Konsumsi apel bagus bagi tubuh (Sumber gambar: pexels/ pixabay)

Daftar Buah yang Bijinya Tidak Boleh Dimakan Karena Dapat Berbahaya

20 March 2024   |   13:20 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

3. Biji Aprikot

Biji buah aprikot juga menjadi biji yang tidak boleh dimakan karena mengandung racun alami amygdalin yang dapat melepaskan sianida ketika bertemu dengan enzim di dalam lambung.

Meskipun begitu, dalam laman pemerintah New Zealand, biji aprikot aman dikonsumsi dalam produk olahan seperti biskuit almond karena proses pemanganggan dapat mengurangi tingkat racun di dalamnya.

Pemerintah New Zealand juga melarang penjualan eceran biji aprikot mentah berdasarkan kode standar makanan, mengingat risiko keamanan pangannya. Namun, larangan tersebut tidak berlaku bagi biji aprikot yang digunakan sebagai bahan makanan untuk dijual, selama produk akhirnya aman.


4. Biji Ceri

Biji buah ceri juga tidak boleh dikonsumsi karena mengandung racun glikosida sianogenik. Berdasarkan laman Badan Pengawas Obat dan Makanan, keberadaan glikosida sianogenik secara normal tidak membahayakan.

Zat tersebut dapat berubah menjadi hidrogen sianida yang bersifat racun ketika biji ceri tersebut terkunyah. Gejala keracunan hidrogen sianida sama dengan gejala keracunan singkong dan pucuk bambu.

Baca juga: Selain Semangka, 3 Buah Ini Juga Jadi Simbol Dukungan Palestina

BPOM menuliskan bahwa dosis letal/mematikan sianida adalah 0,5-3 miligram per kilogram berat badan. BPOM juga menuliskan bahwa anak-anak dapat merasakan sakit akibat keracunan jika menelan sejumlah kecil biji ceri, dan dapat berakibat fatal.

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Rekor Apik Pelatih STY Jadi Amunisi Timnas Indonesia Kontra Vietnam di GBK

BERIKUTNYA

Puluhan Seniman Galang Donasi untuk Palestina di Pameran Kemanusiaan Tanpa Batas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: