Fenomena gerhana matahari total akan berlangsung pada 8 April 2024 (Sumber gambar: Unsplash/Jongsun Lee)

Cara Menyaksikan Gerhana Matahari Total 8 April 2024

08 April 2024   |   11:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Fenomena alam berupa gerhana matahari total akan terjadi pada hari ini, Senin, 8 April 2024 di sejumlah negara. Kalian yang hendak menyaksikannya perlu memperhatikan beberapa hal demi keamanan mata, karena sinarnya berpotensi membuat indera penglihatan itu cedera.

Berdasarkan laman National Park Service, Departemen Dalam Negeri Amerika Serikat, gerhana matahari total terjadi saat bulan menutupi seluruh permukaan cerah matahari. Kondisi ini membuat siang hari mengalami perubahan menjadi malam dalam beberapa waktu.

Gerhana matahari total adalah satu-satunya jenis gerhana matahari yang bisa dilihat oleh masyarakat tanpa filter untuk sementara waktu, yakni saat bulan menghalangi matahari secara keseluruhan.

“Melihat langsung ke matahari tidak aman kecuali selama fase gerhana matahari total yang berlangsung 2-4 menit tergantung lokasi Anda di jalur pengamatan,” demikian informasi yang tertera di laman situs. 

Baca juga: Fakta Gerhana Matahari Total 8 April 2024: Durasi Lebih Lama hingga Isu Bumi Gelap

Nah, bagi Genhype yang hendak menyaksikan gerhana matahari total, ada sejumlah cara yang dapat ditempuh berdasarkan laman Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) Amerika Serikat.

Sebelumnya, kalian harus memahami terlebih dahulu bahwa gerhana matahari total yang akan terjadi memiliki beberapa fase dan tidak bisa langsung dilihat dengan mata telanjang sebelum bulan menutupi keseluruhan. Jadi, kalian dapat menggunakan kacamata gerhana atau metode pengamatan tidak langsung. Kacamata gerhana bukan kaca mata hitam biasa.

Berikut cara aman menyaksikan gerhana berdasarkan laman NASA. 
 

Fase 1: Gerhana Sebagian

Pada fase pertama, proses gerhana matahari total belum terjadi sepenuhnya. Bulan belum menutupi matahari secara keseluruhan, sehingga masih terdapat sinar matahari. Saat cakram matahari baru tertutup sebagian atau gerhana sebagian, kalian dapat menggunakan pelindung mata khusus karena tidak aman jika dilihat secara langsung.

Kalian bisa menggunakan kacamata khusus gerhana atau menggunakan pengamatan tidak langsung dengan sejumlah alat yang dilengkapi filter agar tidak membuat mata cedera.

Salah satu pilihannya adalah teropong surya dengan filter matahari bawaan dalam lensa objektifnya. Pada saat ini, terdapat teropong menggunakan filter surya polimer untuk mendapatkan pemandangan matahari berwarna putih. Selain itu, ada juga yang menggunakan filter kaca untuk mendapatkan pemandangan matahari berwarna kuning-oranye. 
 

Fase 2: Gerhana Cincin

Sinar matahari yang mengalir melalui lembah Bulan menciptakan kilatan cahaya terang. Kondisi ini menandai beberapa detik terakhir sebelum gerhana matahari total terjadi. Sama dengan saat fase gerhana sebagian, Genhype juga tidak aman untuk mengamatinya secara langsung.

Kalian juga jangan menyaksikan secara langsung ketika menggunakan teropong, kamera, atau teleskop yang tidak dilengkapi filter. Jadi, pastikan kamera, teleskop, atau teropong yang akan digunakan memiliki filter surya atau matahari. Filter harus dipasang di lensa objektif. 
 

Fase 3: Manik-manik Baily

Fase selanjutnya adalah manik baily atau Baily Beads, yakni kondisi ketika bulan akan menutupi matahari sepenuhnya dan terlihat ketika bulan melakukan pergerakan terakhirnya di atas matahari saat gerhana matahari total.

Fase ini terjadi ketika celah di medan terjal bulan memungkinkan sinar matahari melewati beberapa tempat tepat sebelum fase gerhana total. Kalian juga perlu pelindung mata khusus karena fase tersebut juga tidak aman bagi seseorang untuk melihat langsung.

Proyektor lubang jarum bisa dipakai untuk menyaksikan proses ini secara tidak langsung. Satu hal terkait cara ini, kalian tidak boleh melihat proses gerhana matahari secara langsung melalui lubang yang dibuat. Dengan proyektor ini, kalian akan melihat proses gerhana matahari di dinding, tanah, atau alas lainnya sebagai hasil proyeksi sinar matahari yang lewat melalui lubang kecil di alatnya. 
 

Fase Gerhana Total

Pada fase ini, bulan akan menutupi seluruh piringan matahari. Biasanya, kalian dapat melihatnya jika daerah tempat tinggal berada di jalur gerhana matahari total dan akan berlangsung dalam beberapa menit. Kalian dapat melepas kacamata gerhana atau melihatnya secara langsung ketika bulan menutupi sinar matahari secara sempurna. 
 

Fase tahap akhir

Pada tahap akhir, gerhana matahari akan menunjukkan gerhana cincin dan bentuk bulan sabit akan mulai terlihat. Pada fase ini, kalian perlu memasang kembali kacamata khusus gerhana yang dilepaskan. 

Selain itu, Genhype juga dapat menggunakan metode tidak langsung. Jika enggan menikmati langsung dengan kacamata khusus atau metode lainnya yang mana, kalian dapat melihatnya secara streaming yang disediakan oleh sejumlah pihak.

Gerhana matahari total akan dapat disaksikan oleh warga negara yang ada di sekitar Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Namun demikian, bagi Genhype yang tinggal di luar tempat tersebut, kalian tidak perlu khawatir tidak bisa menyaksikan fenomena ini. Pasalnya, NASA akan menampilkan peristiwa itu secara langsung di link video berikut ini 

Baca juga: Fakta-fakta yang Mesti Kalian Ketahui Mengenai Gerhana Matahari Parsial
 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hypereport: Sejarah Wisata Halal Dunia & Indonesia, Pariwisata Ramah Pelancong Muslim

BERIKUTNYA

Daftar Tempat Salat Idulfitri 2024 di Jalan Tol Trans Jawa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: