Pantai Pangandaran (sumber Hypeabis.id/Dedi Hernada)

5 Rekomendasi Pantai yang Eksotis di Pangandaran Buat Liburan Tahun Baru

30 December 2023   |   18:21 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Pangandaran merupakan salah satu destinasi wisata favorit masyarakat Indonesia. Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini memang terkenal akan panorama alamnya yang elok, dan aneka kuliner yang khas. Selain itu, karena terletak di pesisir, kawasan ini juga dilimpahi pantai-pantai yang menawan.

Populer dikenal sebagai kota Nelayan Kecil, Pangandaran juga memiliki sederet destinasi pantai yang menawan. Tak heran jika saat libur akhir tahun tiba daerah ini selalu dipenuhi pelancong yang pelesiran menikmati alamnya yang masih asri. 

Baca juga: Rekomendasi Wisata Seru di Joglosemar, Cocok Dikunjungi Saat Libur Nataru 2023

Nah, bagi yang masih bingung untuk merayakan libur akhir tahun, yuk cek lima wisata pantai yang bisa menjadi ide vakansi kalian di Pangandaran dalam ulasan berikut.


1. Pantai Batu Karas 

 

Bagi penikmat keindahan pesisir dan debur ombak, pantai Batu Karas tentu dapat menjadi pilihan yang tepat. Pantai yang terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat, ini memang tak pernah sepi pengunjung saat liburan tiba.

Keunikan dari pantai ini adalah adanya batu karang yang cukup besar di salah satu sisinya. Selain itu, kalian juga bisa menikmati suasana tenang dengan angin sepoi-sepoi sembari menikmati kudapan di rumah makan yang berderet di dekat pantai.

Selain berenang, kegiatan wisata lain yang bisa kamu lakukan adalah berperahu, berkemah, dan berselancar di atas deburan ombak. Jika momen liburan kalian juga dilangsungkan bersama keluarga, kawasan wisata ini juga memiliki hotel dan penginapan dengan harga terjangkau dan variatif.


2. Pantai Pangandaran

Pantai yang terletak di daerah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, juga kerap menjadi tujuan wisatawan saat tahun baru. Ombaknya yang tidak terlalu besar, hamparan pasir putih yang membentang, dengan keindahan biru laut, selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai ini.
 
Salah satu kegiatan yang menjadi primadona di tempat ini adalah surfing atau bermain boogie. Tak hanya itu, kalian juga bisa menikmati keanekaragaman biota laut yang berada di taman laut dengan bersnorkeling, dengan dipandu para profesional.


3. Pantai Madasari

 

Bagi yang ingin berwisata pantai sembari menikmati rerimbunan pepohonan hijau, Pantai Madasari adalah jawabannya. Terletak di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Pangandaran, Jawa Barat, salah satu keunikan tempat ini adalah sekumpulan terumbu karang yang membentuk kumpulan pulau-pulau kecil.

Tak hanya itu, Madasari memiliki panorama yang sangat indah dengan hamparan pasir yang luas membentang di sepanjang pantainya. Destinasi ini juga memiliki titik-titik lokasi yang menjadi primadona, seperti Muara Madasari, Sebrotan, Singkil Surfing, hingga Karang Seugeuh.
 
Adapun, beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di tempat ini seperti, berenang, berkemah, dan berselancar di atas deburan ombak. Beberapa fasilitas lain yang bisa digunakan termasuk, camping ground, game dan outbond, hingga menikmati sunrise dan sunset dari gazebo.


4. Pantai Karang Nini

Dikutip dari laman, Kabupaten Pangandaran, sesuai namanya pantai ini menyajikan pemandangan batu karang yang menjadi daya tarik utama dari objek pantai. Berdasarkan bahasa Sunda, karang Nini berarti karang yang mirip dengan sosok nenek-nenek.

Keunikan lain dari pantai ini adalah, kalian dapat menikmati pemandangan dari batu karang yang memecah ombak. Tak hanya itu, suasana di tempat wisata ini masih tergolong asri dan cukup tenang. Jadi, cocok untuk wisatawan yang ingin melepas penat di akhir tahun.

Aktivitas wisata yang dapat dilakukan di kawasan wisata ini juga beragam. Termasuk rekreasi, penelitian biota laut, treking atau kegiatan penjelajahan hutan, dan mengunjungi terowongan Wilhelmina. Bahkan, kalian juga bisa membuka tenda untuk berkemah bersama keluarga atau teman.


5. Pantai Karapyak

 

Terletak di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang,  Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Pantai Karapyak memiliki daya tarik wisata berupa hamparan pasir putih nan elok yang dipadu dengan bebatuan karang di sepanjang garis pantainya. 

Baca juga: 5 Provinsi yang Jadi Tujuan Utama Wisata saat Libur Natal dan Tahun Baru 2024

Keindahan utama dari pantai ini adalah gradasi warna laut yang nampak coklat kemerahan dipadu birunya warna laut saat siang hari. Hal ini terjadi karena adanya muara dari pertemuan air sungai dengan air laut, sehingga menghasilkan warna air yang cukup indah secara visual. 

Editor: Fajar Sidik 
 

SEBELUMNYA

7 Kuliner Khas Tahun Baru dan Maknanya di Berbagai Negara

BERIKUTNYA

Daftar Pemenang SBS Drama Awards 2023, Taxi Driver 2 Borong Penghargaan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: