Baju shibori bisa menjadi pilihan outfit Lebaran pria. (Sumber gambar: Damakara/Instagram)

7 Inspirasi Outfit Pria untuk Lebaran 2024 yang Modis & Kece

07 April 2024   |   16:36 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Menjelang Lebaran, sejumlah hal mulai dipersiapkan tak terkecuali untuk urusan penampilan. Biasanya, masyarakat akan membeli baju baru untuk dikenakan pada Hari Raya Idulfitri. Tak hanya perempuan, kaum laki-laki juga tak ketinggalan untuk mempersiapkan outfit terbaiknya spesial untuk Lebaran.

Outfit baju Lebaran pria biasanya tampil lebih simpel dengan model baju yang kasual. Baju koko adalah pakaian bernuansa Islami yang paling sering menjadi pilihan pria sebagai outfit Lebaran. Selain itu, nyatanya banyak pilihan outfit baju Lebaran untuk pria yang lebih modern dengan beragam model dan warna, yang terlihat keren dan menarik.

Mulai dari baju koko, outer, hingga beragam model kemeja, berikut adalah beberapa rekomendasi pakaian untuk outfit baju pria Lebaran 2024.

Baca Juga: Indonesia Global Halal Fashion x KainHalal Angkat Fesyen Muslim dI IFW 2024
 

1. Baju Koko

 


Baju koko merupakan model baju lebaran yang timeless dan fleksibel karena bisa digunakan untuk menghadiri banyak acara saat Hari Raya Lebaran, mulai dari salat id hingga kumpul keluarga. Selain itu, berkat desainnya yang simpel dan fit-to-body, baju koko juga mudah dipadukan dengan item lain seperti celana katun, jeans, maupun sarung.

Kini, baju koko pun hadir dengan beragam model dan motif, mulai dari baju koko polos, motif mosaik, hingga corak etnik. Untuk tampilan yang lebih formal, kalian bisa memilih baju koko lengan panjang. Sementara, untuk tampilan yang lebih santai bisa memilih jenis lengan pendek.

 

2. Kemeja Shanghai

 


Jika baju koko terlalu mainstream dan terkesan 'Islami' untukmu, kalian bisa mencoba outfit Lebaran pria dengan kemeja polos kerah shanghai. Kemeja polos kerah shanghai atau kerah tegak ini menjadi favorit banyak orang karena memiliki tampilan yang simpel dan kasual. Pilihlah warna-warna netral dan dasar (basic) seperti putih, abu-abu, dan warna-warna earth tone, agar penampilanmu kasual namun tetap menarik. Kombinasikan dengan celana bahan atau celana chinos.

 

3. Outer Kimono

 


Buat penampilan pada Hari Raya Lebaran lebih dinamis lewat sentuhan outer kimono. Dengan potongan yang lurus dan cenderung kaku, outer kimono mampu membuat bahu terlihat lebih lebar dan tegap. Untuk mendapatkan tampilan yang maksimal, kamu bisa memadukan outer kimono dengan kemeja, baju koko, hingga plain T-shirt.

 

4. Baju Kurta

 



Baju kurta bisa menjadi pilihan lain untuk kalian yang ingin tampil simpel pada momen Lebaran. Umumnya baju kurta hanya memiliki satu warna polos tanpa motif dan hanya dilengkapi satu kancing di bagian leher. Baju kurta juga memiliki bahan yang ringan dan nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas, sehingga cocok dipakai saat hari raya Idulfitri.

 

5. Gamis Lengan Panjang

 


Lebaran bisa menjadi momen untuk kalian tampil lebih Islami, salah satunya dengan mengenakan gamis lengan panjang. Saat ini banyak tersedia model gamis pria dengan bahan, motif, dan jenis potongan kain yang berbeda-beda. Sebaiknya, pilih model gamis berwarna polos tanpa motif, dan memiliki potongan slimfit atau pas di badan. Dengan begitu, tampilan kalian tetap terlihat kasual sekalipun mengenakan pakaian bernuansa Islami.

 

6. Outfit Shibori

 


Belakangan model baju shibori digandrungi masyarakat. Istilah yang berasal dari Jepang ini merupakan teknik pewarnaan kain yang mengandalkan ikatan dan celupan. Baju motif shibori pun bisa masuk dalam daftar outfit Lebaran pria yang unik dan keren. Pasalnya, shibori atau jumputan memiliki ciri khas berupa motif yang tidak biasa dan unik, sehingga akan berbeda dari yang lain.

Mix and match baju shibori tergantung pada model bajunya. Jika model baju koko, kalian bisa menggunakan celana chinos atau celana denim. Namun, ada juga outer kimono motif shibori yang bisa dipadukan dengan kaus polos dan celana chinos. Atau, kain shibori yang bisa dipadukan dengan kemeja polos.

 

7. Outer Shacket

 


Outer shacket bisa menjadi pilihan untuk kalian yang ingin tampil maksimal saat Lebaran. Berasal dari kata “shirt” dan “jacket”, shacket mencoba menggabungkan fungsi dari dua item pakaian tersebut menjadi busana serbaguna yang bisa digunakan di segala aktivitas, termasuk menjadi baju Lebaran pria modern. Berkat fungsinya itulah, shacket biasanya dibuat dengan material yang sejuk sehingga nyaman digunakan sebagai outer maupun single outfit

Baca Jug

SEBELUMNYA

Perkiraan Idulfitri 2024 di Indonesia & Negara-negara Muslim Dunia, Tanggal Berapa?

BERIKUTNYA

Hypereport: Potensi Indonesia Kembangkan Desa Wisata & Pariwisata Ramah Muslim

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.