Rute yang asik akan membuat perjalanan mudik menjadi seru (Sumber gambar: Pexels/Guryan)

Cek Persiapan Mudik Naik Sepeda Motor, Biar Tetap Seru & Aman Sampai Tujuan

05 April 2024   |   18:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Mudik dengan sepeda motor masih menjadi pilihan masyarakat pada masa libur Lebaran 2024. Genhype perlu memberikan perhatian yang lebih besar terhadap persiapan dari segala sisi agar pulang ke kampung halaman dapat aman dan selamat sampai tujuan.

Motorcycle Traveller Mario Iroth mengungkapkan bahwa perjalanan dengan sepeda motor saat mudik berbeda dibandingkan hari-hari biasa. Pada waktu ini, jalanan akan sangat ramai dengan pengendara lainnya yang juga melakukan perjalanan ke kampung halaman. 

Genhype juga akan bertemu dengan sejumlah hal ketika melakukan perjalanan, seperti macet, jalanan yang masih diperbaiki sehingga tidak mulus, dan “Tempat rehat dipenuhi orang,” katanya dalam Instagram Live dengan Hypeabis.id.

Baca juga: 4 Langkah Agar Mudik dengan Kendaraan Pribadi Lebih Aman & Nyaman

Dengan kondisi-kondisi itu, Mario memiliki beberapa tip yang dapat diikuti oleh Genhype agar pulang ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idulfitri dengan sepeda motor menjadi aman dan menyenangkan. 

Sebagai contoh perjalanan dari Jakarta menuju Yogyakarta, Solo, dan Semarang atau Joglosemar. Tip pertama adalah Genhype yang mudik dengan sepeda motor harus mempelajari rute-rute yang dapat membuat perjalanan menjadi menyenangkan.

Kalian bisa mencarinya atau melakukan riset melalui internet dengan memanfaatkan Google. Pada saat ini, terdapat tiga rute perjalanan yang bisa menjadi pilihan kalian untuk mudik dari Jakarta menuju ke Yogyakarta, Solo, dan Semarang, yakni selatan, utara, dan tengah.

Selain memilih rute yang dapat membuat perjalanan menjadi lebih seru, pertimbangan lain adalah rute yang memiliki tingkat keramaian rendah sehingga tidak padat. “Mudik, pulang kampung, sambil menikmati perjalanan,” ujarnya.

Kedua, Genhype tidak boleh abai terhadap kondisi tubuh. Dengan begitu, istirahat setiap dua jam menjadi langkah penting yang harus dilakukan demi keselamatan. Kalian jangan memaksakan diri ketika sudah berkendara selama dua jam.

Istirahat menjadi penting lantaran dapat membuat tubuh menjadi rileks dan untuk menghindari rasa kantuk karena akan berpotensi bahaya bagi pengendara kendaraan roda dua. Kalian harus tetap beristirahat setelah dua jam berkendara meskipun tubuh masih terasa baik-baik saja.

Persiapan ketiga adalah memastikan kondisi kendaraan roda dua yang akan dikendarai untuk pulang ke kampung halaman dan menempuh jarak jauh dalam keadaan sehat. “Bukan cuma orang, kendaraan juga harus dicek,” ujarnya.

Pemeriksaan terhadap kendaraan sebelum melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman seperti rem, bagian kabel, dan sebagainya. Sementara itu, dikutip dari berbagai sumber, masyarakat sebaiknya melakukan perjalanan mudik pada masa libur Lebaran 2024 pada siang hari agar lebih aman. Pada malam hari, kondisi jalan menjadi gelap, sehingga pandangan berpotensi terganggu.

Untuk diketahui, hasil survei potensi pergerakan angkutan Lebaran 2024 dari Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan memperlihatkan bahwa jalanan di Indonesia masih akan diramaikan oleh pemudik dengan sepeda motor pada tahun ini.

Survei itu menunjukkan bahwa sepeda motor menjadi moda terbanyak nomor 4 yang akan digunakan oleh masyarakat untuk mudik setelah mobil pribadi, bus, dan kereta api. Pemudik yang akan menggunakan kendaraan dengan roda dua mencapai 16,07 persen atau sekitar 31,12 juta.

Baca juga: 7 Cara Mencegah Nyeri Punggung Bawah Saat Mudik

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Mau Bayar Zakat Fitrah? Ini Besarannya Bagi Warga di Jabodetabek

BERIKUTNYA

Resep Rendang Padang untuk Menu Lebaran Idulfitri

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: