Ilustrasi berkendara dengan jarak jauh (Sumber Gambar : Unsplash/Will Truettner)

7 Tip Mencegah Mabuk Perjalanan buat Persiapan Mudik

04 April 2022   |   13:55 WIB

Mual, pusing, sakit perut, muntah, keringat dingin, bisa saja muncul ketika kamu berkendara menempuh perjalanan darat, air, maupun udara. Kondisi yang biasa disebut mabuk perjalanan ini terjadi ketika seseorang sensitif dan tidak mampu mengelola sinyal saraf tubuh yang dikirim ke otak dan telinga bagian dalam.

Beberapa penyebab lainnya yakni ketika kamu membaca buku atau menggunakan gawai ketika kendaraan sedang melaju, adanya perubahan hormonal seperti menstruasi dan kehamilan, serta memiliki gangguan pada telinga bagian dalam. 

Untuk mengatasi mabuk perjalanan ini, kamu bisa melakukan beberapa tips ini, termasuk untuk persiapan mudik Lebaran nanti.
 

1. Pandangan searah

Para ilmuan percaya bahwa mabuk perjalanan disebabkan ketika gerakan yang dilihat mata berbeda dengan gerakan yang dirasakan telinga bagian dalam. Jadi sebisa mungkin jangan duduk menghadap ke arah belakang atau ke samping. Tatap arah sesuai laju dan fokus pada objek diam di kejauhan. Ada baiknya jangan bermain gawai ya. 
 

2. Cari udara segar

Buka jendela kendaraan agar kamu mendapat udara segar. Jika tidak memungkinkan arahkan kipas angin atau pendingin udara ke wajah. 
 

3. Minum air dingin

Menyesap air dingin atau minuman karbonasi bisa mengurangi rasa mual. Hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh yang dapat menyebabkan dehidrasi dan memperburuk gejala mual ya.
 

4. Konsumsi jahe atau permen mint

Menyeruput seduhan jahe atau mengulum permen mint bisa mencegah dan meredakan gejala mual dan muntah. Selain itu, rasa dan aroma jahe atau daun mint dianggap dapat menenangkan tubuh.
 

5. Hirup minyak angin atau aroma terapi

Menghirup minyak angin atau aroma terapi seperti lavender dan peppermint bisa meredakan mual. Kamu juga bisa mengoleskan minyak angin untuk menghangatkan tubuh.
 

6. Alihkan perhatian dengan musik atau percakapan

Para peneliti telah menemukan bahwa mendengarkan musik dapat membantu mengatasi mual dan gejala fisiologis lain yang terkait dengan mabuk perjalanan. Jadi, putar musik di radio mobil atau ponsel kamu sebagai solusi. Melakukan percakapan dengan rekan seperjalanan juga bisa mengatasi mual.
 

7. Akupuntur di pergelangan tangan.

Titik akupresur di sepanjang pergelangan tangan yang disebut nei-kuan (P6) dapat membantu kamu meredakan mabuk perjalanan dengan cepat. Letakkan jari telunjuk, tengah, dan manis tangan kanan di bagian dalam pergelangan tangan kiri, mulai dari bawah lipatan. Titik nei-kuan kamu berada di bawah jari telunjuk, di antara tendon pergelangan tangan. Tekan yang kuat pada satu atau kedua pergelangan tangan selama empat hingga lima detik.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Simak Daftar Lengkap Pemenang Grammy Awards 2022, Silk Sonic & Jon Batiste Mendominasi!

BERIKUTNYA

4 Langkah Membuat Riset Pasar yang Benar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: