Kindle. (Sumber foto: Unsplash/Jingda Chen)

Cek Kelebihan dan Kekurangan Perangkat Kindle Sebelum Membelinya

26 March 2024   |   16:54 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Bobot buku yang berat kadang menghalangi kita untuk menikmati bacaan favorit pada saat bepergian. Namun, sekarang tidak ada alasan lagi untuk menunda menyelesaikan daftar bacaan kalian, karena ada beberapa media alternatif tanpa menjadi beban secara fisik.

Sebelumnya, ada sejumlah hal yang perlu kalian ketahui. E-book dan e-reader memang menjadi alternatif yang populer sebagai alat membaca untuk memudahkan kalian menikmati puluhan hingga ratusan karya tulis dalam satu genggaman. Mulai dari e-book yang tersedia di smartphone dan tablet, hingga gawai e-reader yang bisa kalian gunakan sebagai perpustakaan portabel.

Baca juga: Ingin Baca Berbagai eBook di Amazon Kindle? Begini Caranya

Saat ini, tersedia setidaknya tiga jenis e-reader yaitu Kindle, Kobo dan Nook. Dari ketiganya, bisa dibilang Kindle merupakan gawai baca yang paling populer. Secara dimensi, Kobo dan Nook menawarkan ukuran layar yang lebih besar dan dapat memproses dokumen dalam berbagai format layaknya Kindle. Namun, Kindle jauh lebih populer karena ukurannya yang kompak serta ekosistem produknya mulus.

Kindle adalah e-reader yang diproduksi dan dipasarkan oleh Amazon untuk pertama kali pada 2007. Kindle dibuat khusus hanya sebagai gawai untuk membaca buku. Alat ini memungkinkan pengguna membaca eBook yang dibeli di Amazon, eBook perpustakaan, dan dokumen pribadi yang tersedia dalam bentuk file PDF, ePUB, Microsoft DOC(X), dan MOBI.

Perangkat Kindle terhubung ke akun Amazon penggunanya. Jadi saat kalian membeli eBook secara online, baik melalui Amazon.com atau langsung di perangkat Kindle, dokumen tersebut dikirimkan secara nirkabel ke perangkat kalian segera setelah tersambung ke internet.

Ada juga aplikasi seluler Amazon Kindle yang tersedia untuk perangkat Apple, Android, dan Windows. Aplikasi ini juga melakukan sinkronisasi secara berkala untuk memastikan bahwa semua konten digital kalian ada di seluruh perangkat.

Nah, jika Genhype gemar membaca, kemungkinan besar kalian memiliki koleksi buku yang terus bertambah. Memiliki Kindle berarti kaian tidak perlu khawatir terkait ruang fisik untuk menyimpan semuanya. Sebaliknya, kalian dapat menyimpan ribuan buku di platform Kindle dan membawanya ke mana pun kalian pergi daripada harus memprioritaskan buku yang paling kalian sukai.


Apa Keuntungan Memiliki Kindle?

 

Kindle. (Sumber foto: Unsplash/Balázs Kétyi)

Kindle. (Sumber foto: Unsplash/Balázs Kétyi)


1. Dirancang untuk Membaca

Halaman pada layar Kindle terlihat seperti buku kertas, tetapi versi digital ini lebih baik karena kalian dapat memperbesar ukuran font, mengubah jenis font, memeriksa arti kata-kata asing, dan banyak lagi. Kalian juga tidak akan terganggu oleh notifikasi apa pun dari media sosial saat membaca.


2. E-book Cenderung Lebih Murah

Memiliki Kindle berarti kalian bisa mendapatkan beberapa buku dengan harga lebih murah daripada versi hard copy. Pengguna dapat dengan cepat mendapatkan buku dari koleksi perpustakaan Kindle. Meskipun tidak semua buku di Kindle murah, ada beberapa penawaran bagus. Kindle menawarkan beberapa judul gratis dan sering kali ada diskon besar untuk buku pada momen khusus.


3. Praktis 

Tergantung pada modelnya, Kindle tersedia dalam kapasitas 8GB, 16GB, 32GB, dan 64GB. Ruang kosong pada Kindle 8GB berukuran sekitar 6GB dan ukuran buku pada umumnya (hanya teks) adalah sekitar 1MB. Ini artinya pengguna dapat menyimpan 6.000 buku tersebut dalam kindle 8GB. Beberapa buku mungkin lebih besar dari 1MB, tapi kalian tetap dapat menampung 2.000 hingga 3.000 buku dengan mudah. Genhype tidak perlu membawa koleksi buku fisik dalam perjalanan jauh – cukup kemasi Kindle kalian dan isi dengan buku favorit. Setelah diunduh, kalian bisa membacanya kapan saja dan tentunya tanpa harus terhubung dengan jaringan wifi.


4. Baterai Tahan Lama

Tidak seperti smartphone dan tablet, kalian tidak perlu mengisi daya Kindle setiap hari. Saya telah menggunakan Kindle selama setahun dan hanya perlu mengisi daya setiap tiga minggu atau bahkan satu bulan sekali. Meski demikian, daya tahan baterai tergantung pada penggunaan pribadi. 


5. Bisa Digunakan Dalam Gelap

Kindle dapat kalian baca dalam kegelapan. Dengan cahaya latarnya yang lembut, pengguna dapat membaca beberapa bab sebelum tidur tanpa perlu menyalakan lampu buku atau lampu malam. Ini karena Kindle menggunakan teknologi Paperwhite, jenis layar e-ink yang dikembangkan khusus oleh Amazon untuk memberikan pengalaman membaca yang nyaman dan mirip dengan membaca buku cetak asli.

Layar Paperwhite juga dirancang untuk mengurangi silau dan pantulan, sehingga membaca lebih nyaman bahkan di bawah sinar matahari langsung. Hal ini membuat Kindle dengan teknologi Paperwhite menjadi pilihan yang populer untuk membaca di luar ruangan.


Kekurangan Kindle

Meskipun banyak keuntungan memiliki Kindle, ada beberapa kelemahan yang patut dipertimbangkan. Beberapa pengguna mungkin menganggap banyaknya pilihan yang tersedia di Kindle (dan Kindle Unlimited) agak memusingkan. Koleksi perpustakaan yang luas dapat menyulitkan ketika harus memutuskan apa yang akan dibaca selanjutnya.

Selain itu, bagi para pencatat dan anotator yang rajin, Kindle mungkin tidak menawarkan tingkat penyesuaian dan pengorganisasian yang sama seperti buku fisik. Beberapa pembaca mungkin juga kesulitan menyesuaikan diri dengan membaca secara digital, apalagi jika sudah terbiasa dengan nuansa dan estetika buku fisik. 

Baca juga: Baca di Tebet Bawa Konsep Perpustakaan yang Homey & Unik, Kutu Buku Wajib Mampir!

Pengguna Kindle di Indonesia juga tidak bisa membuka akun Kindle Unlimited untuk menghilangkan iklan yang muncul saat Kindle dalam keadaan terkunci. Tampilan iklan ini kadang mengganggu dan tidak bisa diatur.

Apakah Genhype sedang mempertimbangkan untuk membeli Kindle atau sudah menjadi pengguna Kindle?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Begini Cara Berhemat saat Nonton Konser di Singapura

BERIKUTNYA

3 Brand Streetwear Lokal dengan Fokus Unik, Oversize sampai Gorpcore

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: