Buah kiwi yang dapat meningkatkan kualitas tidur (dok. Pexels)

Supaya Kalian Cepat Tidur, Coba Makanan dan Minuman Ini

14 October 2021   |   10:36 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Tidur pada malam hari mungkin menjadi tantangan bagi sebagian orang. Butuh waktu yang lama untuk terlelap, bahkan tak sedikit baru bisa tidur nyenyak menjelang fajar. Padahal mendapatkan kualitas tidur di malam hari penting agar kita tetap fit ketika bangun di pagi nanti. 

Buat kamu yang masih pusing bagaimana mengatasi insomnia tersebut, The Sleep Foundation menemukan bahwa ada sejumlah makanan yang mungkin dapat membantu kita untuk tidur. Salah satunya buah kiwi. Buah kiwi dianggap memiliki banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin E, potasium dan folat.
 

Khasiat Kiwi

Organisasi tersebut mencatat beberapa penelitian menemukan bahwa makan kiwi dapat meningkatkan kualitas tidur. Misalnya, dalam satu penelitian, orang yang makan dua kiwi satu jam sebelum tidur dapat tertidur lebih cepat, tidur lebih banyak, dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.
 

Jus Ceri Asam

Selain kiwi, The Sleep Foundation merekomendasikan ceri asam. “Beberapa penelitian telah menemukan manfaat tidur bagi orang yang minum jus ceri asam. Dalam sebuah penelitian, orang yang minum dua porsi satu cangkir jus ceri per hari ditemukan memiliki lebih banyak waktu tidur total dan efisiensi tidur yang lebih tinggi,” tulis lembaga itu.

Dijelaskan bahwa manfaat ini mungkin berasal dari fakta bahwa ceri asam memiliki konsentrasi melatonin di atas rata-rata, yang merupakan hormon yang membantu mengatur ritme sirkadian dan meningkatkan tidur yang sehat. “Ceri tart mungkin juga memiliki efek antioksidan yang kondusif untuk tidur,” sebut The Sleep Foundation.
 

Susu Malt & Ikan Berlemak

Berikutnya, minum susu malt sebelum tidur juga diyakini mengurangi gangguan tidur. Ini karena susu malt mengandung vitamin B dan D.

Sedangkan para peneliti percaya bahwa ikan berlemak dapat membantu tidur. Makanan ini bekerja dengan memberikan dosis vitamin D dan asam lemak omega-3 yang sehat, yang terlibat dalam pengaturan serotonin tubuh.
 

Kacang-kacangan

“Kamu juga bisa mencoba mengonsumsi kacang-kacangan, seperti kenari, pistachio, dan kacang mete, yang sering dianggap sebagai makanan yang baik untuk tidur,” tambah The Sleep Foundation.

Meskipun jumlah pastinya dapat bervariasi, kacang mengandung melatonin serta mineral penting seperti magnesium dan seng yang penting untuk berbagai proses tubuh.
 

Kurangi Kafein

Sementara itu, Lembaga Kesehatan Masyarakat Inggris (NHS) menyarankan untuk mengurangi kafein dalam teh, kopi, minuman energi atau cola, terutama di malam hari. Kafein dianggap mengganggu proses tertidur, dan juga mencegah tidur nyenyak.

Begitu pula dengan merokok. Orang yang merokok menurut NHS cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur, lebih sering bangun, dan lebih sering mengalami gangguan tidur. 

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Beberapa Fakta Seputar Album Adele 30 yang Bakal Dirilis November Mendatang

BERIKUTNYA

Coba yuk, 6 Aktivitas Asyik & Bikin Tenteram saat Kalian Jenuh di Rumah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: