Ilustrasi pantai (Sumber gambar: Utsman Media/Unsplash)

Mudik Lewat Tegal? Yuk Cek 4 Destinasi Wisata Menarik di Kota Bahari

08 April 2024   |   12:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Kegiatan mudik tak bisa lepas dari hiruk pikuknya Jalan Pantai Utara Jawa (Pantura). Jalan arteri yang menghubungkan 4 provinsi di Pulau Jawa ini menjadi penyambung jalur darat bagi para pemudik jelang Hari Raya Idulfitri. Jalur sepanjang 1.161 km ini pun melewati beberapa kota dari Banten hingga Jawa Timur.

Tegal merupakan salah satu kota yang dilewati pemudik di jalur Pantura yang tengah menuju Jawa Tengah sampai Jawa Timur. Tak jarang, kota Bahari ini menjadi tempat singgah bagi para pemudik yang ingin mengambil waktu sejenak untuk beristirahat. Jika kamu ingin mampir sembari menikmati liburan, melipir ke tempat-tempat wisata di Tegal bisa jadi opsi menarik.

Yuk simak beberapa wisata unik yang ada di Tegal! 

Baca juga: Kenalan dengan Museum Semedo, Tempat Asyik Wisata Prasejarah di Tegal
 

1. Pemandian Air Panas Guci

Rileks sembari menikmati hangatnya air menjadi pilihan menarik bagi pemudik yang ingin rehat sejenak dari aktivitas berkendara. Pemandian Air Panas Guci terletak di lereng Gunung Slamet, Desa Rembul, Kec. Bojong. Wisata yang ramai saat akhir pekan ini menawarkan sensasi udara sejuk ditemani air panas langsung dari sumbernya. 

Kolam pemandian air panas ini memiliki beberapa pancuran dan kolam renang. Pancuran 13 dan pancuran 5 menjadi spot paling ramai yang dikunjungi wisatawan. Kedua pancuran ini mengalirkan air panas langsung dari sumber mata air di sekitar Gunung Slamet. 
 

2. Waduk Cacaban


Menikmati waktu istirahat dari aktivitas berkendara juga bisa dilakukan dengan menyambangi Waduk Cacaban. Waduk yang bertempat di Karanganyar, Kedungbanteng, Tegal ini dibuat untuk menampung air dari aliran Sungai Cacaban. Karena lanskapnya yang indah, Waduk Cacaban juga menjadi incaran wisatawan untuk rekreasi.

Pengunjung bisa bermain di pinggir waduk hingga berjalan-jalan di area hutan dan jogging track. Beberapa spot yang tak kalah menarik perhatian juga adalah dermaga terapung dan area perahu yang kerap menjadi tempat untuk berfoto. 
 

3. Pantai Pulau Kodok

Seperti julukannya, Tegal tak bisa lepas dari keindahan baharinya. Pantai-pantai dan aktivitas laut yang indah membuat Tegal dijuluki sebagai salah satu kota dengan wisata bahari.

Pantai Pulau Kodok menjadi salah satu destinasi yang diburu wisatawan saat melewati area Panggung, Tegal Timur. Pantai ini dulunya merupakan bagian dari Pantai Martoloyo Indah yang kemudian berpisah. Sehingga, posisi pantainya berada bersebelahan dengan Pantai Batam dan Pantai Martoloyo Indah, yang sudah dikenal lebih dahulu. 

Di pantai ini, pengunjung bisa menikmati semilir angin sejuk sembari bersantai di pinggir pantai berpasir putih. Pantai ini juga akrab dengan aktivitas nelayan dan tambak udang masyarakat lokal. Jangan khawatir, pantai ini sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti parkir, musala, hingga warung makan.
 

4. Taman Tegalsari


Keindahan alam juga hadir di tepian laut di Kelurahan Tegalsari, Tegal Barat. Taman Tegalsari tak sekadar memberikan wisata pesisir pantai, tetapi juga wisata satu atap dengan spot-spot foto instagramable. Di taman ini, pengunjung bisa menikmati waktu sore sembari bercengkrama bersama keluarga.

Terdapat fasilitas seperti ayunan, gazebo, dan warung makan yang ramai di sepanjang area. Taman Tegalsari buka selama 24 jam, menjadikannya cocok untuk disambangi para pemudik yang melintasi jalur ini. Menariknya, pengunjung akan melihat pemandangan kapal-kapal nelayan berlayar saat menyambangi Taman Tegalsari. 

Baca juga: Cek Deretan Pantai Indah di Sepanjang Kawasan Pantura, Pemudik Wajib Melipir!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek Deretan Pantai Indah di Sepanjang Kawasan Pantura, Pemudik Wajib Melipir!

BERIKUTNYA

4 Alasan Seru Serial Fallout Menarik Ditonton, Adaptasi dari Seri Video Game Populer

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: