Hari Film Nasional diperingati tanggal 30 Maret tiap tahunnya. (Sumber gambar: Jon Tyson/Unsplash)

Referensi 20 Ucapan & Link Twibbon Perayaan Hari Film Nasional 2024

30 March 2024   |   09:13 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Insan perfilman di Indonesia hari ini bersuka cita. Pasalnya, hari ini diperingati sebagai Hari Film Nasional yang jatuh pada 30 Maret tiap tahunnya. Peringatan ini dibuat untuk meningkatkan kepercayaan diri serta motivasi para insan perfilman, agar mampu mengangkat sinema nasional baik secara regional, nasional maupun internasional.

Peringatan Hari Film Nasional (HFN) tiap 30 Maret merujuk pada hari pertama pengambilan gambar film Darah dan Doa yakni pada 30 Maret 1950. Film yang digarap oleh Usmar Ismail itu merupakan sinema pertama yang disutradarai oleh orang dan perusahaan Indonesia, serta dianggap sebagai film lokal pertama yang mengusung semangat Indonesia. 

Akan tetapi, peringatan HFN baru diresmikan oleh Presiden Ketiga RI B.J. Habibie pada 30 Maret 1999 melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 25 Tahun 1999 tentang Hari Film Nasional. Keputusan itu menetapkan bahwa tanggal 30 Maret ditetapkan sebagai Hari Film Nasional, tapi bukan merupakan hari libur nasional. 

Baca juga: Tema & Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Film Nasional 2024

Peringatan HFN dibuat dalam upaya meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi para insan film Indonesia, serta untuk meningkatkan prestasi yang  mampu mengangkat derajat film Indonesia secara regional, nasional, dan internasional. 

Kritikus film Adrian Jonathan Pasaribu dalam tulisannya berjudul Pernyataan Identitas Kebangsaan menyebut lebih dari sekadar selebrasi orang film, Hari Film Nasional adalah pernyataan akan identitas dan cita-cita kebangsaan. Mewacanakan Hari Film Nasional, tulisnya, sama dengan mewacanakan konsep film nasional, dan pada akhirnya tentang apa itu Indonesia.

"Tak heran sejarah pewacanaan tentang Hari Film Nasional, juga penetapannya, tidak pernah lepas dari penegasan akan kemerdekaan bangsa Indonesia melalui medium film, baik sebagai aspirasi politik maupun ekspresi artistik," tulisnya dikutip dari e-book Merayakan Film Nasional (2017) yang diterbitkan oleh Kemdikbud.
 

Tahun ini, peringatan Hari Film Nasional mengangkat tema bertajuk "Beragam Filmnya, Ramai Penontonnya". Mengutip dari situs resmi Kemendikbudristek RI, peringatan Hari Film Nasional 2024 diharapkan dapat menjadi momentum perayaan perfilman dan bentuk apresiasi atas keberagaman jenis film Indonesia.

"Melalui slogan Beragam Filmnya, Ramai Penontonnya, kami berharap akan selalu muncul penghargaan yang tinggi bagi beragamnya elemen yang ada dalam sebuah film, termasuk salah satunya adalah genre film. Keberagaman inilah yang patut kita hargai,” ujar Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra.

Mahendra menambahkan peringatan Hari Film Nasional kali ini juga diharapkan dapat menjadi pemantik bagi setiap pemangku kepentingan perfilman untuk terus memperkuat ekosistem perfilman nasional. "Sehingga api semangat ini dapat terus terjaga dan membawa perfilman Indonesia semakin harum di dunia Internasional," katanya. 
 

Ucapan Hari Film Nasional 2024

Hari Film Nasional dapat dirayakan dengan saling berbagi ucapan selamat. Ucapan ini bisa disampaikan kepada orang lain ataupun caption unggahan di media sosial, sebagai bentuk dukungan bagi dunia perfilman Indonesia. Berikut referensi 20 ucapan selamat Hari Film Nasional yang bisa menjadi referensi.
  1. Selamat Hari Film Nasional 2024. Mari dukung film Indonesia yang mendidik dengan cara menyenangkan. Hidup film Indonesia yang berkualitas!
  2. Film Indonesia adalah produk nasional yang perlu dikembangkan hingga dunia internasional. Selamat Hari Film Nasional 2024.
  3. Selamat Hari Film Nasional 2024 untuk semua insan yang berkecimpung di dunia perfilman. Semoga film Indonesia selalu berkembang ke arah lebih baik.
  4. Film menjadi pendukung industri kreatif nasional yang menjanjikan di masa depan. Jangan lewatkan potensi ini untuk terus dilestarikan. Selamat Hari Film Nasional 2024.
  5. Film Indonesia bergerak ke depan untuk memberikan inspirasi dan penggerak ekonomi kreatif. Selamat merayakan Hari Film Nasional 2024.
  6. Selamat Hari Film Nasional! Semoga keberadaan film Indonesia terus memberikan inspirasi, hiburan, dan edukasi bagi kita semua.
  7. Hari Film Nasional adalah momen untuk mengapresiasi kekayaan budaya dan kreativitas film Indonesia. Selamat merayakan!
  8. Pada Hari Film Nasional ini, mari kita hargai peran penting film dalam memperkuat identitas dan kebanggaan bangsa. Selamat merayakan!
  9. Selamat Hari Film Nasional! Terima kasih kepada semua insan film yang telah berjuang keras demi kemajuan perfilman Indonesia.
  10. Peringatan Hari Film Nasional adalah penghargaan bagi semua karya sinema Indonesia. Selamat kepada para sineas dan seluruh elemen industri film!
  11. Semoga setiap film Indonesia mampu menginspirasi, menghibur, dan memperkaya khazanah budaya bangsa. Selamat Hari Film Nasional!
  12. Selamat Hari Film Nasional. Semoga film-film lokal makin berkualitas dan berjaya di negerinya sendiri. Beragam Filmnya, Ramai Penontonnya!
  13. Selamat Hari Film Nasional! Semoga sinema Indonesia terus berkembang dan memberikan inspirasi bagi banyak orang.
  14. Selamat merayakan Hari Film Nasional, semoga industri film Indonesia semakin maju dan berdampak positif baik secara perkembangan budaya maupun ekonomi.
  15. Hari Film Nasional adalah momen untuk menghargai peran film dalam membangun identitas dan kebanggaan bangsa. Ayo dukung terus film-film buatan anak bangsa!
  16. Selamat Hari Film Nasional 2024. Mari dukung film Indonesia untuk berjaya di negeri sendiri dan mancanegara.
  17. Selamat Hari Film Nasional 2024. Semoga film Indonesia turut mengambil peran dalam mengedukasi masyarakat Indonesia dengan hal-hal positif.
  18. Meningkatkan mutu film Indonesia adalah hal penting. Ciptakan film Indonesia dengan cerita-cerita yang mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia. Selamat Hari Film Nasional 2024.
  19. Dirgahayu perfilman Indonesia. Dengan film yang positif, masyarakat Indonesia terhibur dan terdidik. Selamat Hari Film Nasional dan maju terus sinema nasional!
  20. Pembajakan film Indonesia adalah tindakan tidak menghargai karya sineas Indonesia yang susah payah diproduksi. Selamatkan film Indonesia dari pembajakan. Selamat Hari Film Nasional 2024. 


Link Twibbon Hari Film Nasional 2024

Selain memberikan ucapan, kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk berpartisipasi dalam perayaan Hari Film Nasional adalah dengan mengunggah foto di media sosial. Agar lebih menarik, kalian bisa menggunakan Twibbon khusus peringatan Hari Film Nasional 2024. Dengan begitu, kalian secara tidak langsung telah aktif untuk mendukung ekosistem perfilman Tanah Air.

Berikut adalah beberapa link Twibbon bertema Hari Film Nasional 2024. Baca juga: Ada Acara Bioskop Berbisik dan Nonton Film Gratis dalam Rangka Hari Film Nasional

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Tema & Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Film Nasional 2024

BERIKUTNYA

Cek Syarat Penukaran Uang untuk Lebaran Melalui Kas Keliling

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: