Koleksi Shi by Shireen (Sumber Foto: PIFW 2024)

Zaskia dan Shiren Sungkar Luncurkan Busana Ramadan yang Terinspirasi Budaya Islam di Turki

31 March 2024   |   18:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Aktris Zaskia Sungkar dan Shireen Sungkar memperkuat posisinya di kancah mode lokal dengan meluncurkan lini busananya sendiri. Seperti yang diketahui, jenama Zaskia Sungkar telah memasuki tahun ke-11 nya, sementara Shireen Sungkar baru saja meluncurkan Shi by Shireen tahun kemarin mengikuti jejak sang kakak.

Ramadan tahun ini, kakak beradik tersebut memamerkan koleksi busana terbarunya secara perdana di ajang Plaza Indonesia Fashion Week (PIFW) 2024. Keduanya mengusung tema budaya Islam di Turki yang dituangkan dalam setiap rancangannya.

Zaskia Sungkar mengambil judul EMPIRE untuk koleksi busana terbarunya yang mengangkat kejayaan Islam di Turki yang berperan penting dalam membentuk kebudayaan dan sejarah dunia. Sementara Shi by Shireen mengambil judul THE EMPRESS yang terinspirasi dari kota dari dataran tinggi Turki, Konya, yang terkenal akan keindahannya.

Baca Juga: Ramadan Runway 2024 Hadirkan Koleksi Busana Modest Spesial Lebaran dari 60 Desainer Lokal
 

Koleksi Empire by Zaskia Sungkar (Sumber Foto: PIFW 2024)

Koleksi Empire by Zaskia Sungkar (Sumber Foto: PIFW 2024)


Koleksi EMPIRE dari Zaskia Sungkar mengangkat kekuatan, ketangguhan, dan kecantikan para wanita di zaman kekaisaran. Seperti halnya bangunan bersejarah Turki yang mewakili arsitektur masa lampau yang mewah, kuat dan berestetika tinggi.

Unsur-unsur inilah yang akan terlihat pada pattern dalam koleksi Empire. Material yang digunakan pun beragam, mulai dari yang lembut dan mengalir seperti satin, sutra, dan chiffon sampai yang kaya akan tekstur dan volume, seperti pleats, crinkle dan organza.

Dari segi pemilihan warnanya, koleksi ini banyak mengeksplorasi hitam, maroon, dan earth tone terutama cokelat dan lainnya sesuai dengan DNA zaskia sungkar yang cenderung bold.

 

Koleksi The Empress dari Shi by Shireen Sungkar (

Koleksi The Empress dari Shi by Shireen Sungkar (Sumber Foto: PIFW 2024)


The Empress keluaran Shi by Shireen Sungkar menyoroti Konya, di daerah Anatolia Tengah, Turki. Selain terinspirasi dari arsitekturnya yang megah dari bangunan gedung-gedung dan masjid, flora dan fauna di sana juga sangat cantik dan menarik untuk dilihat.

Inspirasi tersebut dituangkan dalam dua motif utama The Empress, yakni penggunaan tema floral yang mengambil
keindahan berbagai bunga di Konya dengan penambahan garis-garis halus dan warna a la watercolor. Sedangkan motif kedua menunjukkan keindahan masjid-masjid di Konya dengan penambahan motif menyerupai ornamen dinding masjid dan porselen.

Bahan-bahan yang dipakai adalah sutra, crinkle, chiffon dan premium polyester yang cocok digunakan untuk acara formal tap nyaman saat dikenakan sepanjang hari. Tak hanya untuk perempuan, koleksi ini juga tersedia untuk seluruh anggota keluarga, termasuk para pria dan anak-anak.
 

Lini Busana Zaskia dan Shireen Sungkar

Lini busana Zaskia Sungkar berdiri sejak 2013 oleh Zaskia Sungkar dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan busana Muslimah. Sejak awal berdirinya, jenama ini banyak terlibat di berbagai event fashion di dalam dan luar negeri, serta berkolaborasi dengan sejumlah nama desainer lokal, brand, dan media lainnya. 

Gaya Zaskia Sungkar terletak pada karakter bold, edgy dan modern dengan warna monokromatis yang elegan. Setiap koleksinya diproduksi secara eksklusif, yakni dalam jumlah terbatas dan tanpa restock. Saat ini Zaskia Sungkar memiliki 12 butik di Jakarta dan beberapa kota lainnya di Indonesia seperti Aceh, Padang, Jambi, Sungai Penuh, Palembang, Lampung, Pekanbaru, Medan, Banjarmasin, Samarinda, Makassar.

Pada 2015, Zaskia Sungkar dan Shireen Sungkar menghadirkan lini busana Zashi yang memiliki karakter feminin, romantis, dan girly dengan palet warna pastel yang manis. Setelah 8 tahun, Shireen melepaskan Zashi dan menantang dirinya sendiri untuk berjalan dengan jenama barunya, Shi by Shireen.

Koleksi perdana Shi by Shireen diluncurkan pada Juli 2023. Jenama ini melanjutkan karakter yang dibawa dari Zashi, yakni feminin, cantik, dan anggun dalam warna-warna pastel. Di tahun pertama berdirinya, Shi by Shireen sudah banyak terlibat di sejumlah perhelatan fesyen seperti Jakarta Muslim Fashion Week, HC Days, dan lain-lain. Koleksi Shi by Shireen bisa didapatkan secara online maupun offline dengan butik-butik yang tersedia di Jakarta, Jambi, Padang, Lampung, Aceh, dan Palembang.

Baca Juga: Ada Modest Wear hingga Couture, Tengok Koleksi Hari Raya dari Benang Jarum

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Ramadan Runway 2024 Hadirkan Koleksi Busana Modest Spesial Lebaran dari 60 Desainer Lokal

BERIKUTNYA

4 Rekomendasi Reed Diffuser Aroma Teh Hijau yang Harum dan Menenangkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: