Salah satu kebiasaan banyak orang menjelang Idulfitri adalah kegiatan mengecat rumah (Sumber gambar: pexels/ Malte Luk)

Cara Agar Pilihan Cat Dinding Tepat Menjelang Lebaran

31 March 2024   |   20:24 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Selain makanan, minuman, kue kering, dan pakaian baru, salah satu kebiasaan banyak masyarakat Indonesia dalam rangka menyambut Hari Raya Idulfitri adalah beres-beres rumah. Langkah megecat rumah menjadi kegiatan yang kerap rutin dilakukan selain menata kembali desain interior rumah.

Langkah mengecat kembali rumah dapat membuat tampilan tempat tinggal begitu segar dan baru. Tidak hanya itu, langkah mewarnai ulang rumah juga dapat memberikan kesan yang bersih, sehingga siap menyambut tamu.

Penampilan rumah yang segar, baru, dan bersih pada Hari Raya Idulfitri juga akan memberikan dampak positif terhadap individu yang tinggal setiap hari dalam rumah itu. Bagi kamu yang ingin mengecat rumah, ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan sehingga pemilihan warna menjadi tepat.

Baca Juga: 4 Ide Warna Cat Rumah Untuk Menyambut Lebaran 2024

Warna yang tepat dan sesuai dengan kepribadian diri sendiri akan membuat dampak-dampak positif di atas dapat terasa. Namun, dampak positif itu tidak akan sampai ketika warna cat yang dipilih tidak sesuai.

Bagi kamu yang hendak mengecat rumah menjelang lebaran, ada berbagai cara yang dapat dilakukan kalian tidak salah memilih cat yang tepat untuk dinding rumah yang dirangkum dari berbagai sumber.

Pertama adalah memilih cat yang sesuai dengan furnitur atau perabotan. Salah satu cara agar Genhype dapat memilih cat yang tepat untuk menyambut Hari Raya Idulfitri adalah dengan menyesuaikan furnitur yang ada di dalam rumah. Kesesuaian antara cat dinding dengan furnitur akan menghasilkan warna yang harmonis.

Tidak hanya itu, tampilan dalam rumah juga akan terlihat lebih cantik sehingga rumah yang menjadi tempat tinggal sehari-hari akan menjadi tempat yang nyaman dan begitu menyenangkan ketika ditinggali.

Jika ragu dengan warna tertentu, Genhype dapat memilih warna-warna netral karena itu akan membuatnya bisa cocok dengan berbagi warna furnitur. Selain itu, warna yang netral juga dapat memberikan kesan tenang, hangat, dan menyenangkan.

Kalian juga dapat memilih cat dengan memperhatikan konsep rumah atau desain interior yang ingin ditampilkan pada Hari Raya Idulfitri.

Kedua adalah memilih jenis cat. Pada saat ini, produsen cat telah melakukan banyak inovasi sehingga membuat banyak jenis cat yang beredar di pasaran. Bagi kamu yang ingin mewarnai ulang rumah untuk menyambut lebaran, tidak ada salahnya menggunakan cat anti noda dan memiliki kandungan yang tidak berbahaya.

Cat anti noda membuat perawatannya lebih mudah. Kalian dapat mengelap noda yang menempel di dinding dengan lap basah untuk menghilangkannya. Pada hari raya kemenangan, rumah akan menerima banyak tamu – termasuk anak-anak.

Dengan makanan yang beragam dan kebiasaan anak-anak yang kerap berlari-larian, potensi dinding terkena noda jauh lebih besar. Hanya saja, jenis cat yang satu ini memiliki harga yang lebih mahal dari jenis standar.

Langkah mengelap noda di tembok akan lebih mudah jika dibandingkan dengan mengecat ulang untuk menghilangkan noda. Tidak hanya itu, kegiatan mengecat ulang noda yang menempel di dinding juga berpotensi membuat ketebalannya berbeda.

Pada Ramadan, Genhype yang bekerja di sebuah perusahaan akan menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Jika masih tersedia sisa uang setelah mengeluarkan berbagai kebutuhan seperti untuk zakat, baju baru, mudik, dan sebagainya, kalian dapat mengecat rumah keseluruhan.

Kalian bisa hanya mengecat beberapa bagian rumah saja jika memang dana yang dimiliki tidak memungkinkan. Dalam rangka menjelang Hari Raya Idulfitri, ruangan yang perlu mendapatkan pengecatan ulang adalah ruang tamu dan keluarga.

Genhype juga perlu bertanya dengan beberapa konsultan jika ragu dengan pilihan warna cat yang ingin diaplikasikan. Pengalaman dan ilmu yang dimiliki profesional berpotensi membuat rumah tampil begitu menawan.

Baca Juga: Rekomendasi 8 Warna Cat Trendi 2024 Untuk Kamar Tidur

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Cerita Marini Zumarnis Terjun ke Bisnis Fashion dengan Mendirikan Mazuscarf dan Mazulabel

BERIKUTNYA

Resep Sangrai Kelapa yang Gurih dan Wangi Rempah untuk Taburan Nasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: