Bioskop sebagai bagian penting dari Hari Film Nasional (Sumber gambar: Unsplash/Marc Fanelli Isla)

Tema & Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Film Nasional 2024

30 March 2024   |   09:01 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Hari Film Nasional diperingati tanggal 30 Maret tiap tahunnya. Peringatan ini dibuat untuk merayakan keberagaman film-film lokal, sekaligus pemantik semangat untuk terus memperkuat ekosistem perfilman nasional. Tahun ini, menjadi peringatan Hari Film Nasional yang ke-25 sejak ditetapkan secara resmi pada 1999.

Hari Film Nasional 2024 mengangkat tema bertajuk "Beragam Filmnya, Ramai Penontonnya". Mengutip dari situs resmi Kemendikbudristek RI, peringatan Hari Film Nasional tahun ini diharapkan dapat menjadi momentum perayaan perfilman dan bentuk apresiasi atas keberagaman jenis film Indonesia. 

Baca juga: Sejarah Hari Film Nasional dan Peran Usmar Ismail

"Melalui slogan Beragam Filmnya, Ramai Penontonnya, kami berharap akan selalu muncul penghargaan yang tinggi bagi beragamnya elemen yang ada dalam sebuah film, termasuk salah satunya adalah genre film. Keberagaman inilah yang patut kita hargai,” ujar Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra.

Mahendra menambahkan peringatan Hari Film Nasional kali ini juga diharapkan dapat menjadi pemantik bagi setiap pemangku kepentingan perfilman untuk terus memperkuat ekosistem perfilman nasional. "Sehingga api semangat ini dapat terus terjaga dan membawa perfilman Indonesia semakin harum di dunia Internasional," katanya.
 

Agenda Kegiatan Hari Film Nasional 2024

Pada peringatan Hari Film Nasional (HFN) 2024, Kemendikbudristek bersama beberapa pihak terkait akan menyelenggarakan sejumlah acara di berbagai kota, di antaranya Jakarta, Yogyakarta, Denpasar, Bukittinggi, serta beberapa daerah lainnya di Indonesia, mulai tanggal 27 hingga 31 Maret 2024.

Rangkaian kegiatannya dimulai dengan Bioskop Berbisik yakni acara diskusi dan nonton film bareng secara inklusif. Acara yang berlangsung pada 27 Maret 2024 ini merupakan ajang menonton bersama Kelompok Tuli dan Bisu yang akan dilaksanakan di Dinityku Cafe, Jakarta Selatan.

Kemudian pada 28 Maret 2024, telah berlangsung beberapa rangkaian acara antara lain diskusi dan pemutaran (screening) film di 10 kampus yang bekerja sama dengan Perkumpulan Program Studi Televisi Indonesia, diantaranya Institut Kesenian Jakarta (IKJ), ISI Yogyakarta, ISI Denpasar, ISI Padangpanjang, Potensi Utama Medan, dan Jogja Film Academy.

Ada pula program nonton gratis yang bekerja sama dengan jaringan bioskop XXI, CGV, dan Cinepolis pada 28 sampai 30 Maret 2024, di mana 900 tiket akan dibagikan kepada masyarakat.
 

Pada saat yang sama, digelar juga pemutaran film Usmar Ismail di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Pemutaran film ini bekerja sama dengan Sako Academy yang diramaikan juga dengan berbagai kegiatan seperti diskusi publik, lawatan sejarah, hingga pameran karya Pahlawan Perfilman Nasional, Usmar Ismail.

Selanjutnya pada hari puncak perayaan HFN 2024, yakni pada hari ini, Sabtu (30/3/2024), akan dilaksanakan konferensi pers yang akan dilanjutkan dengan perkenalan komite Festival Film Indonesia  (FFI) 2024-2026, serta serah terima aset FFI kepada Komite FFI yang baru ditetapkan.

Masih pada hari yang sama, berbagai pemutaran film dan diskusi akan berlangsung secara serentak di berbagai daerah, yang bekerja sama dengan beberapa komunitas film nasional antara lain Pitu Sinema Studio Mamuju, Komunitas Layar Taman Pelembang, Forum Sudut Pandang Palu, Forum Sineas Banua Banjarmasin, Manuproject Yayasan Sinema, Production Indonesia Medan, dan Mahakam Film Samarinda.

Masih dalam suasana perayaan hari film, Kemendikbudristek juga akan merilis siniar (podcast) hasil kolaborasi dengan Studio Antelope yang mewawancarai sejumlah pelaku perfilman, penonton, dan tokoh soal penguatan ekosistem perfilman nasional. Selain itu, ada pula presentasi secara serentak berupa video ucapan Hari Film Nasional 2024 dalam bentuk animasi 2D dari karakter "Si Juki" di seluruh bioskop di Indonesia.

Sebagai penutup, pemberian penghormatan kepada profesi legenda perfilman Indonesia dalam agenda “Legend Award” akan dilaksanakan untuk mengakhiri rangkaian Hari Film Nasional 2024. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Sinematek Indonesia, Jakarta pada 31 Maret 2024. 

Baca juga: Refleksi Hari Film Nasional dari 3 Sineas: Ekosistem Mulai Ideal, Tapi Perlu Terus Berbenah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Catat! Ini Starter Pack Mudik Lebaran saat Bawa Mobil Pribadi

BERIKUTNYA

Referensi 20 Ucapan & Link Twibbon Perayaan Hari Film Nasional 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: