Teenage Mutant Ninja Turtles: Mutant Mayhem. (Sumber gambar: Paramount Pictures)

3 Keluarga Superhero Terkenal dari Batman hingga Kura-kura Ninja

20 March 2024   |   19:54 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Buku komik superhero memiliki banyak sekali karakter yang unik. Saking banyaknya, karakter tersebut terkadang terhubung secara darah dengan satu sama lain. Dinamika antar karakter tentu memiliki tujuan khusus, seperti ini menawarkan banyak momen dan pelajaran penting dalam narasi dari sebuah komik.

Menceritakan karakter yang  berasal dari keluarga yang sama akan menambah kedalaman sebuah karakter, menjadikannya lebih menarik dan kompleks. Sebagai keluarga mereka harus menyeimbangkan kehidupan pribadi dengan tugas superhero untuk menciptakan alur cerita yang menarik bagi pembaca.

Baca juga: 3 Komik Hiperrealis Karya Alex Ross yang Meredefinisi Superhero

Hal ini juga memungkinkan eksplorasi beberapa tema-tema bermoral seperti tanggung jawab, pengorbanan, dan dampak kepahlawanan dalam kekeluargaan. Selain itu, memiliki narasi kekeluargaan dapat memberikan rasa keakraban dan relatability bagi pembaca, karena banyak orang akan merasa mereka memiliki tantangan yang sama dalam menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan keluarga.

Untuk pembaca yang masih anak-anak, membaca buku komik yang melibatkan faktor kekeluargaan dapat berfungsi sebagai alat pengajaran yang menarik, karena menunjukkan pentingnya keluarga, tanggung jawab, nilai kerja keras dan ketekunan.

Untuk mengetahui peran serta pelajaran penting yang dapat dipetik dari hubungan para superhero dalam keluarganya, berikut adalah 3 Keluarga Superhero ikonik dari komik populer!


1. Batman Family

 

Batman Family merupakan keluarga besar atau tim superhero yang dipimpin oleh Batman yang bertujuan untuk melindungi Kota Gotham dan dunia dari berbagai ancaman. Uniknya kebanyakan superhero di keluarga ini tidak memiliki hubungan darah, tapi memiliki latar belakang dan hubungan yang beragam, seperti sepupu, anak angkat, dan hubungan mentor-mentee. Mereka beroperasi sebagai superhero dengan kemampuan bela diri, detektif, dan teknologi yang tinggi.

Keluarga ini terdiri dari Batman (Bruce Wayne), Alfred Pennyworth, Commissioner James Gordon, Dick Grayson (Nightwing), Barbara Gordon (Batgirl), Jason Todd (Red Hood), Tim Drake (Robin), Damian Wayne, Cassandra Cain, Jean-Paul Valley (Azrael), Duke Thomas (Signal), Batwing (Luke Fox), Kate Kane (Batwoman), Ace the Bat-Hound, Azrael (Jean-Paul Valley), dan Bat-Cow. 

Beberapa anggota Bat Family memiliki kelebihan masing-masing, namun mereka saling melengkapi satu sama lain.  Khususnya karena mereka datang dari latar belakang yang berbeda-beda. Contohnya, Damian Wayne (Robin), yang sering kali diajarkan bahwa membunuh adalah cara terbaik untuk mengatasi kejahatan, perlu diajarkan bagaimana menangani pelanggar hukum tanpa harus menggunakan kekerasan oleh Dick Grayson (Nightwing), yang berpendapat sebaliknya.

Namun dengan interaksi seperti ini, pembaca akan melihat perkembangan hubungan antar anggota keluarga Bat Family, saat bertugas maupun tidak. Detective Comics 934-981, Wayne Family Adventures, dan Batman: Urban Legends adalah beberapa rekomendasi komik yang menampilkan seluruh anggota Bat Family.


2. The Shazam/Marvel Family


The Shazam Family. (Sumber foto: DC)

The Shazam Family. (Sumber foto: DC)

The Shazam Family, juga disebut sebagai Marvel Family , terdiri dari enam anak asuh yang menjadi pahlawan super. Ketika Billy Batson, salah satu anak asuh tersebut diberikan kekuatan oleh seorang penyihir bahwa dia bisa berubah menjadi pahlawan perkasa bernama Captain Marvel dengan mengucapkan kata "Shazam", dia memberikan kekuatan ini kepada saudaranya, menciptakan Keluarga Shazam.

Dengan kekuatan Shazam, mereka dianugerahi kekuatan dan sifat dari dewa dan tokoh kuno yang meliputi kebijaksanaan Solomon, kekuatan Hercules, stamina Atlas, kekuatan Zeus, keberanian Achilles, dan kecepatan Merkurius.

Sama seperti Bat Family, anggota dari keluarga ini tak memiliki hubungan darah. Bahkan beberapa dari mereka memiliki masa lalu yang kelam, mengalami penolakan dan kerap ditinggalkan di masa lalunya. Meskipun demikian, para anggota keluarga Shazam saling menerima satu sama lain, dan bersumpah untuk belajar menggunakan kekuatan baru yang mereka dapatkan untuk kebenaran.
 

3. Kura-kura Ninja


Teenage Mutant Ninja Turtles (2014). (Sumber foto: Paramount Pictures)

Teenage Mutant Ninja Turtles (2014). (Sumber foto: Paramount Pictures)

Teenage Mutant Ninja Turtles atau Kura-kura Ninja, adalah empat saudara  kura-kura yang mengalami transformasi menjadi kura-kura ninja mutan, setelah sebuah truk yang membawa tabung berisi cairan radioaktif menumpahkan bahan kimia ke tubuh mereka ketika mereka masih bayi. Kemudian mereka diasuh oleh seorang ayah angkat dan juga mentor, yaitu Master Splinter. 

Ia kerap memberikan pelajaran ilmu beladiri dan ninjutsu kepada para kura-kura, dan sering kali menambahkan wawasan filosofis penting untuk membentuk kepribadian mereka. Master Splinter juga memberikan pilihan senjata unik untuk masing-masing kura-kura ninja, yang seringkali berlawanan dengan sifat dan karakteristik individual mereka. 

Sai kembar milik Raphael adalah senjata yang membutuhkan kesabaran dan menahan diri secara emosional untuk digunakan secara efektif, berlawanan dengan kepribadian agresifnya. Kemudian Leonardo sebagai pemimpin yang tenang dari, terkadang harus menggunakan katana kembar yang dapat menyebabkan kerusakan yang fatal. Namun, dengan senjata yang kuat ini ia harus sangat berhati-hati guna  mencerminkan tanggung jawab dan kode moralnya sebagai seorang pemimpin.

Donatello yang dikenal sebagai ahli teknologi, menggunakan tongkat bambu Bo, asal Asia. Meskipun terlihat tidak mematikan, Donatello dapat menggunakan tongkatnya dengan sangat mahir. Ini menunjukan bahwa dirinya tidak membutuhkan persenjataan yang canggih untuk menjadi kreatif, tapi cukup dengan kecerdikannya. Terakhir adalah senjata dari Michaelangelo yaitu Nunchaku, senjata yang sangat sulit untuk dikuasai. Sehingga ia harus belajar untuk fokus karena ia biasanya mudah terganggu.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Superhero Terbaik yang Wajib Ditonton

SEBELUMNYA

7 Fakta Unik dari Turki yang Jarang Diketahui

BERIKUTNYA

Teaser Parasyte: The Grey Hadirkan Kisah Menegangkan Manusia Melawan Organisme Parasit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: