Ilustrasi mudik (Sumber foto: freepik/rawpixel.com)

5 Tip Agar Kamar Kos & Kontrakan Tetap Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran

03 April 2024   |   08:00 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Kegiatan mudik Lebaran merupakan salah satu tradisi khas selama Hari Raya Idulfitri. Tradisi ini menjadi momen penting bagi keluarga dan sanak saudara saling berkumpul untuk merayakan kegembiraan setelah menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh. 

Ketika akan melakukan perjalanan mudik, penting bagi kalian untuk menjaga rumah, termasuk jika kalian tinggal di kos atau kontrakan. Memastikan rumah tetap aman saat ditinggal perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. 

Nah, bagi Genhype yang tinggal di kos atau kontrakan, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika kalian akan melakukan perjalanan mudik Lebaran. 

Baca juga: Smarthome, Solusi Bikin Rumah Tetap Aman Kala Ditinggal Mudik Lebaran
 

1. Matikan aliran listrik

Salah satu pemicu kebakaran paling sering adalah korsleting. Untuk itu, sebelum Genhype mudik, pastikan untuk mematikan semua perangkat listrik di kos atau kontrakan kalian, seperti lampu, kipas angin, dan peralatan dapur. Penting juga untuk mencabut steker dari stopkontak untuk mencegah kebakaran atau kerusakan listrik. 

Jika kalian mudik dalam jangka waktu yang lama, jangan lupa juga untuk mengosongkan isi kulkas kemudian matikan aliran listriknya. Hal yang kalian lakukan ini tak hanya untuk menghemat energi, tetapi juga memberikan perlindungan risiko kebakaran atau kerusakan akibat korsleting. 
 

2. Matikan kompor

Mematikan kompor di kos atau kontrakan sebelum mudik sangat penting karena merupakan langkah keamanan untuk mencegah terjadinya kebakaran. Dengan mematikan kompor sebelum pergi, kalian dapat mengurangi risiko kebakaran dan meningkatkan keselamatan tempat tinggal serta lingkungan sekitar kalian. 
 

3. Kunci rapat pintu, jendela & gerbang

Kunci rapat untuk pintu, jendela, dan gerbang adalah langkah penting yang harus dilakukan ketika meninggalkan tempat kos atau kontrakan. Tak hanya alasan keamanan, tetapi juga untuk menjaga properti yang ada di dalamnya. Dengan mengunci rapat semua pintu, jendela, dan gerbang, tindakan tersebut juga dapat melindungi barang-barang berharga yang ada dimiliki. 

Selain itu, penting juga untuk memberi tahu tetangga terdekat mengenai rencana mudik kalian dan meminta mereka untuk memantau kos atau kontrakan dan memberikan nomor kontak yang bisa dihubungi jika ada keadaan darurat. Membuat kunci cadangan juga sangat dianjurkan, terutama jika ada kemungkinan kehilangan atau rusaknya kunci utama.


4. Masukkan semua kendaraan 

Pastikan kendaraan yang tidak digunakan untuk bepergian, seperti sepeda motor atau mobil, diparkir di tempat yang aman atau disimpan di garasi yang terkunci agar terhindar dari kemalingan atau pencurian kendaraan bermotor alias curanmor. 
 

5. Bersihkan ruangan

Selain mengunci rapat pintu, jendela, dan gerbang, serta memberi tahu tetangga terdekat tentang kepergian kalian, penting juga untuk membersihkan ruangan sebelum pergi. Namun, tak hanya menyapu lantai, tetapi juga memastikan bahwa bak air bersih dan kamar mandi telah dikuras untuk mencegah timbulnya bau tak sedap. 

Baca juga: Tips Mudik Anti Mati Gaya & Aman Sampai Tujuan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Kiat Kelola THR Sebagai Investasi untuk Membeli Rumah Idaman

BERIKUTNYA

Rekomendasi Aplikasi Belajar Mengaji, Bikin Hafalan Lebih Mudah & Praktis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: