Ilustrasi mengemudi mobil. (Sumber foto: Pexels/Fausto Hernández)

4 Langkah Agar Mudik dengan Kendaraan Pribadi Lebih Aman & Nyaman

03 April 2024   |   21:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Hari Raya Idulfitri tinggal beberapa hari lagi. Salah satu kegiatan yang akan dilakukan menjelang perayaan hari kemenangan ini adalah mudik atau pulang ke kampung halaman dengan menggunakan kendaraan pribadi. Agar selama perjalanan terasa nyaman, kalian perlu memastikan sejumlah hal seperti AC. 

Sebelum mudik, berbagai persiapan wajib menjadi perhatian, seperti pemeriksaan oli, coolant, filter, ban, spooring, balancing, dan lainnya agar perjalanan ke kampung halaman terhindar dari berbagai masalah.

Baca juga: Cuaca Ekstrem Mengintai, BMKG Ingatkan Pemudik Untuk Berhati-hati

Kemudian, kesiapan diri seperti istirahat yang cukup, kondisi badan yang sehat, makanan pribadi selama perjalanan, dan sebagainya juga perlu menjadi perhatian Genhype ketika akan mudik untuk merayakan Idulfitri di kampung halaman.

Dilansir melalui PT Suzuki Indomobil Sales, berikut sejumlah persiapan yang perlu menjadi perhatian Genhype agar mudik menjadi nyaman dan menyenangkan.


1. Memastikan AC mobil berfungsi dengan baik

Pengatur suhu ruangan atau Air Conditioner menjadi bagian penting dalam perjalanan ke kampung halaman pada masa libur Lebaran tahun ini. Kepadatan jalan dan durasi perjalanan yang panjang membuat AC penting demi kenyamanan.

AC yang berfungsi dengan baik dapat membuat keluarga di dalam mobil tidak merasakan stres selama perjalanan. Pengemudi dan penumpang yang ada dalam kendaraan dapat stres ketika suhu tidak bersahabat.


2. Mempersiapkan suasana kabin bersih dan wangi

Suasana dan aroma kabin mungkin sesuatu yang terlihat sepele bagi para pemudik. Namun, kebersihan kabin dan aroma di dalamnya dapat berpengaruh terhadap kenyamanan pengemudi dan penumpang. Jadi, Genhype perlu memastikan kabin mobil bersih dan wangi demi rasa nyaman selama perjalanan mudik dan membuat suasana hati begitu menyenangkan.

Kalian perlu menyediakan tempat sampah tertutup dalam kendaraan agar terhindar dari aroma tidak sedap akibat sisa makanan. Selain itu, Genhype juga dapat menambah pengharum mobil, seperti aroma kopi, lemon, dan sebagainya.
 

3. Memilih kaca film sesuai dengan prosedur dan kebutuhan

Penggunaan film yang tepat untuk kaca mobil dapat melindungi pengendara dan penumpang dari sinar ultraviolet yang datang bersama dengan sinar matahari. Selain itu, film yang tersemat di kaca kendaraan juga bisa menutupi kondisi dalam mobil, sehingga risiko kejahatan dapat berurang.

Dengan begitu, barang bawaan kalian dapat lebih aman ketika harus ke toilet dan berhenti di area istirahat atau di pinggir jalan. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, kegelapan maksimal film untuk kaca mobil mencapai 40 persen di bagian depan.

Sementara itu, di bagian kiri dan kanan adalah sebesar 70 persen. Film pada bagian belakang dapat diimplementasikan sesuai dengan kaca depan agar jarak pandang tetap jernih dan bersih.


4. Menentukan posisi tempat duduk yang aman

Langkah lain yang perlu menjadi perhatian Genhype saat mudik adalah pengaturan tempat duduk kendaraan, terutama mudik dengan membawa anak kecil. Kalian bisa memanfaatkan sejumlah fitur yang ditawarkan oleh kendaraan untuk mengaitkan car seat dengan jok mobil demi kemanan buah hati dalam perjalanan.

Selain itu, anak-anak juga harus duduk dengan child support di baris kedua dengan didampingi oleh orang dewasa guna memastikan keamanan secara menyeluruh.


5. Mengaktifkan fitur Engine Auto-Stop untuk efisiensi bahan bakar

Pada saat ini, banyak kendaraan memiliki fitur yang dapat menghemat bahan bakar. Salah satu di antaranya adalah engine auto-stop yang dapat mematikan mesin secara otomatis ketika pengemudi menghentikan laju mobil untuk beberapa saat.

Mesin mobil yang tidak aktif dapat mengurangi konsumsi bahan bakar selama perjalanan. Jadi, Genhype perlu menggunakan fitur tersebut mengingat lalu lintas jalanan di Indonesia yang kerap mengharuskan kendaraan banyak berhenti.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Tantangan dan Peran Orang Tua Tunggal Saat Mengasuh Anak

BERIKUTNYA

Daftar iPhone yang Masih Dapat Pembaruan iOS 18

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: