Memulai produktivitas setelah libur tidak mudah (Sumber gambar: Andrea Piacquadio/Pexels)

Libur Lebaran Usai, Simak 6 Kiat Kembalikan Produktivitas

09 May 2022   |   08:18 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Libur Lebaran telah usai. Mulai hari ini, orang-orang sudah mulai kembali beraktivitas dan menjalankan rutinitas sehari-hari seperti bekerja. Namun, tentu tak mudah untuk mengembalikan energi dan semangat setelah sekian lama menikmati libur.

Sebab, libur Lebaran yang panjang membuat tak sedikit orang terlena, terlalu lama bersantai dan melepas rutinitas, sehingga menjadi malas untuk memulai aktivitas. Walhasil, tak sedikit orang yang mengajukan cuti tambahan, atau bekerja malas-malasan setelah libur Lebaran. Supaya Genhype tetap semangat memulai aktivitas setelah libur, berikut adalah 6 kiat kembalikan produktivitas.


1. Awali dengan olahraga

Saat liburan kemarin, tak sedikit orang yang malas untuk berolahraga. Padahal, olahraga dapat membuat tenaga kembali pulih dan bersemangat untuk beraktivitas. Supaya produktivitas kalian kembali, coba awali hari dengan berolahraga.

Bangun pagi, dan sambut segarnya udara dengan olahraga jalan kaki berkeliling komplek perumahan atau taman, lari-lari kecil, atau bersepeda yang juga tak kalah menyenangkan. Kalau kamu punya waktu sedikit lebih luang, coba berenang dan lepaskan beban pikiran.


2. Jangan begadang

Untuk mengembalikan produktivitas, jangan tidur terlalu malam atau bahkan begadang. Jika saat libur Lebaran kalian bebas tidur kapan saja, bahkan begadang hanya untuk terus mengobrol bersama keluarga dan sanak saudara.

Maka sekarang kamu harus kembali produktif, sehingga istirahat menjadi hal yang penting. Jangan begadang jika tidak perlu, atau kalian akan terbangun dengan tubuh lelah keesokan harinya.

(Baca juga: 5 Kiat Menjaga Berat Badan setelah Lebaran)
 

Mengawali hari dengan berolahraga bisa meningkatkan stamina tubuh (Sumber gambar: Ketut Subiyanto/Pexels)

Mengawali hari dengan berolahraga bisa meningkatkan stamina tubuh (Sumber gambar: Ketut Subiyanto/Pexels)


3. Berangkat lebih awal

Awali hari pertama kembali bekerja dengan berangkat atau tiba di kantor lebih pagi, setidaknya 20 menit lebih awal. Dengan begitu, kalian bisa menggunakan waktu ini untuk kembali beradaptasi dengan lingkungan kantor yang telah lama ditinggalkan ketika liburan.  Kalian bisa juga membuka kembali folder pekerjaan, mencari tahu sampai mana pekerjaan terakhirmu sebelum liburan.


4. Buat rencana kerja

Cara kembalikan produktivitas setelah libur Lebaran lainnya adalah dengan membuat rencana kerja. Kalian tidak akan merasa pekerjaanmu menumpuk, jika kamu membuat rencana kerja dengan mengonsep pada skala prioritas. Ini akan membuat pekerjaan kamu lebih terukur, dan tugas dapat selesai satu per satu tanpa terasa terbebani karena tenggat waktu yang ketat dan beban kerja yang terasa menumpuk.


5. Istirahat sejenak

Fokus mengerjakan tugas dalam waktu yang lama mungkin akan terasa berat dan jenuh, apalagi setelah libur Lebaran. Pikiran kalian mungkin masih berkeliaran ke memori selama liburan, sehingga hal itu bisa menurunkan produktivitas. Untuk menyiasatinya, istirahatlah sejenak sekitar 2-5 menit untuk menyegarkan kembali otak kamu.

Atur timer di handphone untuk mengingatkan kalian agar beristirahat sebentar. Selama waktu istirahat itu, kamu juga bisa melatih pernapasan dalam, melakukan peregangan tubuh atau berjalan-jalan di sekitar kantor.


6. Rencanakan liburan

Supaya hari pertamamu bekerja lebih bersemangat, coba pikirkan ke mana kamu akan pergi pada liburan berikutnya? Kapan waktu yang tepat untuk mengambil cuti dan melakukan perjalanan lagi? Merencanakan liburan selanjutnya bisa membuat motivasi kamu dalam bekerja lebih meningkat. Bahkan, jika perlu, kalian bisa membuat rencana liburan selama satu tahun, sehingga bisa mengatur keuangan dan membagi pekerjaan.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Pasar Seni Rupa Sambut Kolektor Muda

BERIKUTNYA

7 Bulan Vakum di Media Sosial, Kim Seon-ho Tulis Pesan Menyentuh untuk Penggemar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: