Di sejumlah negara di Eropa terdapat masjid yang memudahkan para pelancong muslim untuk melaksanakan ibadah (sumber gambar ilustrasi : pexels/ Konevi)

Negara Ramah Muslim Ini Cocok untuk Jadi Destinasi Libur Lebaran di Eropa

11 April 2022   |   16:37 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Dengan dilonggarkannya syarat perjalanan di sejumlah negara di Eropa sebagian dari Genhype mungkin sudah merencakanan liburan selanjutnya setelah terhenti selama dua tahun terakhir. Meski saat ini kita berada di tengah bulan suci Ramadan, berlibur ke Eropa ternyata bisa dilakukan dengan nyaman bagi teman-teman Muslim.

Sebagian besar Muslim di seluruh dunia mungkin akan berpikir dua kali untuk bepergian ke Eropa karena mereka merasa akan sulit menemukan makanan halal. Namun berkat kehadiran orang Turki, Maroko, dan Aljazair di benua ini, kalian akan dengan mudah dapat menemukan makanan halal bahkan masjid yang layak untuk beribadah.

Kini, liburan halal di Eropa sangat mungkin dilakukan, tentunya dengan memilih destinasi secara seksama. Selain makanan halal dan tempat ibadah, kalian juga bisa melakukan perjalanan napak tilas penyebaran agama Islam di benua Eropa yang bisa jadi kegiatan menarik selama berlibur.

Berikut ini, hypeabis.id telah merangkum daftar negara di Eropa yang ramah Muslim dan wajib kalian kunjungi untuk agenda liburan mendatang, dikutip dari data Global Muslim Travel Indeks (GMTI) 2021.

 

1. Inggris

London. (Sumber gambar: Pexels/Dominika Gregušová)

London. (Sumber gambar: Pexels/Dominika Gregušová)

Inggris merupakan salah satu negara yang bisa jadi destinasi pilihan Genhype ketika berlibur ke Eropa pada momen Ramadan maupun di waktu lainnya. Data GMTI 2021 menunjukkan Inggris menempati posisi ke-25 dengan skor 57. Kalian dapat menikmati sejumlah tempat wisata seperti Trafalgar Square atau Westminster Abbey. Tidak hanya itu, negara ini juga menyediakan tur wisata sejarah Islam. Dari sisi makanan, Inggris juga menyediakan berbagai jenis makanan halal dan lokasi untuk beribadah.
 

2. Prancis

Louvre. (Sumber gambar: Pexels/Lina Kivaka)

Louvre Paris. (Sumber gambar: Pexels/Lina Kivaka)

 
Di posisi ke-36 adalah Prancis. Ada lebih dari 1.000 museum yang bisa kalian kunjungi untuk menikmati keindahan karya seni serta mempelajari ragam sejarah. Di kota Paris, Genhype bisa menemukan destinasi favorit wisatawan seperti Eiffel Tower, Notre Dame de Paris, Louvre dan Arc the Triomphe. Untuk makanan jangan khawatir. Kota Paris merupakan melting-pot dari berbagai budaya di dunia, termasuk kuliner dari Timur Tengah dan Mediterania.


3. Jerman

Berlin. (Sumber gambar: Pexels/Niki Nagy)

Berlin. (Sumber gambar: Pexels/Niki Nagy)

Jerman juga cocok dijadikan destinasi wisata halal dengan kota-kota seperti Berlin, Hamburg, Munich dan Frankfurt yang dikenal ramah Muslim. Dengan skor 46 dan menempati posisi yang sama dengan Prancis, Jerman dikelilingi dengan komunitas Muslim yang erat. Genhype dapat mengunjungi masjid terkenal Berlin, mencicipi kuliner khas Turki atau bahkan Indonesia di Hamburg, melancong ke kota Frankfurt yang kaya sejarah, atau mengunjungi Masjid Penzberg di Munich.
 

4. Irlandia

 

Dublin. (Sumber gambar: Pexels/Lukas Kloeppel)

Dublin. (Sumber gambar: Pexels/Lukas Kloeppel)

Jika dahulu negara ini dianggap tidak ramah Muslim, GMTI 2021 menempatkan Irlandia di posisi ke-45 dengan skor 44. Irlandia sejauh ini merupakan salah satu tujuan wisata paling menarik untuk dikunjungi di seluruh Eropa. Ini adalah negara yang penuh dengan sejarah yang megah, budaya yang dinamis, dan keindahan alam. Untuk wisatawan Muslim, kalian tidak perlu khawatir mencari tempat ibadah atau makanan halal, khususnya di kota-kota besar.


5. Belanda

Amsterdam. (Sumber gambar: Pexels/Pixabay)

Amsterdam. (Sumber gambar: Pexels/Pixabay)

 
Ada banyak alasan mengapa ratusan ribu pelancong Muslim berduyun-duyun ke Belanda, setiap tahun. Dengan kanal-kanal yang indah dan arsitektur yang megah, Belanda adalah salah satu negara favorit wisatwan di Eropa. Ibukotanya, Amsterdam, memiliki populasi Muslim yang tinggi.

Kalian dapat mengunjungi Moskee El-Tawheed Amsterdam, Westermoskee Aya Sofya, dan Masjid Al-Karam atau mencoba kuliner halal di Amsterdam seperti Crystal (Steakhouse dan Pizza), Restaurant Riaz (makanan Indonesia), MOZO (masakan Maroko), Daarbaand (lezat Persia) dan Istanbul Plaza Doner Kebab (makanan Turki).

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Simak Daftar Nominasi Baeksang Arts Awards ke-58, Serial Squid Game & Film Escape from Mogadishu Mendominasi

BERIKUTNYA

Intip Keseruan Belajar Akting, Vokal & Menari di Kelas Broadway

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: