Ilustrasi tablet. (Sumber foto: Unsplash/Leon Seibert)

Rekomendasi Tablet Spek Terbaik Harga 2 Jutaan

16 December 2023   |   09:01 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Sabak elektronik atau yang dikenal sebagai tablet menjadi tren di kalangan pecinta gadget di tengah aktivitas yang padat. Perangkat komputasi portabel yang memiliki layar sentuh ini dapat menunjang aktivitas digital, baik itu berselancar di internet maupun membuat tugas yang memanfaatkan perangkat lunak. 

Meskipun pasarnya sedang lesu, beberapa vendor berani untuk meluncurkan produk terbarunya. Seperti Samsung yang menempati posisi kedua pasar tablet secara global dengan pengiriman tablet sebanyak 6 juta unit. 

Baca juga: Spesifikasi Huawei MatePad 11.5, Tablet Canggih untuk Dukung Produktivitas Kerja

Perusahaan elektronik asal Korea Selatan itu kembali membawa lini tablet android di bawah Rp5 jutaan ke Indonesia. Dibanderol mulai Rp2,29 juta, Samsung merilis seri Galaxy Tab A9 pada akhir Oktober lalu.

Hadir dalam dua varian, perbedaannya tampak pada ukuran. Galaxy Tab A9 memiliki layar berukuran 8,7 inci, sementara Galaxy Tab A9+ sebesar 11 inci. Dengan ukuran yang lebih kecil, Galaxy Tab A9 sangat nyaman untuk digenggam dan ringan. 

Lini Galaxy Tab A9 menggunakan panel TFT LCD dengan kecepatan refresh rate 60Hz dan 90Hz untuk masing-masing model, serta resolusi 1340 x 800 piksel. Kecerahan layarnya mencapai 500 nits, baik di dalam maupun luar ruang.

 

Galaxy Tab A9 Series. (Sumber foto: Samsung)

Galaxy Tab A9 Series. (Sumber foto: Samsung)

Untuk konektivitas, Galaxy Tab A9+ mendukung jaringan 5G, sementara tidak pada Galaxy Tab A9 dengan jaringan 4G-nya. Tersedia pula model Wi-Fi 5 buat kamu yang ingin menghemat data. 

Bicara dimensi, Galaxy Tab A9 ini berukuran  124,7 mm (tinggi) x 211 mm (lebar) x 8.0 mm (ketebalan) dengan bobot 332 gram (Wi-Fi) dan 333 gram (LTE). Galaxy Tab A9+ memiliki dimensi 168.7 (tinggi) x 257.1 (lebar) x 6.9 mm (ketebalan). Bobotnya 480 gram (Wi-Fi) dan 491 gram (5G). 

Desainnya cukup sederhana. Mengusung warna Graphite dan Navy, Galaxy Tab A9 series ini memiliki back cover polos dengan material polikarbonat. Tablet dilengkapi  kamera utama di bagian kiri belakang yang memiliki resolusi 8MP dengan kemampuan merekam video 1080p 30 FPS. 

Tidak ada LED Flash seperti di beberapa seri Galaxy Tab S. Jadi, pengguna tablet ini tidak bisa mengambil gambar atau merekam video dalam kondisi minim cahaya. Adapun kamera selfie dengan resolusi 2MP dan kemampuan merekam video 720p di 30 FPS tepat berada di tengah, bagian atas muka tablet. 

Tombol power, volume, dan microphone terletak di tepi bagian kanan tablet, sementara di sisi merupakan tempat penyimpanan kartu SIM dan memori. Grill speaker ada di bagian bawah dan atas yang didukung Dolby Atmos. Di bagian bawah juga terdapat headphone jack dan port USB tipe C.

Soal jeroan, Galaxy Tab A9 ditenagai Octa-Core Processor dengan SoC MediaTek Helio G99. Sistem operasinya yakni Android 13 dan tentu didukung One UI khas Samsung, versi 5.1. Memori penyimpanannya sebesar 4GB + 64GB untuk Tab A9 dan 8GB + 128GB untuk 5G. Penyimpanan bisa ditingkatkan hingga 1TB dengan menggunakan kartu micro SD. Kapasitas baterainya 7.040mAh. 

Dengan memori dan penyimpanan terbesar yang pernah ada pada Galaxy Tab A series, President & Head Of Mobile Experience Business Samsung Electronics TM Roh menyebut ada banyak ruang untuk menyimpan dokumen, tugas sekolah, referensi, hingga sumber inspirasi. Dia juga menyebut ada banyak keunggulan lainnya yang ditawarkan tablet ramah kantong punya Samsung ini.
 
Galaxy Tab A9+ menghadirkan multitasking setingkat PC ke tablet dengan Samsung DeX dan multi-active window yang memungkinkan untuk membagi layar tablet (split screen) empat hingga tiga aplikasi yang berbeda secara bersamaan. Pengguna juga dapat merekam layar mereka dengan Screen Recorder, sehingga mudah untuk melihat kembali informasi atau inspirasi di kemudian hari.
 
Galaxy Tab A9 series memungkinkan konektivitas seamless antar perangkat Samsung Galaxy. Dengan demikian,  pengguna dapat dengan mudah berbagi konten antara smartphone, tablet, dan monitor TV. Adanya Quick Share menyederhanakan berbagi file tanpa perlu melakukan pairing pada perangkat, sehingga pengguna dapat mengirim konten favorit ke perangkat lain di ekosistem Galaxy.
 
Keamanan juga dijamin dalam Galaxy Tab A9 series dengan hadirnya Samsung Knox. Security & Privacy Dashboard akan memudahkan pengguna untuk melihat dan mengontrol apa yang terjadi pada data di tablet. 

Dengan Private Share, konten akan dienkripsi sebelum dibagikan. Pengirim dapat mengatur izin akses, tanggal kedaluwarsa, dan lainnya untuk mengirim informasi yang sensitif. Selain itu, secure Wi-Fi membuat pengguna tidak perlu khawatir dengan risiko jaringan internet di tempat publik. “Lalu lintas internet dienkripsi dan aplikasi pelacakan diblokir sehingga pengguna bisa browsing secara privat dan aman,” jelas TM Roh.
 
Orang tua juga bisa mengontrol aktivitas internet untuk anak-anak yang menggunakan Galaxy Tab A9 series melalui Samsung Kids. Selain memantau konten yang dikonsumsi anak, orang tua juga bisa mengakses pengaturan, membuat profil anak, dan mengatur waktu bermain.
 

Redmi Pad SE. (Sumber foto: Xiaomi)

Redmi Pad SE. (Sumber foto: Xiaomi)


Sebagai pembanding tablet harga 2 jutaan, Xiaomi Indonesia pada September lalu meluncurkan Redmi Pad SE. Mengusung desain ramping dengan ketebalan 7,36 mm dan bobot 478 gram, tablet ini membawa panel IPS LCD dengan luas layar 11 inci, serta resolusi resolusi Full HD Plus atau 1920 x 1200 piksel, juga refresh rate hingga 90 Hz. 

Menghadirkan 16,7 warna, tingkat kecerahan Redmi Pad SE mencapai 400 nits dan telah bersertifikasi TUV Rheinland alias tablet ini memiliki radiasi blue light yang terbilang rendah. 

Redmi Pad SE dibekali kamera utama 8MP dan perekaman video beresolusi 1080 piksel di 30 FPS. Tablet ini juga dibekali dengan empat buah loudspeakers dengan Dolby Atmos. Tersedia dalam warna Graphite Grey dan Mint Green, ada tiga pilihan RAM yakni 4GB, 6GB, dan 8GB. Sementara ruang penyimpanan ROM yang disematkan memiliki kapasitas hingga 128 GB dan bisa ditingkatkan 1TB dengan kartu micro SD. Kapasitas baterainya sebesar 8000mAH. 

Untuk dapur pacunya, Redmi Pad SE ditenagai dengan chipset Snapdragon 680 yang memiliki clock speed hingga 2,4 GHz. Selain itu, Snapdragon 680 juga didukung dengan pemroses grafis GPU Adreno 610 untuk kualitas visual yang lebih tinggi. Tablet ini memiliki sistem operasi Android 13.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Review Perempuan yang Menunggu di Lorong Menuju Laut, Novel Perlawanan Eksploitasi Tambang

BERIKUTNYA

Kiat Menjaga Baterai Kendaraan Listrik Tetap Optimal & Anti Meledak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: