Karya milik Tisna Sanjaya berjudul Aura Kesenian Aura Kapital yang dipameran di Art Jakarta Gardens 2023 di Jakarta, Selasa (7/2). (Sumber foto: Hypeabis.id/Suselo Jati)

Art Jakarta Gardens Siap Digelar Kembali 23-28 April 2024, Cek Rangkaian Acaranya!

06 April 2024   |   17:24 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Bursa seni Art Jakarta Gardens 2024 akan diadakan kembali pada 23-28 April 2024 di Hutan Kota by Plataran, Jakarta. Acara yang dinanti-nantikan para pencinta seni tersebut akan menghadirkan koleksi dari 23 galeri ternama selain 30 patung yang dipamerkan di area luar ruang.

Enin Supriyanto, Artistic Director Art Jakarta Gardens mengatakan bahwa galeri yang ikut serta dalam ajang tahunan ini akan menghadirkan karya-karya terbaru dari para seniman yang diwaikilinya.

“Demikian juga dengan para rekanan yang bekerja sama dengan perupa untuk menyajikan instalasi khusus. Ditambah lagi dengan acara musik dan performance art,” katanya dalam siaran pers yang dikutip Hypeabis.id, Sabtu, 6 April 2024. 

Baca juga: Revitalisasi Hampir Selesai, Ruang Pameran Tetap Galeri Nasional Bakal Dibuka Agustus 2024

Dengan berbagai karya dan program yang siap diselengarakan, karakter Art Jakarta Gardens semakin jelas sebagai acara apresisasi seni rupa yang khas dan memperkaya ragam acara seni serta hiburan bagi warga kota Jakarta.

Dia menambahkan, pameran ini juga akan menawarkan pengalaman memukau yang memadukan antara keselarasan seni dan alam bagi pengunjung. Art Jakarta Gardens menjanjikan kehadiran yang lebih ajek seiring meluasnya perhatian publik terhadap pendekatannya untuk menyajikan seni.

Tom Tandio, Fair Director Art Jakarta Gardens, berharap ajang ini dapat berkontribusi dalam membuat anak muda mengenal dan mengapresiasi seni. “Di Art Jakarta Gardens, generasi muda bisa mengenal seni di lingkungan yang tidak terlalu formal, bahkan mulai belajar mengoleksi,” ujarnya.

Tidak hanya itu, penyelenggara juga mendorong lebih banyak perusahaan untuk bekerja sama dengan seniman Indonesia, baik di Art Jakarta Gardens ataupun proyek seni lainnya. Dengan begitu, ekosistem seni rupa akan mendapatkan dukungan yang lebih kuat.


Agenda Acara Art Jakarta Gardens 2024

Pada hari pertama atau 23 April 2024, penyelenggara akan membuka Art Jakarta Gardens untuk pengunjunga VIP. Sementara itu, masyarakat umum dapat menikmati karya yang ada dalam ajang ini pada Rabu, 24 April 2024.

Art Jakarta Gardens yang terdiri dari beberapa program akan menampilkan patung dari seniman ternama berbagai generasi, seperti G. Sidharta, Nyoman Nuarta, dan Dian Hardiansyah dalam program Sculpture Garden.

Sementara itu, ajang ini juga akan menampilkan karya kolaborasi antara seniman dengan mitra dalam program Special Presentation. Salah satu di antaranya adalah kerja sama antara Bibit dengan Erwin Windu Pranata.

Seniman Erwin Windu Pranata yang berasal dari Bandung akan memamerkan patung tiup atau inflatable sculpture dalam kolaborasinya dengan aplikasi investasi digital Bibit. Karya ini terinspirasi dari penjelajahan terhadap kebun milik sendiri yang penuh berkah dari alam meskipun kerap dilupakan dalam kehidupan sehari-hari.

Patung berjudul The Bouquet: Fall and Grow merupakan karya yang dibuat khusus untuk Art Jakarta Gardens. Karya ini adalah seruan dari sang seniman untuk menghormati alam dan siklus kehidupan yang ada dalamnya.

Kemudian, penyelenggara juga akan menampilkan beberapa karya dalam program publik di ajang Art Jakarta Gardens, seperti performance art dari seniman multidisipliner Monica Hapsari dan kawan-kawan.

Kemudian, sajian musik berjudul RURUradio Lounge yang dikurasi dan dikelola oleh RURUradio, dan menyiarkan playlist pilihan selama pekan seni berlangsung dan menyajikan panggung musik live pada 27-28 April 2024. 

Baca juga: Kritik Ekologi & Ekspresi Seni Bagus Pandega di Pameran O

Musisi yang akan tampil dalam ajang tersebut antara lain White Shoes and the Couples Company, Prontaxan, Keroncong Musyawarah, Rani Jambak, Lair, Lorjhu’, dan Oomleoberkaraoke.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Jelajahi Kebudayaan Ibu Kota Kuno China di Vietnam dengan Vietjet, Tiket Mulai US$0

BERIKUTNYA

5 Karya Dalam Program Special Presentations di Art Jakarta Gardens 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: