Konsol NES (Sumber: Unsplash/Ravipalwe)

Rekomendasi 3 Game NES Terbaik, Bisa Main di Nintendo Switch Online

01 April 2024   |   21:00 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Meskipun telah hampir mencapai usia 40 tahun, Nintendo Entertainment System (NES) dan permainannya tetap memiliki daya tarik yang kuat dan diminati oleh para penggemar Nintendo hingga saat ini. Baik mereka yang merupakan pemain veteran untuk bernostalgia, maupun para pemain baru yang terpesona dengan gim-gim lawas. 

Pada September 2018, para penggemar setia NES akhirnya mendapat kabar gembira. Sebab, Nintendo resmi mengumumkan layanan Nintendo Switch Online, yang memungkinkan pemain mengakses lebih dari 100 gim klasik NES, Super NES, dan Game Boy. 

Kehadiran layanan ini semakin meningkatkan reputasi Nintendo Switch sebagai salah satu konsol gaming paling serbaguna yang pernah dirilis. Nah, untuk Genhype yang ingin kembali bermain gim-gim lawas yang apik, berikut tiga game terbaik NES yang bisa dimainkan di layanan Nintendo Switch Online.  

Baca juga: Game-game Paling Laris di Semua Konsol Nintendo, dari NES sampai Switch 
 

1. Super Mario Bros. (1985)


1983 sampai 1985 adalah tahun terburuk bagi industri gaming. Melansir Metro, periode ini menandakan jatuhnya pasar industri gaming karena berbagai faktor, tapi pilihan konsol dan gim yang terlalu tersaturasi menjadi alasan utamanya. Namun, kejatuhan ini tak mengurungkan niat Nintendo untuk merilis NES dan gimnya Super Mario Bros. 

Dikembangkan dan dirilis oleh Nintendo, Super Mario Bros. dianggap sebagai judul terobosan yang mengubah genre platformer karena berbagai mekanik gameplay unik. Misalnya, Power Up Mushwoom yang membuat Mario jadi besar, juga Fire Flower yang membuatnya bisa menembakkan api. Kedua power up ini bahkan tetap ada di franchise gim yang lebih barunya. 

Adapun, dalam gim ini, gamer akan bermain sebagai Mario, yang sedang  dalam perjalanan ke Mushroom Kingdom, tempat Princess Peach disandera oleh Bowser. Para pemain harus melalui berbagai level, melompat di atas musuh dan mengumpulkan power up untuk menyelamatkan sang putri.

Meski terlihat simpel, kala itu game ini sangat berarti bagi Nintendo, karena membantu perjuangan finansial mereka, dan sebagai awal dari franchise game sukses yang terus berkembang hingga hari ini. 


2. The Legend of Zelda (1986)


Sama seperti Super Mario Bros., inti dari game The Legend of Zelda adalah menyelamatkan seorang putri bernama Zelda. Untuk mencapai tujuan ini, pemain mengendalikan karakter bernama Link, seorang pahlawan yang dilengkapi dengan pedang, tameng, dan panah untuk mengalahkan Ganondorf, yang merupakan penjahat utama.

Link harus mengumpulkan seluruh bagian dari Triforce Wisdom yang tersebar di dunia fiksi Hyrule. Triforce Wisdom memberikan pemegangnya kebijaksanaan ilahi, kemampuan mistis, kemampuan penyembuhan, dan kemampuan telepati. Setelah mengumpulkan semua bagian dari relik ini, Link dapat menginfiltrasi sarang Ganon di Death Mountain untuk menyelamatkan Princess Zelda.

Dalam sebuah wawancara pada 1989, Shigeru Miyamoto selaku pencipta game ini, menyatakan bahwa tujuannya adalah memberikan pemain pengalaman menjelajahi dunia Hyrule seperti menjelajahi kota baru. Oleh karena itu, dia merancang permainan dengan konsep open world, yang berbeda dengan format highscore yang umumnya diadopsi pada gim masa itu. 


3. Kirby’s Adventure (1993)



Meski dirilis 10 tahun setelah NES diluncurkan, Kirby’s Adventure tetap menjadi salah satu game NES yang dinikmati saat perilisanya, karena grafik menggemaskan, musik santai, dan kesederhanaannya. Game ini bergenre platform, tapi tidak berfokus ke power up layaknya Super Mario Bros.

Kirby's Adventure berfokus pada mekanik gameplay Copy Ability System, yang aktif ketika Kirby menelan atau menghirup musuh. Di dalam dirinya, kekuatan mereka akan diserap dan diadaptasi oleh Kirby agar menjadi lebih kuat.

Pemain harus mengalahkan King Dedede, yang sedang menuju Fountain of Dreams dan menghancurkan Star Rod menjadi enam bagian untuk antek-anteknya. Pemain harus membantu Kirby menavigasi melalui berbagai level, mengalahkan musuh, dan mengumpulkan berbagai item makanan yang berguna untuk memulihkan kesehatan Kirby dan memberikan kekebalan sementara.

Baca juga: 6 Game Siap Rilis April 2024, Dead Island sampai Sand Land

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

7 Film & Serial Tayang April 2024 di Prime Video, Ada Konten Lokal Original Mukidi

BERIKUTNYA

Rekomendasi Kue Lebaran Serba Keju, Renyah dan Lumer di Mulut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: