Soto kuah bening (Sumber Foto: Freepik)

5 Rekomendasi Menu Makanan Bebas Santan yang Cocok Disajikan Saat Lebaran

06 April 2024   |   10:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Hari Raya Idulfitri atau Lebaran merupakan momen penuh kehangatan dan sukacita yang sangat dinanti-nantikan oleh umat Islam. Perayaan Lebaran tak akan lengkap tanpa adanya hidangan istimewa yang lezat dan menggugah selera. Keluarga besar biasanya akan berkumpul sambil menyantap hidangan tersebut.

Biasanya sejumlah menu yang kerap disajikan adalah rendang, opor ayam, dan sayur ketupat. Sayangnya hidangan tersebut menggunakan santan yang mungkin dihindari oleh beberapa orang karena alasan kesehatan. Mengurangi santan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit seperti kolesterol yang berpengaruh besar terhadap kesehatan jantung.

Baca juga: 6 Resep Kue Tradisional Lebaran khas Betawi, Ada Biji Ketapang & Akar Kelapa

Namun, jangan khawatir karena masih banyak menu masakan tanpa santan yang bisa dikonsumsi dengan aman oleh keluarga. Nah Genhype, berikut rekomendasi menu Lebaran bebas santan. 
 

1. Sup

Memasak sup sayuran seperi kentang, wortel, brokoli, dan lainnya, selain lezat juga sangat menyehatkan. Makanan berkuah bisa mencegah dehidrasi, selain itu sayurannya juga dapat memberikan asupan serat tinggi. Terlebih biasanya sup menggunakan daging ayam atau sapi yang dapat meningkatkan asupan protein. 
 

2. Semur Daging

Semur daging menjadi salah satu masakan yang sangat populer saat momen lebaran. Semur daging terbuat dari daging sapi dan dimasak dengan mengkombinasikan sejumlah rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, jahe, ketumbar, kayu manis, cengkeh, dan lada hitam.

Selain itu, beberapa resep semur daging juga menambahkan bahan-bahan lain seperti serai, daun salam, cabai dan kecap manis memberikan cita rasa gurih dan manis pada kuahnya.
 

3. Sate 

 

Sate ayam. (Sumber foto: Unsplash/Mufid Majnun)

Sate ayam. (Sumber foto: Unsplash/Mufid Majnun)

Sate merupakan makanan tinggi protein yang terbuat dari bahan dasar daging, bisa ayam atau sapi. Daging lalu dimarinasi dengan bumbu-bumbu seperti kecap manis, bawang putih, bawang merah, jahe, sereh, gula merah, garam, dan sedikit minyak untuk memberikan rasa gurih, manis, dan pedas yang khas pada dagingnya.

Namun, sebaiknya hindari memasak sate kambing karena berisiko meningkatkan kolesterol dan darah tinggi. Selain itu, jangan membakar sate terlalu lama, karena bisa terjadi penumpukan senyawa karsinogenik yang berpotensi menyebabkan kanker.
 

4. Soto

Soto ayam kuah bening tanpa santan merupakan menu yang kaya protein dan menyehatkan. Biasanya makanan ini juga dilengkapi dengan beberapa kombinasi sayuran seperti tomat, kentang, kol dan lainnya. Selain itu, mwnambahkan perasan jeruk nipis membuat kuah soto jadi lebih segar dan lezat.
 

5. Rawon Daging

Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur yang terkenal di daerah seluruh Indonesia. Rawon terbuat dari daging sapi dengan ciri khas kuahnya yang berwarna hitam pekat. Kuah rawon berasal dari kluwek, biji dari buah kluwak yang memberikan warna hitam khas dan rasa yang unik.

Bumbu yang digunakan dalam masakan ini misalmua rempah-rempah seperti lengkuas, jahe, kunyit, serai, dan daun jeruk purut yang memberikan aroma dan rasa yang khas. Rawon biasanya disajikan dengan nasi putih, irisan mentimun, tauge, telur asin, bawang goreng, dan sambal.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

3 Rumus Copywriting yang Simpel Tapi Efektif

BERIKUTNYA

Mulai Rp750.000, Cek Paket Layanan & Keunggulan Internet Starlink di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: