Menyimpan daging di kulkas (Sumber Foto: Freepik)

Begini Cara Menyimpan Daging Kurban Sapi & Kambing di Freezer agar Tahan Lama

29 June 2023   |   21:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Hari Raya Iduladha biasanya identik dengan penyembelihan hewan kurban sepeerti kambing, sapi, kerbau atau domba. Daging kemudian dibagikan ke masyarakat sekitar dan diolah menjadi beragam hidangan lezat. Namun, karena jumlah yangbanyak dan tidak mungkin dimasak sekaligus, sebagian daging biasanya disimpan.

Seperti yang kita tahu, daging adalah makanan yang mudah busuk dan rusak jika tidak disimpan dengan benar. Oleh karenanya pastikan kamu menyimpan daging dalam suhu dingin supaya tahan lama untuk diolah dalam beberapa hari kedepan. 
 

1. Jangan Cuci Daging

Apabila kamu baru saja menerima daging kurban, tapi tidak akan langsung dimasak, maka sebaiknya daging jangan dicuci dulu. Mencuci daging dapat menimbulkan bau tidak sedap karena air yang menyerap ke dalam serat-seratnya akan membuat kualitas daging menurun.

Mencuci daging mentah juga bisa mengundang bakteri masuk. Sebaiknya kalau ingin membersihkan daging bisa pakai tisu dapur di bagian yang kotornya saja, kemudian masukkan ke freezer.
 

2. Simpan di Wadah Tertutup

Sebelum dimasukkan ke kulkas, simpanlah daging di wadah tertutup. Daging qurban yang dibagikan biasanya ukurannya beda-beda. Supaya lebih mudah disimpan dalam wadah, kamu bisa memotong daging terlebih dahulu.

Daging juga bisa dicincang dulu sebelum dibekukan, sehingga proses pencairannya jadi lebih mudah. Terakhir lapisi daging dengan kertas foil untuk membantu menjaga kelembabannya sehingga tetap awet dan segar.
 

3. Pisahkan daging dan jeroan

Yang tak kalah penting, jangan lupa memisahkan daging dan jeroannya. Jeroan biasanya lebih cepat rusak daripada daging. Oleh karenanya lebih baik dipisahkan di wadah yang berbeda. Hal tersebut juga untuk menghindari terjadinya kontaminasi silang atau pertukaran bakteri antara jeroan dengan daging. Selain itu juga sebaiknya tidak mencampur daging dengan jenis daging lainnya, misalnya sapi dan kambing.

4. Masukkan ke dalam Freezer

Simpan wadah berisi daging dan jeroan ke dalam freezer karena suhunya yang dingin dapat mempertahankan kesegaran daging dan menghambat aktivitas enzim yang menyebabkan pembusukan. Daging kurban yang dibekukan di dalam freezer dapat bertahan hingga 12 bulan lamanya.

Namun suhu freezer juga harus diperhatikan supaya kamu bisa menyimpan daging dalam waktu lama. Pastikan suhu freezer selalu berada di bawah minus 18 derajat Celcius.
 

5. Jangan Bekukan Daging yang Sudah Cair

Saat hendak mengeluarkan daging dari freezer untuk dimasak, seringkali kita memasukkan kembali sisanya ke dalam. Ternyata hal tersebut sangat tidak disarankan. Daging yang sudah dikeluarkan dari freezer dan dicairkan akan lebih cepat tercemar oleh bakteri yang mengakibatkan daging cepat busuk. Oleh karena itu, jika sudah dicairkan, sebaiknya daging segera dimasak.

Cara mencarikan daging juga sebaiknya tidak disimpan di suhu ruangan. Sebaiknya kamu memindahkan daging dari freezer ke penyimpanan di kulkas lalu biarkan sampai mencair. Sebelum di masak daging bisa dicuci terlebih dulu untuk menghilangkan darah dan kotoran lainnya.

Baca juga: Enggak Perlu Takut Kolesterol, Ini 7 Cara Sehat Menyantap Daging Kurban

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Selain Sate, Ini 7 Ide Olahan Daging Sapi & Kambing untuk Hari Raya Iduladha

BERIKUTNYA

Demo Lies of P Duduki Game Upcoming Terpopuler di Steam, Cek 3 Keunikannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: