bek kiri maupun gelandang.

Baca jugaIndonesia Berhasil Lolos ke Babak Semifinal Piala AFF 2022

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Timnas Indonesia vs Vietnam, Pengamat: Sekarang atau Tidak Selamanya

BERIKUTNYA

7 Negara dengan Lanskap Musim Semi Terindah di Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: