Ilustrasi Kotak Obat-Obatan (Sumber: unsplash.com/@laurynasm)

8 Jenis Obat-Obatan Yang Wajib Dibawa Selama Mudik 2024

06 April 2024   |   11:46 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Mendekati hari raya Idulfitri 1445 H masyarakat Indonesia pastinya akan melakukan tradisi mudik ke kampung halaman masing-masing. Dalam melakukan perjalanan jauh ini tentunya akan membutuhkan persiapan yang lebih demi memenuhi kebutuhan masing-masing anggota keluarga.

Menjaga kondisi tubuh agar tetap fit menjadi salah satu aspek penting yang harus diperhatikan ketika melakukan perjalanan mudik. Terutama di tengah cuaca ekstrim, kondisi tubuh yang kurang sehat akan menjadi hal yang sangat disayangkan yang sebenarnya bisa dihindari.

Baca juga: 7 Cara Mencegah Nyeri Punggung Bawah Saat Mudik

Maka dari itu, berbagai obat-obatan yang sekiranya akan diperlukan, harus dipersiapkan dengan baik sebelum melakukan perjalanan mudik. 

Berikut daftar obat-obatan yang perlu dibawa selama mudik 2024:
 

1. Obat Demam & Sakit Kepala (Parasetamol) 

Demam adalah salah satu penyakit umum yang dapat menyerang anak-anak dan dewasa. Penyakit ini dapat terjadi jika suhu tubuh melebihi 38 derajat Celcius, dan terkadang disertai dengan sakit kepala. Dengan mengkonsumsi obat demam, suhu tubuh akan turun, serta rasa sakit akan berkurang. Ini karena obat demam bersifat antipiretik. 
 

2. Obat Mual & Lambung

Perjalanan panjang menuju kampung halaman dapat membuat beberapa orang yang tidak terbiasa bepergian jauh atau memiliki lambung yang sensitif untuk mual, terkadang sampai muntah dan terjadi peningkatan asam urat. Membawa obat mual dapat meredakan & menghambat zat pemicu mual dan muntah di dalam lambung.
 

3. Obat Diare

Obat diare menjadi salah satu obat wajib yang perlu dibawa saat melakukan perjalanan jauh. Obat ini akan sangat berguna jika terdapat orang yang keracunan atau salah mengkonsumsi suatu jenis makanan. Obat diare akan bekerja dengan cara menyerap racun pada saluran pencernaan.
 

4. Obat Alergi 

Jika ada anggota keluarga yang memiliki alergi kepada sesuatu hal spesifik, lebih baik buat daftar dan temukan obat terbaik untuk setiap kondisi tertentu. Namun, siapkan juga obat untuk alergi yang sangat umum, seperti obat alergi kacang dan udang.
 

5. Obat Pereda Nyeri (Analgesik)

Obat pereda nyeri akan sangat bermanfaat bagi orang yang secara tiba-tiba merasakan nyeri pada tubuhnya seperti nyeri otot, radang, sakit gigi, nyeri karena cedera dan sebagainya. Hal ini tentunya akan berguna jika dibawa saat melakukan perjalanan jauh, dimana akan terdapat hal-hal yang tak terduga akan terjadi.
 

6. Obat Luka & Kotak P3K 

Selain penyakit internal, kita tidak pernah tahu kapan akan terjadi hal yang tidak diinginkan selama perjalanan, seperti luka dan memar. Membawa kotak P3K yang berisi kain kasa steril, plester luka, perban, serta cairan atau gel antiseptik, dapat menjadi bantuan pertama untuk mengobati luka-luka eksternal.

 

8. Obat-obatan sederhana untuk penderita penyakit kronis

Jenis obat ini dikhususkan bagi orang yang menderita penyakit kronis yang membutuhkan obat tertentu dalam proses penyembuhannya. Tentunya obat ini disesuaikan dengan penyakit yang diderita dan penting untuk dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Mulai Rp750.000, Cek Paket Layanan & Keunggulan Internet Starlink di Indonesia

BERIKUTNYA

Cek Tanda Umum Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: