Menu Buka Puasa dan Sahur (Sumber Foto: Freepik)

Resep Dory Lemon Butter Ala Putrie Habibie, Bisa jadi Inspirasi Menu Buka Puasa & Sahur

30 March 2023   |   18:45 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, saat menyiapkan menu berbuka puasa dan sahur, ada kalanya kita kehabisan ide. Rasanya beragam jenis makanan telah dihidangkan untuk keluarga. Nah, untuk menambah inspirasimu dalam memasak, yuk simak resep Dory Lemon Butter dan bagaimana langkah-langkah membuatnya.

“Saat sahur dan buka puasa biasanya kita sudah disibukan dengan kegiatan sehari-hari, jadi tidak punya banyak waktu untuk masak yang ribet," kata Putri Habibie, seorang Passionate Homecook.

Lebih lanjut, dia mengatakan resep Dory Lemon Butter dapat dibuat dalam waktu 15 menit, sehingga praktis disajikan untuk sahur ataupun berbuka. Semua bahannya pun bisa didapatkan di supermarket terdekat dan hanya perlu 15 menit untuk diolah.

"Aku selalu pilih menu dengan bahan yang sedikit, mudah dicari, dan waktu memasak yang cepat. Makanya, aku pilih resep Dory Lemon Butter ini," katanya.

Putri menambahkan, dengan resep yang enak dan anti ribet ini, harapannya kita bisa punya lebih banyak waktu untuk menikmati kebersamaan dengan orang tersayang selama bulan puasa. Dory Lemon Butter ala Anchor dan Putri Habibie ini hanya memerlukan lima langkah sederhana, berikut resepnya:

 

Dory Lemon Butter ala Putrie Habibie

Dory Lemon Butter ala Putrie Habibie (Sumber Foto: Edelman)


Bahan-bahan

2 fillet ikan dori
2 sdm tepung terigu
Minyak goreng secukupnya
 
Bahan saus:

4 sdm Unsalted Butter
150gr wortel, potong dadu kecil-kecil
150ml air kaldu (½ sdt kaldu ayam bubuk)
1 buah lemon, iris
1-2 sdm air perasan lemon
Garam, gula, lada secukupnya
1 sdt daun parsley kering
 
Langkah pembuatan:

1. Baluri ikan dori dengan tepung terigu lalu goreng hingga coklat keemasan. Sisihkan.
2. Untuk membuat saus, lelehkan butter, kemudian masukkan wortel, air kaldu, dan perasan lemon.
3. Masukkan garam, gula, lada, dan daun parsley kering sesuai selera.
4. Masukkan ikan dori yang telah digoreng dan irisan buah lemon ke dalam saus. Masak hingga kuah menyusut
5. Dory Lemon Butter siap disajikan.

Untuk bahan unsalted butter sendiri, Putri selalu menggunakan Anchor Butter. Butter ini begitu lembut dan kaya rasa karena terbuat dari 100% susu sapi murni New Zealand dan dipersembahkan oleh koperasi peternak sapi perah Fonterra. Sapi-sapi yang digunakan hanya mengkonsumsi rumput hijau alami sepanjang tahun (grass-fed).

Di samping itu terdapat kandungan beta karoten yang baik untuk kesehatan mata dan mampu menangkal radikal bebas. Beta karoten alami ini juga yang memberikan warna kuning alami pada butter sehingga tak perlu memakai tambahan pewarna buatan.

"Menu sahur dan buka puasa haruslah kaya nutrisi agar dapat memenuhi kebutuhan energi yang perlukan tubuh selama berpuasa dan mengembalikan nutrisi saat berbuka,” ujar Riszha Gandjar, Marketing Manager Fonterra Brands Indonesia.

Baik untuk memasak maupun memanggang, butter ini memberikan rasa creamy yang cocok untuk berbagai jenis masakan dan dapat meningkatkan cita rasa alami dari setiap bahan masakan sehingga makanan menjadi lebih lezat dan harum.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Begini Tip Agar Gula Darah Tetap Terkendali bagi Diabetesi Saat Berpuasa

BERIKUTNYA

Apple Gelar Worldwide Developers Conference 2023, Apa Saja yang Akan Dibahas?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: