Ilustrasi ikan untuk menu sahur (sumber gambar unsplash/lalo hernandez)

10 Makanan Penambah Stamina Saat Berpuasa, Cocok Dikonsumsi Saat Sahur

26 March 2023   |   13:02 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Menjaga kebutuhan dan asupan energi menjadi satu hal penting saat melaksanakan ibadah puasa. Hal ini bertujuan agar tubuh tetap berstamina ketika menjalankan kegiatan sehari-sehari, sembari beribadah pada bulan suci Ramadan.

Tak hanya itu, selama belasan jam per hari Genhype juga harus menahan lapar dan haus. Oleh karena itu kalian pun perlu mengkonsumsi makanan penambah energi dan asupan air yang cukup saat sahur, agar tubuh tetap terhidrasi dan fit saat berpuasa.

Baca juga: 5 Resep Olahan Tahu Praktis untuk Sahur

Pilihan jenis makanan saat sahur pun memiliki peran penting sebagai asupan energi ke dalam tubuh. Pasalnya,  jenis makanan  yang tepat dapat membantu kalian tetap berenergi selama menjalani puasa. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 10 makanan penambah stamina yang baik untuk tubuh saat berpuasa.


1. Telur

Telur merupakan salah satu makanan paling bergizi dan sangat tinggi protein. Konsumsi telur menjadi salah satu cara terbaik untuk tetap kenyang lebih lama dan rasanya enak. Kaliann pun tidak perlu repot untuk mengolahnya, karena telur dapat dibuat berbagai menu. Selain itu, telur juga bisa menjadi campuran untuk menu lain. 
 

2. Muffin

Masih menggunakan bahan dasar telur, Genhype juga bisa membuat muffin dengan isian jamur, daging, hingga sayur. Lantaran mudah dibuat,  kamu bahkan bisa menyimpannya di lemari es atau freezer, dan dipanaskan kembali saat sahur. Kandungan protein, karbohidrat, dan serat dalam muffin juga dapat mengurangi rasa lapar saat berpuasa.


3. Alpukat

 

bahan dasar menu sahur (sumber unsplash/katie smith)

bahan dasar menu sahur (sumber unsplash/katie smith)

Alpukat bisa menjadi pilihan utama saat sahur. Memiliki kandungan serat dan nutrisi yang tinggi, alpukat juga berkontribusi besar dalam penurunan berat badan dan mengurangi lonjakan gula darah. Tak hanya itu, buah ini juga akan membuat Genhype kenyang lebih lama saat berpuasa.


4. Greek Yogurt 

Greek Yogurt mengandung protein tinggi, sehingga dapat dijadikan menu utama untuk mempersiapkan puasa. Selain itu, greek yogurt juga memiliki kandungan probiotik lebih tinggi dan rendah karbohidrat sehingga dapat membantu mengurangi rasa haus selama menjalankan ibadah puasa.


5. Ikan

Berbagai jenis ikan seperti salmon dan tuna adalah sumber vitamin B12 dan folat. Senyawa tersebut dapat bekerja sama untuk meningkatkan produksi sel darah merah dan membantu kerja zat besi dalam tubuh lebih maksimal.

Adapun, sel darah merah sehat serta mengandung cukup zat besi nantinya akan dapat membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh secara optimal. Saat oksigen di tubuh terpenuhi, otomatis hal ini bisa mengurangi rasa lelah dan menambah energi saat berpuasa.


6. Quinoa

Jenis padi-padian asal Amerika Selatan ini  juga bisa dijadikan menu pengganti nasi saat sahur. Kelebihan quinoa dibanding nasi adalah tidak mengandung gluten, sehingga sangat baik untuk dijadikan pengganti karbohidrat. 

Jika kamu mengonsumsi quinoa pada saat sahur, kamu pun bisa merasakan kenyang lebih lama karena banyaknya nutrisi yang terkandung dalam quinoa, termasuk asam amino, vitamin B, dan E yang baik untuk tubuh. 


7. Selai Kacang

Selai kacang juga tinggi akan protein dan membuat Genhype merasa kenyang seharian saat berpuasa. Minyak sehat dalam selai kacang pun dapat membantu menurunkan berat badan dan diabetes. Oleh karena itu, selai kacang cocok dijadikan pelengkap berbagai menu sahur, mulai dari kudapan hingga makanan berat sesuai selera.


8. Kentang 

Kentang adalah sumber energi yang baik bagi tubuh. Kandungan karbohidrat dan protein di dalam kentang mampu memberikan banyak energi bagi tubuh Genhype selama ibadah Ramadan. Dengan demikian, kalian tidak lagi memiliki alasan lemas saat menjalani puasa seharian penuh.


9. Beras Merah

Beras merah juga bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk menambah energi ketika berpuasa. Pasalnya, makanan ini kaya akan mangan dan mineral yang membantu tubuh menghasilkan energi dari karbohidrat dan protein yang dikonsumsi. Oleh karena itu saat sahur dengan beras merah, tubuh akan merasa berenergi lebih lama ketika berpuasa.


10.  Daging-dagingan

Daging adalah makanan hewani yang dipercaya mengandung banyak serat. Oleh karena itu serat daging yang dikonsumsi tubuh saat sahur akan mengontrol sumber energi selama berpuasa. Adapun, saat sahur kalian bisa mengkonsumsi daging sapi, kambing, atau dada ayam, agar lebih fit saat berpuasa.

Nah, itulah dia Genhype 10 makanan penambah energi saat melaksanakan puasa. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Baca juga: 6 Cara Nyaman Berpuasa Bagi Penderita GERD dan Maag

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

7 Fakta Negara Israel, Ditolak Sejak Berdiri hingga Diusir dari Sepak Bola Asia

BERIKUTNYA

Antusiasme Special Screening Tinggi, Cek Sinopsis Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba To the Swordsmith Village

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: