Ilustrasi persiapan mudik dengan sepeda motor (Sumber gambar: Canva/ Odua Images)

Mudik dengan Motor Tidak Disarankan, Tapi Jika Terpaksa Ini Daftar Persiapannya

31 March 2024   |   13:51 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Sepeda motor masih menjadi pilihan sejumlah pemudik pada masa libur Hari Raya Idulfitri 2024. Padahal, instansi seperti Kepolisian RI tidak menyarankan motor dijadikan moda transportasi mudik, khususnya untuk jarak jauh. Sebab, motor punya potensi kecelakaan lebih tinggi di jalan dibandingkan dengan moda yang lain.

Namun faktanya, hasil survei potensi pergerakan angkutan Lebaran 2024 dari Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan memperlihatkan bahwa jalanan di Indonesia masih akan diramaikan oleh pemudik dengan sepeda motor pada tahun ini.

Survei itu menunjukkan bahwa sepeda motor menjadi moda terbanyak nomor 4 yang akan digunakan oleh masyarakat untuk mudik setelah mobil pribadi, bus, dan kereta api. Pemudik yang akan menggunakan kendaraan dengan roda dua mencapai 16,07 persen atau sekitar 31,12 juta.

Baca Juga: Ini Pentingnya Cek Kaki-kaki Mobil Sebelum Mudik

Jika terpaksa hendak mudik dengan sepeda motor, Genhype harus melakukan berbagai persiapan – baik kendaraan maupun diri pribadi dengan sangat matang. Dengan persiapan yang matang, kalian dapat terhindar dari potensi kecelakaan.

Selain itu, sebelum mudik dengan sepeda motor, kalian juga perlu mengetahui bahwa kendaraan roda dua itu bukan alat transportasi untuk perjalanan jarak jauh. Dirangkum dari berbagai sumber, persiapan-persiapan itu mencakup banyak hal.

Persiapan pertama yang wajib dipenuhi jika kalian hendak mudik dengan sepeda motor adalah memastikan kondisi badan dalam keadaan fit atau sehat. Penggunaan kendaraan roda dua menuntuk konsentrasi dan keseimbangan yang jauh lebih tinggi karena pengemudi dapat jatuh dan berpotensi berakibat fatal ketika kedua hal itu terganggu.

Jadi, istirahat yang cukup serta pergi ke dokter untuk mengetahui kondisi tubuh sebelum mudik harus dilakukan oleh Genhype. Pada saat ini, sejumlah pihak mengadakan tempat peristirahatan gratis bagi para pemudik dengan sepeda motor atau mobil. 

Kedua, kalian perlu membawa obat-obatan, suplemen, atau minuman yang dapat menunjang daya tahan tubuh ketika berkendara ke kampung halaman dengan menggunakan kendaraan roda dua. Genhype perlu memastikan obat yang dibawa dan dikonsumsi aman ketika kalian harus mengendarai kendaraan.

Kalian juga jangan lupa membawa obat-obatan yang rutin harus diminum jika memang memilikinya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Ketiga, Genhype perlu membawa makanan dan minuman yang cukup untuk perjalanan. Jika tidak kuat berpuasa, kalian sebaiknya dapat membatalkan demi kemanan dan keselamatan selama perjalanan.

Daftar persiapan lainnya adalah gunakan outfit yang tepat demi kenyamanan dan keselamatan, seperti jaket, sepatu yang menutupi semua kaki, sarung tangan, helm sesuai standar nasional Indonesia, dan celana jins.

Masker dan penutup wajah juga menjadi bagian penting saat kalian hendak melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan roda dua agar tidak menghirup debu dan wajah terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

Genhype juga sebaiknya tidak membawa barang berlebihan karena kapasitas motor yang terbatas. Barang bawaan yang terlalu banyak dapat mengganggu kenyamanan bergerak dan berkendara, sehingga membahayakan diri dan pengendara lainnya.

Sementara itu, persiapan lainnya yang perlu menjadi perhatian adalah tidak berboncengan lebih dari satu orang demi keselamatan. Saat berkendara, pastikan untuk berisitirahat setiap 1 jam dan jangan memaksakan diri ketika tubuh lelah atau mengantuk.

Selain itu, jangan lupa untuk membawa uang tunai yang cukup, powerbank agar gawai pintar dapat selalu terisi, surat-surat kendaraan, surat izin mengemudi, identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), gawai pintar, dan sebagainya.

Terkait kendaraan yang digunakan, kalian juga harus melakukan berbagai persiapan, seperti pemeriksaan mesin, rem, oli, ban, dan sebagainya. Tidak ada salahnya jika Genhype ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan keseluruhan demi keselamatan dan kenyamanan.

Genhype juga perlu membawa perlengkapan lainnya, seperti kunci, tang, jas hujan, dan sebagainya yang dapat memudahkan untuk mengatasi masalah yang mungkin terjadi di jalan.

Baca Juga: Mudik Bawa Mobil Pribadi? Cek Dulu 9 Bagian Ini Agar Aman

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Smarthome, Solusi Bikin Rumah Tetap Aman Kala Ditinggal Mudik Lebaran

BERIKUTNYA

Daftar Harga & Cara Beli Tiket Konser The Dream Show 3: Dream( )Scape di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: