Ilustrasi persiapan mudik menggunakan kendaraan pribadi. (Sumber gambar : Freepik)

Catat! Ini Starter Pack Mudik Lebaran saat Bawa Mobil Pribadi

30 March 2024   |   08:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Perjalanan membawa kendaraan pribadi pada puncak arus mudik pastinya melelahkan dan terkadang membosankan. Pemudik harus bersiap menghadapi kemacetan panjang dan situasi yang tidak terduga. Oleh karena itu, kenyamanan dan keamanan menjadi dua aspek penting yang harus diperhatikan untuk menjamin perjalanan yang baik. 

Pengamat Otomotif Yannes Martinus Pasaribu mengatakan pengemudi perlu membawa alat bantu yang tepat. Hal itu adalah kunci untuk mengatasi berbagai situasi yang mungkin terjadi selama di perjalanan. Lantas apa saja yang perlu dibawa untuk perjalanan mudik? 

Baca juga: Pulang Kampung Anti Drama, Panduan Persiapan Mobil untuk Mudik Lebaran 2024

Yannes menyebut dari aspek kenyamanan, charger handphone dan power bank menjadi esensial untuk memastikan semua perangkat elektronik tetap berfungsi dan terisi daya, memungkinkan komunikasi dan akses informasi tanpa hambatan. Kemudian, bantal dan selimut juga berperan penting dalam meningkatkan kenyamanan penumpang, terutama dalam perjalanan jarak jauh yang membutuhkan waktu lama. 

“Kotak P3K harus selalu ada untuk menangani situasi darurat, seperti luka ringan atau kecelakaan kecil yang memerlukan pertolongan pertama,” ujarnya kepada Hypeabis.id

Selain itu, jangan lupa membawa makanan ringan dan minuman untuk menjaga stamina dan mood selama perjalanan. Mengunduh aplikasi navigasi juga disarankan membantu dalam memandu arah dan menemukan rute terbaik. “Untuk hiburan, buku, majalah, atau perangkat audio dapat menjadi teman setia yang mengisi keheningan dan mengusir kebosanan,” imbuhnya. 

Dari sisi keamanan, dongkrak dan kunci-kunci merupakan alat wajib yang harus dibawa untuk mengatasi situasi seperti ban bocor. Kemudian, segitiga pengaman menjadi alat vital yang digunakan untuk memberi tanda kepada pengendara lain saat mobil berhenti di bahu jalan, meningkatkan keamanan saat berhenti darurat. 

Item lain yang perlu dibawa dalam memastikan keamanan yakni senter yang berfungsi tidak hanya sebagai alat penerangan di malam hari tetapi juga saat kondisi darurat yang membutuhkan pencahayaan tambahan. Lalu, kabel jumper yang menjadi alat bantu penting untuk membantu menghidupkan kembali mobil yang mogok karena aki soak. 

Alat keamanan berikutnya yaitu alat pemadam api ringan. Item ini menurut Yannes harus selalu tersedia sebagai antisipasi jika terjadi kebakaran kecil, sedangkan palang pintu dapat meningkatkan keamanan mobil dari upaya pencurian. Dia mengimbau agar semua alat bantu tersebut disimpan di tempat yang mudah dijangkau.

Terakhir, Yannes menyarankan agar obat-obatan pribadi wajib dibawa, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Masker dan hand sanitizer juga menjadi barang yang tidak boleh terlupakan untuk menjaga kebersihan dan mencegah penyebaran virus.

“Uang tunai harus disiapkan untuk berjaga-jaga dalam situasi di mana ATM atau mesin EDC tidak tersedia,” tuturnya.

Baca juga: Pentingnya Balancing Roda Kendaraan Sebelum Mudik Agar Lebih Irit BBM

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Mudik Bawa Mobil Pribadi? Cek Dulu 9 Bagian Ini Agar Aman

BERIKUTNYA

Tema & Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Film Nasional 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: