Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2024 (Sumber gambar: Samsung)

Intip Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2024, Apa yang Baru?

26 March 2024   |   17:39 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pada 2020, Samsung mengeluarkan produk tablet Galaxy Tab S6 Lite, yang merupakan bagian dari Galaxy Tab S6 Series. Ternyata, versi lite dari seri itu sangat digandrungi publik karena dinilai sesuai dengan kebutuhan dan harga yang kompetitif.

Saking populernya, Samsung telah merilis produk itu tiga kali, pada 2020, 2022, dan kini versi 2024.  Dilansir dari GSMArena, raksasa teknologi asal Korea Selatan itu diam-diam mulai merilis Galaxy Tab S6 Lite versi 2024.

Meski belum ada pengumuman resmi maupun perilisan globalnya, Samsung Rumania dan Irlandia ternyata sudah mulai menjual perangkat ini.  Lantas, seperti apa spesifikasi dan fitur-fitur tablet versi baru tahun ini? Apa saja peningkatan dan perubahan yang ada? 

Baca juga: Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy S24, S24+, & S24 Ultra

Secara tampilan, Galaxy Tab S6 Lite masih mengadopsi perangkat originalnya. Layarnya berukuran 10,4 inci dengan rasio 15:9. Variannya juga disediakan dalam dua model yakni versi Wi-Fi dan LTE, yang memungkinkan konektivitas menggunakan jaringan kartu SIM. Selain itu, tentunya tablet ini sudah dibekali dengan pensil alias S Pen. 

Dari segi performa, ada perubahan cip atau prosesor yang digunakan di Samsung Galaxy Tab S6 Lite versi 2024. Namun demikian, Samsung tidak secara spesifik menyebutkan model apa yang digunakan. Info tidak resmi menyebutkan bahwa cip yang jadi dapur pacunya adalah Exynos 1280. 

Perusahaan hanya menyatakan bahwa tablet ini memakai prosesor octa-core dengan core 2,4GHz dan 2,0 GHz. Sebagai perbandingan, pada versi 2022, cip yang digunakan adalah Snapdragon 732G atau 720G yang punya core 2,3GHz dan 1,8GHz. 

Untuk memorinya, tablet Samsung anyar itu memiliki kapasitas 4GB RAM dengan 64GB memori penyimpanan, yang masih bisa diperluas dengan adanya slot microSD. Selain itu, disebutkan bahwa akan ada varian memori penyimpanan 128GB, meski belum tersedia di situs web Samsung.  
 

Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2024 (Sumber gambar: Samsung)

Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2024 (Sumber gambar: Samsung)

Beralih ke bagian baterai, versi 2024 ini masih punya format yang sama dengan para pendahulunya yakni berukuran 7.040 mAh. Perusahaan mengeklaim, dengan kapasitas baterai tersebut, tablet ini menjanjikan pemutaran video hingga 14 jam dan penelusuran web dan media sosial berkisar 12-13 jam, dalam sekali pengisian daya penuh.

Tidak ada informasi resmi tentang kecepatan pengisian daya yang dipakai, karena memang belakangan Samsung juga mulai mengurangi aksesori ini di boks penjualan berbagai produk rilisan barunya. Namun, dua model sebelumnya punya kemampuan charging 15 watt. 

Sebagai perangkat gadget keluaran 2024, Galaxy Tab S6 Lite anyar ini akan menggunakan sistem operasi (operating system/OS) Android 14 dengan antarmuka (user interface) Samsung One UI 6.1. Produk model 2022 ketika pertama kali rilis hadir dengan OS Android 12 dan One UI 4.0, yang sekarang telah di-update sampai ke One UI 6.0. 

Perusahaan menyediakan dua varian warna untuk produk tersebut yakni Mint dan Gray, yang lebih terang dan segar. Sampai saat ini, Samsung belum mencantumkan harga resmi dari perangkat Galaxy Tab S6 Lite versi 2024. Gimana nih Genhype penggemar tablet Samsung, apakah kalian tertarik? 

Baca juga: Rekomendasi Tablet Spek Terbaik Harga 2 Jutaan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ini Perbedaan SPLU, SPKLU & SPBKLU, Yuk Cek Lokasinya Sebelum Mudik

BERIKUTNYA

Simak Cara Efektif Mencegah Jet Lag saat Naik Pesawat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: