Umat muslim menjalankan ibadah salat Idulfitri (Sumber gambar: Bisnis/Arief Hermawan P)

Daftar Tempat Salat Idulfitri 2024 di Jalan Tol Trans Jawa

08 April 2024   |   13:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Genhype yang baru bisa mudik pada saat hari H Idulfitri 2024 atau masih harus bekerja saat Lebaran tiba tidak perlu khawatir untuk melaksanakan salat Id. Pasalnya, saat ini, sejumlah masjid di tempat peristirahatan (rest area) tol trans Jawa akan menyelenggarakan ibadah tersebut. 

Salat Id adalah ibadah salat sunah dua rakaat yang dikerjakan oleh umat Islam pada Idulftri atau 1 Syawal. Biasanya, salat ini dilaksanakan pada pagi hari sebelum melakukan aktivitas lainnya dalam perayaan hari kemenangan. 

Baca juga: 7 Masjid yang Jadi Destinasi Wisata Religi Favorit di Indonesia

Genhype yang hendak melaksanakannya, tetapi belum sampai di tempat tujuan karena masih berada dalam perjalanan bisa singgah sebentar di beberapa tempat yang menyelenggarakan. Saat kalian tengah di jalan tol trans Jawa, sejumlah masjid di tempat peristirahatan akan mengadakan salat Id. 

Berdasarkan Buku Saku Jasa Marga Edisi 5, total tempat istirahat yang mengadakan salat id mencapai 7 tempat. Kalian bisa berhenti sebentar untuk melaksanakan salat sunah dua rakaat tersebut dan beristirahat menikmati bekal yang dibawa.
Berikut daftar rest area yang menyelenggarakan salat Idulfitri di sepanjang jalan tol Trans Jawa. 
 

1. Rest Area KM 207 A 

Tempat peristirahatan pertama yang dapat menjadi tempat berhenti untuk melaksanakan salat Id adalah rest area KM 207 A. Tempat ini berada di ruas jalan tol Palimanan-Kanci. Jadi, kalian yang sedang melintas dapat singgah untuk menjalani salat Id di tempat ini.

Di rest area itu terdapat tempat ibadah umat Islam yang bernama Masjid At-Taqwa. Kalian akan salat bersama dengan pemudik lainnya atau orang-orang yang tidak dapat pulang karena harus menjalankan tugasnya.


2. Rest Area KM 379 A

Saat Genhype berada di sekitar jalan tol trans Jawa ruas Batang-Semarang, kalian dapat berhenti sejenak untuk melaksanakan salat Id di rest area KM 379 A. Di tempat ini, terdapat Masjid Sabilul Istiqomah sebagai tempat ibadah sunah 2 rakaat tersebut. 
 

3. Rest Area KM 519 A

Tempat istirahat lainnya yang dapat didatangi oleh Genhype untuk menjalankan ibadah salat Id adalah rest area KM 519 A. Terletak di ruas jalan tol Solo-Ngawi, kalian yang sedang berada di daerah ini dapat berhenti sejenak.

Di dalam tempat istirahat ini terdapat Masjid Nurul Jannah yang menjadi tempat penyelenggaraan salat Id bagi para pemudik dan orang-orang yang sedang berada di sekitar masjid. 
 

4. Rest Area KM 519 B

Rest area lain yang dapat menjadi pilihan untuk melaksanakan salat Id adalah di KM 519B. Tempat peristirahatan yang berada di ruas jalan tol Solo-Ngawi punya Masjid Nurul Bayan yang kerap menjadi tempat pelaksanaan salat Id ketika hari raya Lebaran Idulfitri. 
 

5. Rest Area KM 575 A

Di dalam rest area KM 575 A terdapat masjid Nurul Hidayah, sehingga kalian yang sedang dalam perjalanan dan belum tiba di lokasi tujuan dapat mampir sejenak untuk melaksanakan ibadah salat Id. Tempat peristirahatan ini berada di ruas jalan tol Solo-Ngawi.

Selain dapat beriadah sunah 2 rakaat tersebut, kalian juga dapat melakukan aktivitas lainnya seperti makan atau minum di tempat peristirahatan ini. Masjid yang menjadi tempat pelaksanaannya juga memiliki arsitektur yang tidak menarik dan sayang untuk dilewatkan. 
 

6. Rest Area KM 575 B

Masjid Al-Ghoddi yang terdapat di dalam rest area KM 575B merupakan tempat kalian melaksanakan salat Id jika berada di antara ruas jalan tol Solo-Ngawi. Desain masjid yang minimalis akan membuat kagum/ Meskipun mengusung desain minimalis, bangunan ini terlihat begitu modern sehingga tampilannya tampak begitu unik dan menarik. 
 

7. Rest Area KM 792 A

Rest area KM 792 A menjadi tempat peristirahatan lainnya yang dapat kalian singgahi untuk menjalankan ibadah salat Idulfitri saat masih di perjalanan mudik. Terletak di ruas jalan tol Gempol-Pasuruan, kalian akan salat Id 2 rakaat di Masjid Al Hamid.

Bangunan ibadah umat Islam yang baru diresmikan oleh Wakil Presiden Ma’aruf Amin pada Desember 2023. Selain dapat menunaikan ibadah pada hari raya kemenangan, kalian juga dapat menikmati desain arsitektur yang diusung dalam bangunan ini. 

Baca juga: Daftar Lokasi SPKLU di Jalan Tol Selama Periode Mudik Lebaran 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cara Menyaksikan Gerhana Matahari Total 8 April 2024

BERIKUTNYA

5 Destinasi Libur Lebaran 2024 di Bogor, Banyak Diskon & Program Khusus Hari Raya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: