Ilustrasi hampers Lebaran (Sumber foto: freepik/rawpixel.com)

6 Oleh-oleh Khas Jakarta untuk Dibawa Pulang ke Kampung Halaman

05 April 2024   |   23:22 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Lebaran sudah tinggal menghitung hari. Sebagian besar dari Genhype mungkin sudah mempersiapkan diri untuk pulang kampung. Pastinya mudik menjadi momen yang sangat dinanti-nantikan. Tak hanya untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara dan keluarga, tetapi juga untuk menikmati suasana Lebaran yang penuh kehangatan. 

Namun, tak lengkap rasanya jika berkumpul dengan saudara tanpa membawa oleh-oleh khas Jakarta. Oleh-oleh yang kalian bawa dari ibu kota pasti akan membuat senang orang-orang terdekat di kampung halaman. Dengan memberikan makanan seperti kue kering tradisional hingga suvenir, hal tersebut dapat membuat momen Lebaran lebih menyenangkan.

Jadi, pastikan untuk menyiapkan oleh-oleh sebelum memulai perjalan mudik, ya. Bagi kalian yang masih bingung menentukan buah tangan apa yang akan dibawa, berikut rekomendasi oleh-oleh khas Jakarta untuk dibawa pulang ke kampung halaman, yang sudah dirangkum Hypeabis.id

Baca juga: 6 Ide Hampers Hantaran Lebaran 2024, Kue sampai Alat Ibadah
 

1. Jakarta Cheese Factory


Salah satu oleh-oleh khas Jakarta yang bisa kalian beli adalah Jakarta Cheese Factory. Brand ini dikenal karena hidangannya yang lezat, dengan menu yang beragam seperti chiffon cheese, bolen keju, bronis, dan banana puff. Menu di Jakarta Cheese Factory sangat cocok bagi keluarga yang menyukai hidangan keju.

Kalian juga bisa menemukan produk-produk ini di beberapa lokasi toko yang tersebar di Jakarta. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp20.000-an hingga Rp50.000-an. Untuk informasi lebih lanjut, kalian dapat mengunjungi akun Instagram resmi Jakarta Cheese Factory. 
 

2. Kue Kembang Goyang

Selain Jakarta Cheese Factory, oleh-oleh khas Jakarta yang populer adalah kue kembang goyang. Kalian bisa membuat camilan ini sendiri di rumah karena terbuat dari bahan-bahan yang mudah seperti campuran tepung beras, telur, santan, dan gula, yang digoreng dalam minyak panas hingga berwarna kecoklatan.

Kue ini terkenal karena tekstur yang renyah di luar dan lembut di mulut. Bagi Genhype yang tidak memiliki waktu untuk membuatnya sendiri, kalian juga bisa membeli kue kembang goyang yang di jual di sejumlah pasar tradisional dan toko suvenir dengan harga terjangkau.
 

3. Kebaya Betawi

Selain makanan, Genhype juga bisa membeli oleh-oleh berupa kebaya Betawi. Ini merupakan salah satu warisan budaya yang populer di ibu kota. Selain itu, kalian juga bisa membeli oleh-oleh berbentuk miniatur kebaya Betawi atau barang-barang lain yang memiliki motif atau desain terinspirasi oleh kebaya Betawi. Kalian bisa membelinya di pasar atau toko busana adat. 
 

4. Pisang Goreng Madu Bu Nanik


Berdiri sejak 2007, Pisang Goreng Madu Bu Nanik telah menjadi pelopor pisang goreng madu di Indonesia. Berlokasi di daerah Tanjung Duren, Jakarta Barat, Pisang Goreng Madu Bu Nanik menjadi tujuan favorit bagi para pencinta camilan.

Salah satu ciri khasnya adalah kulit pisang gorengnya yang berwarna cokelat kehitaman, seolah-olah gosong. Namun sebenarnya warna hitam itu berasal dari madu yang digunakan dalam proses pembuatannya.

Selain pisang goreng, Bu Nanik juga menyajikan beragam menu lain seperti ubi goreng, ote-ote, martabak granat, hingga nasi bakar. Harga menu yang disediakan pun juga beragam, mulai dari Rp7.500 hingga Rp26.000. 
 

5. Boneka Ondel-Ondel

Boneka ondel-ondel yang beragam cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Pasalnya, boneka sangat disukai oleh anak-anak. Jika Genhype tertarik untuk membelinya sebagai cendera mata, kalian bisa menemukannya di sejumlah toko oleh-oleh khas Betawi yang tersebar di Jakarta. 
 

6. Kue Cincin

Kue cincin memiliki bentuk yang hampir serupa dengan donat, dengan lubang di bagian tengahnya. Rasa dari kue cincin cenderung manis karena dalam proses pembuatannya menggunakan campuran gula aren. Ini juga merupakan salah satu makanan tradisional khas Betawi. 

Baca juga: 6 Resep Kue Tradisional Lebaran khas Betawi, Ada Biji Ketapang & Akar Kelapa

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Mengenal Pocketing Relationship, Baik atau Buruk dalam Sebuah Hubungan?

BERIKUTNYA

Bepergian Tanpa Khawatir Dengan Jasa Penitipan Hewan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: