Perawatan kulit penting untuk membuat kulit tampak glowing (Sumber gambar: pexels/ Andrea Piacquadio)

7 Cara Membuat Kulit Tampak Putih dan Glowing saat Lebaran

26 March 2024   |   22:35 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kulit glowing menjadi impian banyak orang, terlebih pada saat momen spesial seperti Hari Raya Idulftri. Kulit yang tampak putih dan bercahaya dapat memberikan kepercayaan diri jika dibandingkan dengan kulit yang terlihat kering ketika berinteraksi dengan banyak orang. 

Dikutip dari laman klinik Harley Street Medical Doctors, Genhype membutuhkan usaha dan rutinitas perawatan yang baik agar kulit dapat tampak bercahaya atau glowing dan terhindar dari kulit kering serta kusam. 

Baca juga: Skin Age Detector, Teknologi Kesehatan Berbasis AI untuk Analisis Tanda Penuaan Dini & Masalah Kulit

Tidak hanya itu, kalian juga bisa membuat kulit tampak bercahaya dari rumah dengan beberapa cara sederhana yang mudah untuk dilakukan. Salah satu di antaranya adalah dengan melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati yang menjadi penyebab kulit kusam dan kering secara teratur.

Selain itu, pelembap juga memiliki peran yang penting bagi Genhype untuk memiliki kulit yang glowing. Berikut sejumlah cara yang yang dapat dilakukan untuk membuat kulit tampak lebih cerah dan siap menghadapi Lebaran.


1. Eksfoliasi secara teratur

Pengangkatan sel kulit mati akan memungkinkan kulit menyerap produk pelembap dengan efektif dan meningkatkan pergantian sel serta mendorong pembentukan kolagen baru. Kalian dapat melakukannya secara teratur sebanyak 2-3 kali dalam seminggu jika kulit tidak terlalu sensitif.

Genhype juga dapat menggunakan pengelupas sel kulit mati yang tidak terlalu abrasif terhadap wajah jika dibandingkan scrub tradisional.


2. Gunakan toner

Toner memiliki peran penting karena dapat membantu membuat serum dan krim yang akan digunakan meresap lebih dalam, sehingga berdampak lebih baik terhadap kulit selain membersihkan dan memberikan hidrasi kulit.

Genhype dapat menggunakan toner sebelum mengaplikasikan pelembap yang kerap digunakan untuk membuat kulit glowing.


3. Gunakan Pelembap

Pelembap yang baik dapat membuat kulit terasa lebih kenyal dan terhidrasi serta memanutlkan cahaya dan akan memberikan dampak langsung terlihat cerah. Dengan pelembap, kulit kering akan hilang lantaran minyak wajah akan kembali.

Kulit wajah juga akan terasa lebih halus saat kalian menggunakan pelembap. Tidak hanya itu, pelembap juga dapat melindungi lapisan kulit paling luar.


4. Gunakan tabir surya

Tabir surya memiliki peran yang juga penting dalam membuat kulit tampak cerah karena dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsug yang mengandung ultraviolet. Sunscreen juga memiliki fungsi melindungi kulit dari photoaging dan mengurangi risiko kanker kulit.

Pada saat ini, penyebab kerutan yang terdapat di wajah sebanyak 90 persen adalah paparan sinar matahari. Genhype perlu mengingat bahwa mencegah kerusakan lebih mudah daripada mengobatinya.


5. Tidur cukup & gunakan krim malam

Selain bagus untuk kesehatan tubuh, tidur malam yang nyenyak juga memiliki kontribusi dalam membuat kulit tampak cerah. Kulit dapat melakukan perbaikan sendiri saat Genhype tidur malam dengan nyenyak.

Kemudian, kalian juga dpat menggunakan produk krim malam yang akan membatu proses regenerasi kulit. Krim tersebut harus kaya akan hidrasi dan bisa menambah kelembutan wajah.


6. Kurangi alkohol

Konsumsi alkohol dapat menghilangkan kecerahan kulit karena menjadi penyebab dehidrasi. Tidak hanya itu, alkohol juga dapat mengurangi vitamin A yang ada dalam tubuh. Padahal, vitamin A memiliki peran dalam proses pergantian sel kulit.

Jadi, Genhype perlu meminum minuman alternatif sebagai langkah membatasi asupan alkohol yang memicu masalah kulit.


7. Konsumsi makanan kaya antioksidan

Cara lain yang dapat menjadi pilihan dalam membuat kulit menjadi tampak cerah atau glowing adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan. Makanan itu seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan. 

Baca juga: Manfaat Toner untuk Kulit Berjerawat, Pilih yang Mengandung Teh Hijau dan Aloevera

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam buah, sayur, dan kacang-kacangan dapat melindungi sel kulit dari kerusakan karena zat jahat atau sinar ultraviolet.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Ide Outfit Hijaber: Ini Pilihan Warna Jilbab yang Cocok dengan Pakaian Putih

BERIKUTNYA

3 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Lulus SNBP 2024, Cek Yuk!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: