Ilustrasi Berbagai Warna Cat (Sumber: unsplash.com/@davidpisnoy)

4 Ide Warna Cat Rumah Untuk Menyambut Lebaran 2024

06 March 2024   |   20:07 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Umat muslim punya cara tersendiri untuk menyambut bulan bulan Ramadan yang sudah di depan mata. Selain siap berpuasa dan memperbanyak ibadah, momen bulan suci yang puncaknya dirayakan dengan Idulfitri ini salah satunya dipersiapkan dengan kegiatan berbenah rumah. 

Cara yang paling mudah untuk menghadirkan suasana rumah menjadi terlihat baru dan segar adalah dengan memperbarui warna cat dinding rumah. Namun, untuk mengganti warna cat rumah perlu mempertimbangkan sejumlah hal agar tampilan dan suasana yang akan dihadirkan sesuai dengan ekspektasi dan makna hari raya.  

Menurut London Image Institute, warna dapat memainkan peranan penting dalam menyampaikan informasi secara nonverbal, menciptakan suasana hati tertentu, dan bahkan memengaruhi keputusan yang akan  diambil seseorang. 

Baca juga: Rekomendasi 8 Tempat Buka Bersama Puasa Ramadan 2024 di Jakarta

Oleh karena itu, memilih warna cat baru untuk menyambut momen Idulfitri sangatlah penting. Selain dipandang dari keindahan estetikanya, memilih warna yang tepat dapat memiliki berbagai keuntungan secara psikologis mulai dari ketenangan, kenyamanan, dan emosi lainya.

Berikut rekomendasi warna cat rumah untuk menyambut Lebaran:


1. Warna Cream/Light Beige

Warna cat ini memberikan kesan netral dan sejuk jtanpa terlihat monoton. Warna cat ini juga mudah untuk dikombinasikan dengan warna dekoratif lainnya, seperti cokelat dan hitam.

Menurut Adobe, warna cream dalam psikologi warna melambangkan kenyamanan dan kerendahan hati. Warna ini sangat cocok untuk dijadikan warna dasar, karena simpel, tapi dapat memberikan kehangatan. 


2. Warna Sage Green

Selain menjadi warna yang cukup populer, warna sage green ini juga cocok untuk menyambut Lebaran. Warna ini menjadi simbol perasaan damai, rileks dan juga sejuk. Dalam psikologi warna, sage green mewakili pertumbuhan, dianggap sebagai warna untuk menyambut awal yang baru seperti Idulfitri.

Menurut architectural digest, salah satu cara terbaik untuk menggunakan warna ini adalah mengombinasikannya dengan warna-warna lembut seperti, gading, kuning pucat, dan terakota. Kombinasi ini dapat menciptakan efek menenangkan yang ideal untuk kamar tidur, sehingga lebih mudah beristirahat.


3. Warna Baby Blue

Pilihan warna baby blue dapat menjadi opsi untuk warna cat rumah. Dari sisi psikologi warna, baby blue sering dikaitkan dengan ketenangan, kepercayaan, dan keandalan. Warna ini juga meciptakan suasana lingkungan yang damai dan dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres.

Baby blue adalah salah satu warna yang dapat digunakan sebagai warna primer dan warna aksen, serta cocok untuk ruangan seperti kamar tidur dan kamar mandi.


4. Warna Peach

Dinobatkan sebagai color of the year dari Pantone, warna peach ini bisa menjadi alternatif untuk warna cat rumah yang unik dan trendi. Warna peach menjadi simbol rasa kebahagiaan dan juga memberikan kesan playful dan riang, karena warna ini dapat memancarkan energi untuk lebih aktif beraktivitas. 

Baca juga: Tip Memilih Tukang Untuk Percantik Rumah Jelang Ramadan

Tentunya, warna peach sangat cocok untuk menyambut hari kemenangan bersama keluarga dan teman-teman. Peach dapat membuat skema warna baru jika dikombinasikan dengan lapisan cokelat dan abu-abu. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Profil Polo Srimulat, Pelawak Senior yang Tutup Usia Hari Ini

BERIKUTNYA

Ini Alasan Mengapa Genhype Harus Cepat Ganti Baju Setelah Berkativitas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: