Sate. (Sumber gambar: Mufid Majnun/Unsplash)

Jangan Sampai Lewat, Cek 8 Kuliner Populer di Jalur Pantura

08 April 2024   |   14:49 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Jalan Pantai Utara Jawa atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pantura selalu ramai saat momentum mudik tiba. Pada Hari Raya Idulfitri tahun ini pun, jalan sepanjang 1.316 km ini dipadati dengan hiruk pikuk pemudik yang melintasi Pulau Jawa.

Sebagaimana diketahui, jalur Pantura menghubungkan wilayah Barat hingga Timur Pulau Jawa yang meliputi 5 Provinsi yakni Provinsi Banten, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Baca juga: Cek Deretan Pantai Indah di Sepanjang Kawasan Pantura, Pemudik Wajib Melipir!

Sebagai jalan yang menghubungkan Pulau Jawa, sepajang jalur ini pun dipadati dengan restoran dan wisata kuliner yang menarik. Bagi Genhype yang sedang mudik melewati jalur Pantura, yuk simak beberapa kuliner yang wajib kamu jajal!
 

1. Nasi Gonjleng

Genhype yang melewati kawasan Cilegon boleh melipir ke salah satu tempat makan yang menyediakan menu nasi gonjleng. Nasi gonjleng merupakan menu khas Banten dengan sajian nasi berbumbu rempah dengan suwiran rabeg, aneka rempah, sambal, dan emping.

Nasi gonjleng legendaris ini terletak di Jalan RA. Kartini No. 2, Jomblang Wetan, Cilegon, Banten. Kamu bisa menemukan tempat makan ini tepat di sebelah Rumah Dinas Walikota Cilegon. Cukup siapkan Rp19.000 untuk menikmati nasi gonjleng ini.
 

2. Pepes Jambal Walahar

Salah satu kuliner yang populer di wilayah Karawang adalah Pepes Jambal Walahar. Pepes jambal yang legendaris ini pun cukup sering diburu wisatawan yang melntasi Karawang. Hidangan ikan jambal yang dipepes dengan rempah ini dibungkus dengan daun pisang dan dikudap dengan nasi hangat.

Untuk menikmati pepes jambal walahar, Genhype bisa menyambagi restorannya yang berada di Jalan Raya Kosambi No 37, Kecamatan Klari, Kawarang, Jawa Barat. Harga per porsinya mulai dari Rp10.000 saja loh!
 

3. Empal Gentong H. Apud

Melewati kawasan Cirebon, Genhype bisa menyempatkan untuk mampir ke salah satu restoran empal gentong yang populer di Kota Wali tersebut. Empa Gentong H. Apud merupakan salah satu restoran empal gentong legendaris yang terletak di Jalan Ir. H. Juanda No.24, Kec. Tengah Tani, Kabupaten Cirebon. Restoran ini selalu ramai diburu pemudik saat momentum mudik tiba tiap tahunnya.

Tempat makan yang sudah berdiri sejak 1994 ini menjual aneka empal gentong dengan isian jeroan sapi. Genhype yang ingin mencicipinya cukup membawa uang mulai dari Rp23.000 untuk seporsi empal gentong hangat nan lezat.
 

4. Sate Blengong Kasturi Rajak

Pernah mencicii sate blengong? Jika belum, rasanya Genhype perlu mencoba kuliner yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda ini. Salah satu restoran populer yan menjual sate blengong adalah sate blengong kasturi rajak. Bertempat di Jalan K.H. Hasyim Ashari, Brebes, Jawa Tengah, tempat makan ini menyediakan menu andalan mulai dari menu sate yang dibakar hingga sate yang dikudap dengan irisan ketupat.

Sate blengong kastur rajak juga menjadi salah satu kuliner yang ramai dipadati wisatawan saat momentum mudik tiba. Genhype bisa menikmati aneka sate-satean dengan harga mulai dari Rp7.000 saja.


5. Nasi Megono Sego Rakyat Mbak Ibah

Melintasi wilayah Pekalongan, Genhype tak boleh melewatkan kuliner khas Jawa Timur yakni nasi megono. Salah satu temat makan populer yang menyediakan nasi megono ini adalah Nasi Megono Sego Rakyat Mbak Ibah yang terletak di  Jalan Teratai No. 81, Poncol, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Nasi megono ini disajikan dengan sayur megono yakni hidangan nangka muda yang dibumbu dengan aneka rempah. Kamu bisa menikmati aneka menu nasi megono ini dengan harga mulai dari Rp6.000 saja.
 

6. Rawon Kalkulator

Rawon kalkulator merupakan salah satu restoran rawon yang cukup popuer di wilayah Surabaya. Bertempat di Jalan Raya Darmo, Wonokromo, Surabaya, kuliner yang terletak di sentra PKL Taman Bungkul ini difavoritkan karena potongan daging rawonnya yang besar.

Selain menjual rawon yang lezat, restoran ini juga ramai dipadati pengunjung karena pengalaman unik yang diberikan kepada pengunjung. Pengunjung akan melihat kecepatan pramusaji dalam menghitung semua pesanan yang dimakan oleh pengunjung di meja. Kamu bisa menjajal aneka menunya dengan harga Rp20.000 saja.
 

8. Sego Tempong Mbok Wah

Sego tempong menjadi salah satu kuliner andalan di Banyuwangi. Makanan ini disajikan dengan aneka sayur seperti bayam, daun kemangi, hingga kenikir yang direbus.

Ingin mencicipi sego tempong yang populer, kamu bisa menjelajah ke sego tempong mbok wah di Jalan Gembrung No. 220, Bakungan, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Cukup dengan membawa uang Rp15.000 saja.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

7 Rekomendasi Film Sutradara Joko Anwar, Terbaru Siksa Kubur Tayang 11 April 2024

BERIKUTNYA

Tips Mudik Aman dan Nyaman Bersama Si Kecil

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: