Pencuri kerap mengincar rumah kosong yang ditinggal mudik (Sumber gambar: pexels/ Omotaiyewoo)

Smarthome, Solusi Bikin Rumah Tetap Aman Kala Ditinggal Mudik Lebaran

31 March 2024   |   13:35 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pulang ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idulfitri menjadi kegiatan yang paling menyenangkan bagi banyak orang. Namun, di balik itu semua, terdapat kekhawatiran terkait keamanan rumah yang ditinggal pada beberapa waktu.

Ada banyak cara yang menjadi pilihan untuk membuat rumah tetap aman selama ditinggal mudik. Salah satu di antaranya adalah mengandalkan alat canggih atau smarthome guna menjaga keamanan tempat tinggal.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian canggih. Sejumlah produsen menciptakan alat canggih yang dapat berfungsi membuat rumah tetap aman saat ditinggal dari para pencuri pengincar rumah yang kosong ditinggal mudik.

Baca Juga: Daftar Mal yang Gelar Midnight Shopping Jelang Lebaran, Ada Diskon Sampai 50 Persen

Aplikasi smarthome atau rumah pintar dapat meningkatkan keamanan rumah khususnya saat pemiliknya sedang mudik Lebaran, dimana rumah biasanya ditinggal dalam waktu yang relatif lama.

Alat canggih itu juga akan membuat perjalanan mudik Genhype untuk merayakan Hari Raya Idulfitri terasa lebih aman dan bebas rasa khawatir. Dikutip dari berbagai sumber, alat-alat canggih yang dapat menjadi pilihan ada beragam.
 

1. CCTV

Alat canggih pertama yang dapat dipasang oleh Genhype untuk membuat rumah tetap aman adalah CCTV. Kamera pemantau ini berpotensi membuat para pencuri untuk berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk memasuki rumah.

Mereka yang melihat terdapat CCTV di sebuah rumah tidak menutup kemungkinan untuk mengurungkan niatnya lantaran aksinya dapat diketahui.
 

2. Pasang Alarm

Kemudian, alarm menjadi bagian penting bagi kalian untuk memastikan rumah dapat tetap aman selama ditinggal mudik Hari Raya Idulfitri. Pada saat ini, terdapat berbagai macam alat peringatan yang dapat dipasang di rumah.

Pertama adalah alarm yang dipasang di pintu atau jendela rumah dan akan berbunyi ketika rumah diakses secara diam-diam atau paksa. Kedua adalah peringatan berupa pendeteksi gerak manusia yang memungkinkan alat ini mengeluarkan bunyi saat ada maling masuk.
 

3. Smartlock

Alat canggih lain yang dapat menjadi pilihan agar rumah terhindar dari maling ketika ditinggal mudik adalah smartlock atau kunci pintar. Berbeda dengan yang biasa, kunci pintar memiliki keamanan berlapis yang membuat siapa saja sulit membukanya.

Pemilik rumah dapat menggunakan kunci pintar yang memerlukan fingerprint, pin, kartu RFID, atau face regonition untuk membukanya. Teknologi yang terdapat dalam smartlock juga akan mengirimkan pemberitahuan ke pemilik rumah saat ada individu yang mencoba masuk dan ditolak berkali-kali.

Tidak hanya itu, alarm yang kerap terpasang dengan kunci pintar juga akan berbunyi sebagai pemberitahuan bahwa ada orang yang berusaha mengakses rumah.

Selain alat-alat canggih, pastikan juga untuk menyewa penjaga atau bersama warga sekitar untuk mempekerjakan keamanan lingkungan selama beberapa hari demi keamanan rumah. Bagaimana juga, smarthome yang terpasang hanya sebuah alat.

Keberadaan penjaga keamanan dapat mencegah atau menangkap para pencuri yang hendak memasuki rumah. Kemudian, kalian dapat menitipkan tempat tinggal ke tetangga yang tidak pulang ke kampung halaman pada Hari Raya Idulfitri.

Tidak hanya aman dari para pencuri, kalian juga harus memastikan bahwa rumah yang ditinggal mudik aman dari berbagai kemungkinan seperti kebakaran. Jadi, Genhype dapat melepas tabung gas, mencabut pengisi daya gawai, colokan kipas angin, dan sebagainya.

Baca Juga: Syarat, Jadwal dan Kegiatan Iktikaf dan Qiyamul Lail di Masjid Istiqlal Jakarta

Editor:: M. Taufikul Basari
 

SEBELUMNYA

Daftar Mal yang Gelar Midnight Shopping Jelang Lebaran, Ada Diskon Sampai 50 Persen

BERIKUTNYA

Mudik dengan Motor Tidak Disarankan, Tapi Jika Terpaksa Ini Daftar Persiapannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: