Daging. (Sumber gambar: Cindie Hansen/Unsplash)

Yuk Ketahui Cara Mengolah Daging Supaya Empuk, Begini Triknya

08 April 2024   |   20:46 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Olahan daging dan ketupat identik dengan momentum Hari Raya Idulfitri. Di Indonesia, peringatan umat Muslim setelah menyelesaikan Bulan Ramadan ini kerap dirayakan dengan masakan khas untuk menyambut hari kemenangan yang suci dan fitrah. 

Aneka hidangan berbahan dasar daging seperti rendang, malbi, sate, hingga rabeg kerap dijadikan menu pendamping irisan ketupat yang lezat. Meski demikian, tak sedikit yang menemui kesulitan dalam mengolah daging untuk sajian lebaran ini. Terkadang, daging yang diolah justru terasa alot.

Biasanya, hal tersebut terjadi karena proses memasak yang salah. Agar tak salah lagi, yuk simak cara mengolah daging supaya tetap empuk! 

Baca juga: Resep Rendang Padang untuk Menu Lebaran Idulfitri
 

Daging (Sumber gambar: Wesual Click/Unsplash)

Daging (Sumber gambar: Wesual Click/Unsplash) 

1. Lumuri dengan jahe

Jahe sering dijadikan bahan marinasi untuk membuat hidangan menjadi lebih segar dan tidak amis. Namun selain itu, rupanya jahe juga memiliki manfaat untuk membuat daging menjadi lebih lunak. Jahe memiliki enzim protease yang dapat mencerna protein pada daging untuk membuat teksturnya menjadi lebih lembut.

Cara untuk membuat daging lembut adalah melumuri daging dengan jahe yang digeprek atau dicacah, kemudian diamkan kurang lebih 5-10 menit. Rendaman jahe ini efektif untuk membuat daging lebih empuk setelah dimasak.
 

2. Gunakan metode masak 5-30-7

5-30-7 sempat viral sebagai metode memasak untuk menghemat gas. Selain itu, rupanya metode ini juga efektif untuk membuat jenis bahan protein menjadi lebih empuk. Metode ini dilakukan dengan cara mendidihkan air selama 5 menit, kemudian merebus daging selama 30 menit, lalu memasak daging kembali selama 7 menit.

Dengan metode memasak ini, Genhype bisa mengolah kembali daging menjadi hidangan seperti opor, rendang, dan lainnya setelah proses merebus daging.
 

3. Rendam dengan jus nanas

Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat mengurai struktur molekul protein menjadi asam amino. Enzim ini bisa membuat daging lebih empuk dengan cara alami. Enzim ini juga bisa membantu olahan daging lebih kaya rasa saat dimasak.

Caranya, cuci dan parut buah nanas kemudian rendamkan pada potongan daging yang sudah dicuci terlebih dahulu. Diamkan daging yang direndam selama kurang lebih 30 menit sebelum diolah menjadi masakan.
 

4. Rendaman sari lemon

Buah-buahan citrus seperti lemon dan jeruk nipis juga efektif untuk membuat daging lebih empuk saat diolah. Bahan alami ini mengandung asam yang bisa memecah serat protein dalam daging. Rendaman sari lemon ini akan membuat daging lebih menyerap bumbu dan menjadi lebih empuk setelah dimasak.

Cukup potong lemon menjadi dua buah bagian, kemudian peras pada permukaan daging yang sudah dipotong. Lumuri dan ratakan sari lemon pada daging kemudian diamkan kurang lebih 5-10 menit untuk hasil yang maksimal.

Baca juga: 5 Rekomendasi Menu Makanan Bebas Santan yang Cocok Disajikan Saat Lebaran

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Libur Lebaran Tiba! Cek Daftar Promo Tiket Tempat Wisata di Berbagai Daerah Indonesia

BERIKUTNYA

5 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Saat Lebaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: