Opor ayam jadi salah satu hidangan wajib Lebaran Idulfitri (Sumber foto: Freepik)

5 Cara Praktis Menjaga Kesehatan saat Merayakan Lebaran

11 April 2024   |   00:25 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Idulfitri merupakan momen penting bagi umat muslim untuk merayakan kemenangan. Setelah berpuasa sebulan penuh mereka akhirnya berkumpul bersama keluarga untuk merayakan Lebaran serta bersilaturahmi ke handai taulan.

Hari istimewa ini biasanya juga dihiasi dengan hidangan-hidangan khas yang menggugah selera untuk disantap. Beberapa di antaranya adalah opor ayam, rendang, gulai, kue kering, dan berbagai macam kudapan khas Lebaran lainnya. 

Baca juga: Waspada, Cek Jenis Penyakit yang Rentan Terjadi Setelah Lebaran

Meski nikmat, jika diperhatikan, menu-menu tersebut memiliki kadar lemak dan kolesterol tinggi. Oleh karena itu, bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan, seperti hipertensi hingga diabetes. 

Nah, bagi kamu yang ingin momen lebarannya tetap tampil prima, jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan tubuh. Dihimpun dari sumber resmi, berikut kiat-kiat menghindari penyakit saat Lebaran tiba. 
 

1. Perbanyak sayur & buah

Karena menjadi momen tahunan, Lebaran kerap membuat pola makan jadi berantakan. Selain tergiur dengan berbagai godaan makanan yang ada, kita pun sering kalap untuk mencoba berbagai menu yang disajikan oleh keluarga saat bersilaturahmi ke rumah mereka.

Oleh karena itu tetap perhatikan asupan makanan sehat ya Genhype. Salah satunya dengan mengkonsumsi sayur dan buah yang cukup akan dapat mengimbangi kolesterol dalam tubuh dan melancarkan sistem pencernaan selama momen Lebaran tiba. 


2. Perhatikan porsi makanan

Menghindari semua godaan makanan yang ada saat Lebaran tiba memang berat. Namun, poin penting saat menikmati hidangan tersebut adalah memperhatikan dan mengatur porsi makan. Jadi, jangan sampai kalian kalap saat melihat beragam hidangan yang tersaji di atas meja.

Adapun, salah satu cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan membuat perencanaan terlebih dahulu. Bersama keluarga kalian bisa merencanakan mengenai kudapan apa saja yang akan disajikan. Selain itu, kamu juga bisa menawarkan opsi hidangan yang lebih sehat untuk dibawa saat bertemu keluarga. 
 

3. Perbanyak air putih

Selain mengontrol pola makan, hal lain yang patut diperhatikan saat Lebaran tiba adalah kebutuhan cairan di dalam tubuh. Salah satunya dengan memperbanyak asupan air mineral agar kalian tetap terhidrasi dan tubuh tetap fit saat menjalani aktivitas.

Pasalnya, selain mampu mengembalikan kadar elektrolit yang hilang dari tubuh melalui urin maupun keringat, dengan memperbanyak asupan air putih juga akan menggantikan bikarbonat, klorida, potasium, dan sodium di dalam tubuh yang berguna untuk kesehatan. 
 

4. Kurangi gula & minuman bersoda

Makanan manis dan minuman bersoda adalah makanan yang seringkali menjadi favorit saat Lebaran. Namun, mengonsumsi terlalu banyak gula juga bisa meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Sebaiknya, kurangi konsumsi makanan-makanan tersebut agar tubuhmu tetap sehat dan tidak menggemuk. 
 

5. Puasa sunah & kelola stres

Setelah Lebaran tiba kamu juga bisa menjalankan puasa Syawal selama enam hari yang disunahkan dalam Islam. Puasa ini pun bisa menjadi salah satu cara untuk tetap menjaga kesehatan selama momen-momen libur Lebaran agar tidak kalap untuk menyantap berbagai kudapan hari raya. 

Selain itu, ada baiknya juga untuk mengelola stres yang terbukti membuat orang ingin makan secara berlebihan. Jangan lupa juga untuk tetap jaga kesehatan dengan berolahraga secara rutin, baik pada pagi  atau sore hari yang disesuaikan dengan kondisi tubuh.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Saat Lebaran

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Rekomendasi Film Islami Romantis untuk Merayakan Lebaran 2024

BERIKUTNYA

Trailer Joker 2 Perlihatkan Romansa Pertemuan Arthur Fleck & Harley Quinn

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: