Ilustrasi toner. (Sumber foto: Pexels/Alena Darmel)

Manfaat Toner untuk Kulit Berjerawat, Pilih yang Mengandung Teh Hijau dan Aloevera

03 March 2024   |   09:23 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu produk skincare yang tak boleh dilewatkan dalam rangkaian perawatan sehari-hari adalah toner. Apalagi kalau kamu pemilik tipe kulit berjerawat. Toner umumnya berbentuk cair, profuk ini diaplikasikan setelah membasuh wajah sampai bersih dengan facial wash.

Mengutip dari Curology, akan membantu membersihkan sisa-sisa make up, kotoran, dan minyak setelah beraktivitas seharian di luar, mengembalikan pH kulit, membuat kulit lebih segar, dan lainnya. Toner diformulasikan dari beberapa bahan seperti asam salisilat, asam glikolat, atau bahan-bahan alami seperti ekstrak bunga atau aloe vera

Baca juga: Dokter Kulit Ungkap Rahasia Menjaga Kelembapan Kulit di Iklim Tropis Indonesia

Pengunaan toner sangat disarakan untuk kulit berjerawat. Adapun jerawat sendiri bisa terjadi saat kulit memproduksi minyak berlebih, perubahan hormon, stres, pola makan tidak teratur, serta kebersihan kulit yang buruk. Toner dapat membantu membersihkan sisa-sisa kotoran dan minyak yang mungkin tertinggal setelah mencuci wajah, sehingga akan membantu mencegah penyumbatan pori-pori yang bisa menyebabkan jerawat.

Selain itu, toner juga akan mengembalikan pH kulit, mengurangi peradangan, dan menghidrasi kulit, serta mempercepat proses penyembuhan kulit dari jerawat. Mengutip Women's Health, berikut langkah-langkah menggunakan toner dalam rangkaian perawatan kulit sehari-hari.
  1. Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan facial wash yang sesuai debgan tipe kulitmu
  2. Tuangkan toner secukupnya ke kapas atau telapak tangan
  3. Aplikasikan toner ke wajah dengan lembut, hindari area sekitar mata
  4. Diamkan toner beberapa saat supaya meresap ke dalam kulit
  5. Lanjutkan dengan rangkaian perawatan kulit lainnya, seperti serum atau pelembap
 

Ilustrasi toner. (Sumber foto: Pexels/Alena Darmel)

Ilustrasi toner. (Sumber foto: Pexels/Alena Darmel)


Namun, sebelumnya saat memilih toner, pastikan kandungannya sesuai dengan jenis kulitmu dan kebutuhannya. Mengutip myhubble, berikut adalah beberapa bahan dalam toner yang efektif untuk kulit berjerawat.
  • Asam Salisilat: Dapat membantu membersihkan pori-pori secara mendalam, mengurangi produksi minyak berlebih, dan mengurangi peradangan kulit
  • Asam Glikolat: Membantu mengangkat sel-sel kulit mati, menyamarkan bekas jerawat, dan meningkatkan regenerasi sel kulit. 
  • Teh Hijau: Memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan kemerahan pada kulit berjerawat.
  • Ekstrak Witch Hazel:  Membantu mengecilkan pori-pori, mengurangi produksi minyak, dan mengurangi peradangan pada kulit berjerawat.
  • Niacinamide (Vitamin B3): Memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih serta mencerahkan kulit
  • Aloe Vera: Membantu mengurangi peradangan dan menghidrasi kulit berjerawat

Perhatikan juga beberapa bahan yang sebaiknya dihindari dalam toner untuk kulit berjerawat karena dapat menyebabkan iritasi dan memperburuk kondisinya. Sebaiknya kita melakukan tes patch terlebih dahulu pada kulit tangan sebelum menggunakan produknya secara menyeluruh. Simak beberapa kandungan dalam toner yang harus dihindari pemilik kulit berjerawat.
  • Alkohol: Bisa membuat kulit kering secara berlebihan dan menyebabkan iritasi yang dapat memicu peningkatan produksi minyak oleh kelenjar sebaceous dan memperparah jerawat
  • Pewangi Buatan: Bisa mengiritasi kulit sensitif dan menyebabkan reaksi alergi yang dapat memperburuk kondisi kulit berjerawat.
  • Lanolin: Bahan ini bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori dan meningkatkan risiko jerawat pada beberapa orang dengan kulit berminyak atau rentan berjerawat.
  • Minyak Esensial: Beberapa minyak esensial kuat seperti minyak jeruk atau minyak kayu manis dapat menyebabkan iritasi yang dapat memperburuk kondisi kulit jerawat
  • Bahan Abrasif: Bahan-bahan seperti butiran scrub kasar atau alkohol denat dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan pada kulit yang sensitif atau berjerawat
  • Bahan Berbasis Silikon: Silikon dapat menyumbat pori-pori dan memperparah jerawat. Meski begitu ada juga beberapa orang yang mungkin cocok dengan bahan ini.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Keunikan Karya & Koleksi Iris Apfel, Ikon Fesyen Legendaris yang Meninggal Usia 102 Tahun

BERIKUTNYA

Rekomendasi 8 Game Rilis Maret 2024, Lightyear Frontier sampai Dragon’s Dogma 2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: