Galata Tower, Istanbul (Sumber foto: Unsplash/Anna Berdnik)

7 Fakta Unik dari Turki yang Jarang Diketahui

20 March 2024   |   19:24 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Turki, sebuah negara yang terletak di perbatasan benua Eropa dan Asia. Negara ini menjadi salah satu negara yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pasalnya, Turki merupakan salah satu tempat yang penuh dengan keberagaman sejarah dan budayanya. 

Negara yang sudah berdiri sejak tahun 1920 ini juga terkenal dengan arsitektur bangunannya yang sangat fenomenal, misalnya saja Hagia Sophia, salah satu masjid sekaligus bangunan yang ikonik. Tak hanya itu, berbagai macam makanan dari Turki juga terkenal dengan lezatnya yang tak tertandingi serta tempat wisatanya yang wajib Genhype kunjungi.

Baca juga: Ini Dia Rekomendasi Destinasi Wisata ke Turki  

Selain tempat wisata balon udara di Kapadokia yang sangat terkenal, Turki juga memiliki banyak hal menarik lainnya, lho, Genhype. Penasaran apa saja yang membuat Turki menarik? Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah fakta unik dan menarik dari negara Turki. 


1. Terletak di Dua Benua

 

Menara Galata, Istanbul (Sumber foto: Pixabay/sulox32)

Menara Galata, Istanbul (Sumber foto: Pixabay/sulox32)

Dilansir melalui Rough Guides, salah satu fakta menarik dari Turki adalah letak kota Istanbul yang terletak di dua benua sekaligus. Kota ini dipisahkan oleh selat Bosporus, sehingga terdiri dari bagian Eropa dan Asia. Pada tepi barat, kota ini terletak di benua Eropa sedangkan tepi timurnya berada di benua Asia. Secara keseluruhan, 95% wilayah Turki berada di Asia dan 5% lainnya berada di Eropa.


2. Ada Lebih dari 80.000 Masjid

 

Masjid Biru, Turki (Sumber foto: Pixabay/Bakhrom Tursunov)

Masjid Biru, Turki (Sumber foto: Pixabay/Bakhrom Tursunov)


Hampir 99% penduduk di Turki beragam Islam. Tak heran jika Turki merupakan rumah bagi beberapa masjid terindah yang ada di dunia. Bagi Genhype yang belum tahu, terdapat lebih dari 82.693 masjid yang tersebar di Turki. Salah satu masjid yang paling menakjubkan di Turki adalah Masjid Sultanahmet atau yang dikenal sebagai Masjid Biru di Istanbul.


3. Produsen Hazelnut Terbesar

Dilansir dari Budget Air, salah satu pilar pasar ekspor Turki adalah hazelnut. Turki adalah pengekspor hazelnut dengan memasok sekitar 70% hazelnut dunia. Banyak makanan penutup di Turki yang terbuat dari hazelnut, salah satunya adalah Baklava, salah satu jenis pastri populer yang berisi kacang manis legit. 


4. Bunga Tulip Berasal dari Turki

Mungkin tak sedikit dari kalian yang mengira jika bunga tulip berasal dari Negara Kincir Angin. Namun faktanya, bunga tulip berasal dari Turki. Dilasir dari Rough Guides, bunga tulip pertama kali diperkenalkan di Belanda oleh seorang duta besar Belanda yang bertugas di Istana Sultan Süleyman Agung, Kekaisaran Ottoman pada abad ke-16.

Ketika duta besar tersebut kembali ke Amsterdam, ia membawa seikat umbi tulip. Kemudian masyarakat di Belanda menyukai bunga tulip sehingga industri bunga tulip menjadi terkenal di Belanda. 


5. Santa Claus Berasal dari Turki

Ya, kalian tidak salah membaca. Dilansari dari Dook International, Santa Claus yang memiliki nama asli St. Nicholas lahir di Patara, Turki. Ia dilahirkan pada abad keempat dan merupakan tokoh sejarah dibalik manusia yang kita kenal sebagai Sinterklas.

Setelah orang tuanya meninggal, ia menerima sejumlah kekayaan yang akan ia berikan kepada orang miskin yang membutuhkan. Legenda ini menceritakan bahwa ia akan menjatuhkan kantong koin emas ke cerobong asap rumah dan memberikan hadiah kepada anak-anak.

Cerita tentang perbuatan baiknya menyebar ke seluruh Eropa dan penduduk setempat mulai memadukan cerita tersebut dengan mitos dan legenda. Walaupun Sinterklas lahir di Turki, negara tersebut tidak merayakan Natal karena mayoritas penduduknya yang beragama Islam. 


6. Ada Lebih dari 30 Bahasa Etnis

Ada lagi fakta yang paling menarik tentang Turki, yaitu banyaknya bahasa yang digunakan di sana. Meskipun bahasa resmi negara ini adalah bahasa Turki, namun terdapat lebih dari 30 bahasa lain yang juga digunakan di sana, seperti bahasa Arab Mesopotamia, Kurmanji, dan Zazaki.


7. Negara dengan Populasi Kucing Jalanan Terbanyak

Salah satu fakta lucu lainnya tentang Turki adalah banyaknya kucing jalanan yang tinggal di sana. Di banyak kota Turki, kalian akan menemui kucing yang berkeliaran di tempat umum. Meskipun begitu, warga di sana tidak terganggu dengan kehadiran kucing. Menariknya, beberapa kucing di Turki memiliki rumah-rumah kecil di pinggir jalan yang dapat mereka huni. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Lagu Terbaik Band Sore, Ada Pergi Tanpa Pesan Hingga Karolina

BERIKUTNYA

3 Keluarga Superhero Terkenal dari Batman hingga Kura-kura Ninja

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: