Amazon Kindle (sumber gambar amazon Kindle)

Ingin Baca Berbagai eBook di Amazon Kindle? Begini Caranya

09 June 2022   |   15:21 WIB

Genhype gemar dan hobi baca buku digital? Perangkat Amazon Kindle masih menjadi pilihan terbaik untuk membaca buku digital itu secara nyaman. Perangkat ini memungkinkan kita untuk mengoleksi ribuan buku dalam ukuran kompak, dan membacanya kapan dan di mana saja.

Dibandingkan dengan perangkat lain, seperti ponsel dan komputer tablet, baterai Amazon Kindle (dan perangkat buku elektronik serupa) juga jauh lebih tahan lama.

Amazon Kindle dilengkapi dengan toko buku elektronik yang terintegrasi. Dengan fitur ini, kita bisa mencari, membeli, dan mengunduh buku elektronik langsung dari dalam perangkat. Namun ada kemungkinan Anda punya koleksi buku lain yang dibeli atau diunduh dari toko alternatif, dan Anda ingin membacanya di perangkat Kindle.

Pada dasarnya ada dua cara agar buku elektronik dari sumber non-Amazon ini dapat dibaca oleh Kindle. Pertama, Anda bisa memindahkannya lewat kabel USB secara langsung, atau lewat layanan Send to Kindle (https://www.amazon.com/gp/sendtokindle).

Bila Anda memilih untuk memindahkan buku lewat kabel USB langsung ke perangkat seara manual, Anda mungkin harus mengkonversi buku tersebut ke format yang dapat dibaca oleh Amazon Kindle. Alat yang sering digunakan untuk keperluan ini adalah Calibre (https://calibre-ebook.com/).
 

Menggunakan aplikasi Calibre untuk konversi ke format yang dapat dibaca Amazon Kindle

Menggunakan aplikasi Calibre untuk konversi ke format yang dapat dibaca Amazon Kindle

 

Konversi dengan Calibre

Anda bisa memindahkan buku secara manual lewat kabel USB. Perangkat buku elektronik itu akan terlihat seperti perangkat penyimpanan biasa. Salin berkas buku elektronik ke folder Documents agar dapat dibaca oleh Amazon Kindle. Buku tersebut harus dalam bentuk yang kompatibel.

Pada saat ini Amazon Kindle dapat membaca buku dalam format AZW, MOBI, KFX (KF10) HTML, PostScript, PDF, dan DOC/DOCX. Bila Anda memiliki koleksi buku di luar format yang sudah disebutkan (misalnya EPUB, LIT, LRF, DJVU), Anda harus melakukan konversi terlebih dahulu.

Calibre adalah aplikasi yang bertujuan untuk mengelola koleksi buku di komputer pribadi. Namun aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk konversi. Agar dapat dibaca Amazon Kindle, format yang disarankan adalah versi terbaru AZW (AZW3). Calibre belum mendukung format terbaru Kindle (KF10).

Buku yang dibeli di toko elektronik seperti Google Play Books mungkin masih dilindungi oleh sistem pencegahan penyalinan (Digital Rights Management atau DRM). DRM bertujuan untuk mencegah pembajakan. Sayangnya, ini juga sering membatasi kita untuk membaca buku di perangkat yang diinginkan.

Buku yang masih dilindungi DRM dari toko buku seperti Google Play Books dan Kobo tidak akan dapat dibaca oleh Amazon Kindle. Sebaliknya, buku elektronik dari Amazon juga tidak bisa dibaca di perangkat lain.

Dalam hal ini, Anda mungkin ingin menyingkirkan perlindungan DRM dari buku tersebut. Ini bisa dilakukan dengan memasang plugin DeDRM (https://github.com/noDRM/DeDRM_tools/releases/tag/v10.0.2). Setelah itu, barulah buku tersebut bisa dipindahkan ke perangkat Kindle.
 

Mengirimkan buku ke Amazon Kindle lewat surel/tangkapan layar

Mengirimkan buku ke Amazon Kindle lewat surel/tangkapan layar

Send to Kindle

Cara yang lebih mudah (dan disarankan) adalah menggunakan layanan Send to Kindle. Layanan ini bisa menggunakan aplikasi desktop, ekstensi Chrome, atau bahkan dengan mengirim buku ke alamat surel tertentu.

Bila menggunakan aplikasi Send to Kindle di PC, kita cukup mengklik kanan dan memilih Send to Kindle. Buku tersebut akan dikirim lewat Wi-Fi/internet ke perangkat Kindle Anda.

Pastikan buku tersebut tidak dilindungi oleh DRM. Amazon juga hanya bisa menerima format yang bisa dibaca oleh Kindle. Pada saat ini, layanan Send to Kindle juga sudah menerima format EPUB.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengirim ke alamat surel khusus. Alamat tersebut bisa dilihat dari situs web Amazon (https://www.amazon.com/myk). Lampirkan buku yang hendak dikirim ke koleksi Amazon Kindle ke alamat ini.

Berkas PDF sebenarnya tidak terlalu cocok untuk buku elektronik. Bila Anda mengirimkan berkas PDF, Anda bisa mengkonversi ke format asli Kindle dengan menulis “convert” di subjek surel.

Editor: M R Purboyo
 
SEBELUMNYA

Bakal Comeback, Winner Lagi Syuting Video Musik

BERIKUTNYA

Sekuel Jurassic World Bakal Mendominasi Box Office AS

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: