Salah satu rice cooker digital yang memiliki banyak fungsi. (Sumber gambar : Freepik)

Rekomendasi Rice Cooker Digital Solusi Masak Sat-set

05 April 2024   |   09:51 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kebutuhan memasak praktis kian tinggi di tengah Bulan Suci Ramadan hingga perayaan Idul Fitri. Waktu yang begitu singkat untuk menyiapkan makanan terutama bagi para pekerja urban menjadi faktor utamanya. Melihat situasi ini, sejumlah produsen alat elektronik rumah tangga pun merevolusi rice cooker.

Penanak nasi yang semula hanya diperuntukkan sebagai alat memasak nasi, kini memiliki banyak fungsi, termasuk membuat ragam lauk pauk hingga kue. Salah satunya yakni Philips Digital Rice Cooker HD4515.

Baca juga: Apakah Rice Cooker Rendah Karbo Efektif? Begini Cara Kerjanya

Philips Domestic Appliances Indonesia Commercial Ika Nursantini Noor menyebut rice cooker digital ini memiliki 8 pilihan menu memasak. Pengguna bisa mengatur untuk menu nasi putih, menu masak cepat, menu sop, menu slow cook, menu bubur, menu kue, menu kukus, hingga menu nasi merah. “Mau masak apa saja, tinggal cemplung,” ujarnya kepada Hypeabis.id, beberapa waktu lalu.

Rice cooker yang memiliki kapasitas 1,8 liter inipun menggunakan teknologi Smart 3D. Teknologi ini mampu menciptakan sirkulasi panas yang kuat dari atas, samping, dan bawah hingga membuat makanan atau masakan di dalamnya matang serta panas merata. Ditambah sistem Fuzzy Logic yang mengontrol suhu dan waktu memasak secara otomatis sesuai menu yang dipilih. 

Adapun pada bagian inner-pot alias wadahnya menggunakan lapisan bakuhanseki yang enam kali lebih tahan lama dibandingkan lapisan anti lengket pada penanak nasi biasa. Bakuhanseki merupakan batu alam dari Jepang yang mengandung mineral dan unsur mikronutrien yang bermanfaat bagi kesehatan. “Kalau inner pot nggak kuat, nggak bagus, gampang meletek, bahaya buat kesehatan,” tuturnya.
 

Rice Cooker Philips. (Sumber gambar : Philips)

Rice Cooker Philips. (Sumber gambar : Philips)


Ika menyebut material bakuhanseki terdapat pada lapisan keempat inner-pot. Secara total, ada 5 lapisan inner-pot pada Philips Digital Rice Cooker HD4515. Pertama yakni lapisan luar tembaga sebagai penghantar panas untuk mematangkan nasi secara merata

Kedua, lapisan pelindung yang membuat panci lebih kuat dan tahan lama. Ketiga, lapisan campuran logam ekstra kuat. Keempat yaitu lapisan Bakuhanseki. Kelima, lapisan kristal super kuat yang membuat inner-pot anti lengket dan anti-gores sehingga mudah dibersihkan, sekalipun digosok memakai spons kawat. Selain itu, 

Keunggulan lain dari Philips Digital Rice Cooker HD4515 yakni memiliki fungsi tetap hangat otomatis selama 48 jam. Selain itu, layar digitalnya yang besar memudahkan pembacaan menu dan waktu agar praktis digunakan. Tutup bagian dalam pun bisa dilepas-pasang untuk memudahkan pembersihan. “Konsumsi dayanya start 400 watt dan garansi Philips selama 2 tahun,” tambah Ika.

Selain Philips, Sharp juga memiliki rice cooker digital yang menawarkan 7 fungsi diantaranya memasak, menghangatkan, mengukus, membuat bubur, membuat sup, hingga merebus telur setengah matang. "Pilihan menu untuk nasi saja ada menu preset, 8 jam sebelumnya bisa diatur untuk memasak nasi atau bubur,” sebut Rulina Astri Ningsih, Product Strategy Group Small Home Appliances PT Sharp Electronics Indonesia. 

Pengguna katanya tinggal menekan tombol pengaturan yang tersedia di bagian atas rice cooker. Mode kecepatan masak pun bisa diatur mulai dari standar, cepat, atau biasa saja. Alat elektronik ini dilengkapi LCD panel untuk pemilihan dan pemantauan. 
 

Digital Rice Cooker Sharp. (Sumber gambar : Sharp)

Digital Rice Cooker Sharp. (Sumber gambar : Sharp)


Rulina menyampaikan Sharp Digital Rice Cooker menggunakan teknologi 3D yang membuat masakan cepat matang merata. Pasalnya, teknologi ini mampu mentransmisikan pada ke seluruh bagian inner-pot. Adapun ketebalan inner-pot mencapai 4 mm. 

Keunggulan lainnya dari rice cooker buatan Philips ini yaitu adanya fungsi cleaning. Artinya, penanak nasi ini bisa membersihkan secara mandiri setelah dipakai. Setelah memasak, pengguna bisa menuangkan air pada inner-pot, menaruh irisan lemon, dan memencet tombol untuk menghilangkan bau bekas masakan.” Pembersihannya kurang lebih setengah sampai 1 jam,” tambah Rulina.

Material inner-pot pun terbilang aman karena terbuat dari alumunium, dengan lapisan anti lengket, dan memakai lapisan organosilikon pada bagian luar yang terbilang lebih aman. Kendati demikian, Rulina menyarankan agar pengguna tidak mencuci beras di dalam inner-pot, sebaiknya di wadah terpisah untuk menghindari lapisan terkelupas.

“Pencuciannya jangan digosok pakai yang keras. Kalau ada kerak nasi, lebih baik direndam terlebih dahulu menggunakan fungsi cleaning, baru dibersihkan,” tuturnya.

Sharp Digital Rice Cooker memiliki kapasitas 1,8 liter. Sementara konsumsi dayanya sebesar 790 watt dalam mode memasak dan 70 watt dalam mode menghangatkan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Barang Bekas Unik Yang Muncul Di Acara Pawn Stars

BERIKUTNYA

Pertunjukan Peter Pan On Ice 2024 di Jakarta Ditunda, Penyelenggara Tawarkan Refund

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: