Anek gorengan jadi menu favorit saat buka puasa (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Genhype Suka Buka Puasa Makan Gorengan? Segini Lo Jumlah Kalori Bakwan sampai Tahu Bakso

27 March 2024   |   12:40 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Bakwan, tahu isi, pisang goreng tepung, dan tahu bakso adalah sederet makanan yang biasanya ada di atas meja saat adzan magrib berkumandang pada Ramadan. Gorengan memang jadi menu wajib bagi banyak orang untuk berbuka puasa, yang sebenarnya tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, asupan kalori harian terhadap tubuh akan mengalami peningkatan jika Genhype terlalu banyak mengonsumsi gorengan. Tidak hanya itu, makanan ini juga dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya, seperti jantung, diabetes, dan obesitas. 

Makanan yang dilapisi dengan tepung dan digoreng memiliki kandungan kalori yang tinggi. Selain itu, cara memasak dengan menggoreng juga dapat mengurangi nilai gizi pada bahan utama seperti karena akan menambahkan kalori dan kandungan lemaknya. 

Baca juga: Sering Buka Puasa dengan Gorengan, Ahli Gizi Ingatkan Risiko Ini

Gorengan mengandung lemak trans yang dapat meningkatkan level LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh dan menurunkan jumlah HDL atau kolesterol baik. Peningkatan lemak trans dapat terjadi karena proses memasak yang menggunakan minyak hidrogenasi ditambah dengan gas hidrogen, sehingga bisa mengubah lemak menjadi padat.

Saat ini, masyarakat lebih menyukai jenis minyak tersebut karena dapat menghasilkan makanan yang kaya rasa dan lebih renyah.

Namun, perlu diperhatikan, beberapa penelitian menunjukkan konsumsi gorengan dalam jumlah yang kecil atau sekitar 114 gram bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke sebesar 3 persen, penyakit jantung sebesar 2 persen, dan gagal jantung 12 persen. 

Supaya lebih aware, berikut ini adalah kandungan kalori yang terdapat di berbagai gorengan, yang kerap dikonsumsi setiap buka puasa berdasarkan laman fat secreet. Yuk simak.  
 

1. Tempe goreng tepung

Tempe goreng tepung menjadi makanan yang kerap ada di atas meja makan saat buka puasa. Makanan yang terbuat dari tempe dan tepung terigu dengan cara digoreng itu memiliki 72 kkal dalam setiap 1 potong. Tidak hanya itu, tempe goreng tepung juga mengandung 4,23 gram lemak, 5,58 gram karbohidrat, dan 3,83 gram protein.

Jumlah kalori dalam makanan ini akan lebih besar jika ukuran tempe goreng mencapai 90 gram, yakni 217 kkal. Sementara itu, kalori dalam makanan tersebut mencapai 241 kkal jika ukurannya 100 gram. 
 

2. Bakwan 

Aneka makanan untuk berbuka puasa (Sumber foto: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Aneka makanan untuk berbuka puasa (Sumber foto: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Bakwan adalah makanan yang terbuat dari tepung, telor, dan sayur-sayuran yang digoreng dengan minyak panas. Banyak orang mengonsumsi makanan yang satu ini untuk berbuka puasa dengan menggunakan saus atau cabai.

Dalam satu potong bakwan mengandung 137 kkal, 11,59 gram lemak, 6,74 gram karbohidrat, dan 1,99 gram protein. Sementara itu, dalam 100 gram bakwan, jumlah kalori yang terkandung di dalamnya tercatat lebih besar, yakni 228 kkal. Adapun, bakwan 1 porsi dengan ukuran 120 gram bisa memiliki kalori yang jauh lebih besar, yakni 274 kkal. 
 

3. Pisang goreng

Kandungan kalori dalam satu iris pisang goreng mencapai 68 kkal, 3,58 gram lemak, 9,74 gram karbohidrat, dan 0,4 gram protein. Kalori yang terdapat dalam pisang goreng berbeda jika ukurannya lebih besar.

1 porsi pisang goreng dengan ukuran 85 gram memiliki 214 kkal, 100 gram mencapai 252 kkal, 1 pisang goreng kecil mencapai 383 kkal, dan 1 pisang goreng ukuran besar memiliki 562 kkal. 
 

4. Tahu isi 

Tahu isi sebagai menu buka puasa (Sumber foto: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Tahu isi sebagai menu buka puasa (Sumber foto: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Kandungan kalori dalam satu potong tahu isi tercatat mencapai 134 kkal. Adapun, 1 porsi tahu isi dengan ukuran 120 gram memiliki kalori mencapai 134 kkal. Selain itu, makanan yang satu ini juga memiliki kandungan 6,64 gram lemak, 8,56 gram karbohidrat, dan 10,25 gram protein.
 

5. Tahu bakso

Tahu bakso juga menjadi favorit banyak orang untuk berbuka puasa setelah seharian penuh menahan lapar dan dahaga. Makanan ini tercatat memiliki ukuran 77 kkal per potong. Sementara itu, tahu bakso dengan ukuran 100 gram memiliki 192 kkal. Adapun, ukuran 1 porsi makanan itu sebesar 120 gram memiliki 231 kalori.

Baca juga: Cek 7 Spot Legendaris Berburu Takjil dari Berbagai Daerah di Indonesia Ini 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Apple Umumkan Jadwal WWDC Tahun Ini, Digelar 10-14 Juni 2024

BERIKUTNYA

Kiat Membawa Anabul saat Mudik Lebaran Biar Tetap Tenang & Aman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: