Moda transportasi kereta api (Sumber gambar: Unsplash/Muhammad Arief)

Masih Ada Kuota, Cek Cara Pesan Tiket Kereta Api Periode Lebaran 2024

26 February 2024   |   14:29 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Berburu tiket kereta api untuk lebaran menjadi salah satu “ritual” yang kerap dilakukan oleh banyak orang setiap tahun. Berbagai cara ditempuh, agar dapat merayakan hari kemenangan bersama keluarga di kampung halaman, termasuk pulang kampung menggunakan moda transportasi berbasis rel tersebut.

Berdasarkan data pantauan PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada Senin, 26 Februari 2024 pukul 08.30 WIB, jumlah tiket yang telah terjual dari H-10 sampai H+2 lebaran 2024 mencapai lebih dari 400.000 tiket. 

Sementara itu, total tiket yang disediakan oleh perusahaan mencapai lebih dari 1 juta pada periode Lebaran 2024 atau sekitar 34 persen. Dengan kata lain, masih ada kesempatan bagi Genhype yang belum melakukan pembelian. 

Baca juga: Tips & Trik War Tiket KAI Untuk Mudik Lebaran 2024

Untuk mendapatkan tiket kereta api pada periode Lebaran 2024, kalian dapat mengakses aplikasi Access by KAI, situs web resmi, dan saluran resmi pemesanan tiket KA lainnya. Saat melakukan pembelian tiket, manajemen mengingatkan kepada calon penumpang untuk teliti dalam memasukkan tanggal, data diri, dan pemilihan rute. 

Pada saat ini, manajemen memberlakukan sistem antrean kepada para pelanggan yang ingin membeli tiket di aplikasi Access by KAI dan situs web. Pemberlakuan sistem ini bertujuan agar calon penumpang mendapatkan kepastian layanan, khususnya pada saat peak season seperti musim Lebaran atau Natal dan Tahun Baru.

Nantinya, pemesan tiket akan diarahkan ke dalam sistem antrean atau waiting room dan mendapatkan perkiraan waktu tunggu saat peak season atau adanya kepadatan pemesanan. Dengan sistem yang ada, Genhype akan mendapatkan nomor antrean. 
 

Moda transportasi kereta api (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Fanny Kusumawardhani)

Moda transportasi kereta api (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Fanny Kusumawardhani)

Pengguna lainnya juga akan mendapatkan nomor antrean yang berbeda. Kalian baru bisa mengakses sistem pemesanan tiket ketika sudah masuk gilirannya. Waktu tunggu yang ada bisa bervariasi, tergantung jumlah calon pembeli yang sedang mengakses.

Genhype akan kehilangan posisi antrean dan harus memulai dari awal jika keluar dari waiting room sebelum giliran tiba. Dengan begitu, calon penumpang disarankan untuk tidak menutup Window tersebut agar tetap terhubung dengan sistem. Saat gilirannya, kalian akan diarahkan untuk masuk sistem pemesanan dan dapat melakukan pembelian tiket seperti biasa.

Setelah masuk ke tampilan jadwal yang dicari, pengguna akan diberikan waktu selama 5 menit untuk memilih jadwal atau menggeser tab tanggal ke tanggal sebelumnya atau tanggal berikutnya. Kalian akan diarahkan kembali ke waiting room jika dalam waktu 5 menit tidak memilih jadwal kereta atau idle di halaman pemilihan jadwal kereta.

Bagi kamu yang hendak membeli tiket kereta api untuk Lebaran 2024, berikut langkah-langkahnya melalui laman kai.id. 
 

1. Sediakan sambungan internet

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh Genhype untuk memesan tiket kereta api periode Lebaran 2024 adalah dengan memiliki sambungan internet. Setelah itu, buka mesin pencari atau browser. Lalu, ketik laman Kai.id dan masuk. Kalian akan mendapati laman utama dan menemukan bagian pemesanan tiket terdapat di sebelah kiri laman tersebut. 
 

2. Masukkan data stasiun, tujuan, dan tanggal keberangkatan

Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan stasiun asal, tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang yang akan membeli tiket. Setelah itu, tekan tombol pesan & cari kereta. Genhype akan diarahkan oleh sistem ke laman lainnya yang menunjukkan ketersediaan kereta api pada tanggal keberangkatan yang dipilih. 
 

3. Pilih Kereta

Genhype bisa memilih kereta yang digunakan jika terdapat keterangan tersedia atau menunjukkan sisa kursi kosong yang dapat dibeli. Setelah itu, kalian bisa mengeklik tombol pesan yang terdapat di laman tersebut. Saat mengeklik tombol pesan, kalian akan diarahkan ke laman untuk memasukkan data. Kalian bisa login atau memesan tanpa registrasi. 
 

4. Masukkan data diri

Langkah selanjutnya di laman pemesanan adalah mengisi data diri, seperti nama pemesan, nomor induk kependudukan (NIK), tipe identitas, nomor yang bisa dihubungi, email, dan alamat. Lalu, centang kolom tambahkan ke daftar penumpang yang ada di bawah kanan. Jika memesan satu tiket, kalian hanya akan mendapatkan kolom data penumpang untuk satu orang. 

Dalam laman data pemesanan, Genhype akan menemukan tiga ketentuan, yakni reservasi dapat dilakukan 3 jam sebelum kereta berangkat, harga dan ketersediaan tempat duduk sewaktu-waktu dapat berubah, dan pastikan telah menerima email konfirmasi pembayaran dari PT KAI untuk ditukarkan dengan boarding pass di stasiun daring.

Setelah itu, centang keterangan setuju dan mematuhi persyaratan dan ketentuan serta captcha yang memverifikasi jika kalian bukan robot. Setelah itu, klik tombol pesan. 
 

5. Lanjutkan ke pembayaran

Setelah mengeklik tombol pesan, Genhype akan menemukan pesan pop up yang memastikan bahwa data yang diisi benar atau tidak. Setelah itu, kalian akan menemukan kolom di sebelah kanan untuk memilih kursi. Setelah itu, tekan lanjutkan pembayaran jika ingin meneruskan pesanan atau membatalkan pesanan yang sudah dibuat. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hypereport: Riwayat Panjang Reality Show dan Variety Show Televisi Indonesia

BERIKUTNYA

Resep Udang Creamy Garlic Sauce Rumahan Ala Restoran Bintang Lima

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: