Poster KKN di Desa Penari (Sumber gambar: X/KKN Movie)

10 Film Indonesia Paling Laris Sepanjang Masa, Cocok Ditonton saat Perayaan Hari Film Nasional

30 March 2024   |   14:25 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Ada banyak film lokal sukses mencatatkan jumlah penonton yang menggembirakan selama masa penayangannya di bioskop. Film-film tersebut juga sukses untuk mencatatkan namanya ke dalam jajaran film Indonesia terlaris sepanjang masa. Makin banyaknya deretan film yang masuk box office ini menjadi angin segar bagi dunia perfilman Indonesia.

Hal itu menunjukkan bahwa minat masyarakat Indonesia terhadap film lokal terus meningkat setiap tahun. Dalam satu dekade terakhir, masyarakat Indonesia memang makin sering mengapresiasi berbagai film lokal. Hal yang membuat perolehan jumlah penonton bioskop setiap tahunnya meningkat dan mencetak rekor baru dari judul-judul sebelumnya. 

Baca juga: Tema & Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Film Nasional 2024

Pada momen Hari Film Nasional yang dirayakan setiap 30 Maret ini, mari sejenak untuk menengok ke belakang tentang pencapaian box office Indonesia. Berikut ini deretan film lokal paling laris sepanjang masa di Indonesia:


1. KKN di Desa Penari (2022)

 

Diproduksi oleh MD Pictures, film berjudul KKN di Desa Penari masih menjadi yang terlaris sepanjang masa. Film yang disutradarai Awi Suryadi tersebut dirilis di bioskop pada 2022 dan sukses meraih 10.061.033 penonton selama penayangannya.

KKN di Desa Penari adalah film hasil adaptasi dari utas viral di media sosial X. Ceritanya berkisah tentang sekelompok mahasiswa yang melakukan kegiatan kernya nyata (KKN) di sebuah desa terpencil. Di tengah kegiatan tersebut, mereka kerap mengalami teror mengerikan


2. Agak Laen (2024)

 

Film Agak Laen menjadi judul kedua yang menempati urutan film terlaris sepanjang masa. Film produksi Imajinari ini hingga Senin, 25 Maret 2024 sudah mendapatkan 9.006.211 penonton. Raihan tersebut masih bisa bertambah karena film ini masih tayang di bioskop meski jumlah layarnya makin mengecil.

Film yang disutradarai Muhadkly Acho ini bercerita tentang empat sekawan pekerja rumah hantu yang sedang mengalami kesulitan finansial. Mereka pun merenovasi rumah hantu di sebuah pasar malam agar lebih menakutkan dan mendatangkan banyak pengunjung. Namun, suatu peristiwa tak terduga terjadi.


3. Warkop DKI Reborn Part 1: Jangkrik Boss (2016)

 

Warkop DKI Reborn Part 1: Jangkrik Boss adalah film garapan sutradara Anggy Umbara. Film sukses menjadi box office baru pada 2016 lantaran jumlah penontonnya menggeser Laskar Pelangi yang telah 8 tahun bertengger di puncak pertamanya.

Film yang terinspirasi dari komedi layar lebar Chips (1982) ini berhasil mencatatkan 6.858.616 penonton. Filmnya bercerita tentang tiga petugas Chips yang selalu bersemangat dalam bekerja, tetapi kerap bertingkah lucu. Mereka pun suatu hari ditugaskan menangkap preman jalanan.


4. Pengabdi Setan 2: Communion (2022)

 

Setelah film pertamanya mendapat sambutan apik dari penonton, Pengabdi Setan 2: Communion juga meraih kesuksesan serupa. Film yang disutradarai Joko Anwar ini sukses mencatatkan 6.391.982 penonton selama masa penayangannya.

Cerita Pengabdi Setan 2: Communion berkisah tentang satu keluarga yang tinggal di sebuah rumah susun setelah kehilangan sang ibu. Keluarga ini rupanya mendapat teror mengerikan atas apa yang pernah dilakukan di masa lalu.


5. Dilan 1990 (2018)

 

Bergenre romansa, Dilan 1990 menjadi film berikutnya yang terlaris sepanjang masa. Film adaptasi dari novel populer karya Pidi Baiq ini berhasil mencatatkan 6.315.664 penonton sepanjang penayangannya di bioskop.

Film Dilan 1990 berkisah tentang anak SMA Bandung bernama Dilan dan Milea. Dilan dikenal sebagai ketua geng motor, sedangkan Milea adalah anak pindahan yang langsung mencuri perhatiannya. Keduanya pun kemudian menjalin romansa yang unik.


6. Miracle in Cell No. 7 (2022)

 

Mengikuti versi orisinalnya di Korea, film Miracle in Cell No. 7 versi Indonesia juga sukses di pasaran. Film remake tersebut berhasil mengumpulkan 5.852.917 penonton selama masa penayangannya di Indonesia.

Film ini bercerita tentang seorang ayah bernama Dodo yang dituduh melakukan tindak pidana pemerkosaan dan pembunuhan kepada anak kecil. Suatu hari, para narapidana membantunya menyelundupkan Kartika, anak Dodo, ke penjara.


7. Dilan 1991 (2019)

 

Tak berbeda jauh dari film pertamanya, film Dilan 1991 juga mendapatkan sambutan yang tak kalah apik dari penonton. Selama masa penayangannya di bioskop, film ini berhasil meraih 5.253.411 penonton.

Dalam film sekuel ini, Dilan dan Milea diceritakan sudah menjadi kekasih. Namun, kehidupan percintaan mereka melalui banyak rintangan dan pertengkaran. Mereka pun sebisa mungkin mempertahankan hubungannya.


8. Sewu Dino (2023)

 

Film Sewu Dino memiliki premis cerita yang menarik. Ditengah kesulitan ekonomi, Sri diterima bekerja untuk keluarga Atmojo dengan bayaran yang tinggi, karena keunikan yang ia miliki, yaitu lahir pada hari Jumat Kliwon.

Namun, sebuah hal mengerikan justru terjadi setelahnya. Film produksi MD Pictures yang diadaptasi dari cerita viral karya @Simpleman ini mendapatkan jumlah penonton sebanyak 4.891.609.


9. Laskar Pelangi (2008)

 

Laskar Pelangi adalah film yang diangkat dari buku dengan judul sama karya Andrea Hirata. Disutradarai oleh Riri Riza, film ini sempat memegang rekor film terlaris sepanjang masa dari 2008-2016.

Film yang berhasil mencatatkan 4.719.453 penonton itu bercerita tentang sekelompok siswa yang berjuang melawan kemiskinan di Desa Gantong, belitung, Sumatera. Film bergenre drama keluarga ini mengambil latar 1970-an.


10. Habibie dan Ainun (2012)

 

Film Indonesia terlaris berikutnya adalah Habibie dan Ainun. Film yang mendapatkan 4.583.641 penonton ini mengangkat kisah tentang kehidupan Presiden Ketiga Indonesia B.J Habibie bersama sang istri Ainun Habibie. 

Baca juga: Sejarah & Liku-liku Penetapan Hari Film Nasional Tiap 30 Maret

Keduanya rupanya telah mengenal satu sama lain sejak remaja. Mereka kemudian memutuskan untuk menikah dan pindah ke Jerman karena saat itu, Habibie sedang bekerja sebagai ahli dirgantara di negara tersebut. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Sejarah & Liku-liku Penetapan Hari Film Nasional Tiap 30 Maret

BERIKUTNYA

66 Bengkel Siaga Suzuki Siap Layani Pemudik, Cek Lokasinya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: