Buah dan sayur bagus untuk kesehatan tubuh dan pencernaan (Sumber gambar: pexels/ Jane Trang Doan)

Buah & Sayuran Ini Bagus untuk Membuat Pencernaan Lancar Selama Ramadan

31 March 2024   |   14:31 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu masalah yang kerap menghampiri banyak orang selama puasa adalah kesulitan buang air besar. Untuk mengatasi itu, sejumlah buah dan sayur dapat menjadi pilihan agar pencernaan dan asupan serat terjaga sehingga ibadah puasa menjadi lancar.

Dikutip dari laman Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), buah dan sayur merupakan komponen penting dalam pola makan sehat. Kekurangan keduanya dikaitkan dengan kesehatan yang buruk dan peningkatan risiko penyakit tidak menular.

Tidak hanya itu, WHO juga memperkirakan 3,9 juta orang di dunia meninggal akibat kurang konsumsi buah dan sayur pda 2017. Dengan begitu, konsumsi buah dan sayur sebagai bagian dari makanan sehari-hari dapat mengurangi beberapa penyakit tidak menular – termasuk kardiovaskular dan jenis kanker tertentu.

Baca Juga: 11 Langkah Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

“Bukti yang lebih terbatas menunjukkan bahwa ketika dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan sehat rendah lemak, gula dan garam/natrium, buah-buahan dan sayuran juga dapat membantu mencegah penambahan berat badan dan mengurangi risiko obesitas, yang merupakan faktor risiko independen untuk penyakit tidak menular,” demikian tertulis.

Buah dan sayur juga makanan yang kaya vitamin dan mineral, serat makanan, dan sejumlah zat non-gizi yang bermanfaat termasuk sterol, flavonoid dan antioksidan lainnya. Jadi, makan berbagai buah dan sayur membantu memastikan asupan nutrisi penting yang cukup.

WHO merekomendasikan untuk mengonsumsi lebih dari 400 gram buah dan sayur setiap hari guna meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit tidak menular tertentu.

Selain itu, dalam laman Kementerian Kesehatan, buah dan sayur memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan. Kekurangan keduanya dapat menyebabkan gangguan terhadap pencernaan, yaitu buang air besar menjadi tidak lancar.

Sistem pencernaan memiliki peran penting bagi tubuh seseorang karena fungsinya mencerna dan menyerap berbagai nutrisi serta cairan yang ada dalam makanan. Gabungan serat, air, dan antioksidan dapat membantu menjaga seluruh sistem pencernaan lebih sehat.

Dikutip dari berbagai sumber, ada sejumlah buah dan sayur yang bagus dalam membuat pencernaan lancar. Pertama adalah pepaya. Genhype mungkin sudah tidak asing dengan pepaya ketika mengalami masalah pencernaan.

Ya, buah yang satu ini memang kerap menjadi andalan karena dapat memperlancar buang air besar seseorang. Dalam laman Kementerian Kesehatan, kandungan papain dalam pepaya membuat protein lebih mudah dicerna. Genhype akan terhindar dari sembelit dan buang air besar lebih teratur jika mengonsumsi pepaya yang kaya dengan serat dan air.

Kemudian, sebuah penelitian juga memperlihatkan konsumsi buah itu selama 40 hari terbukti membuat Genhype terhadap sembelit dan kembung.

Lalu, tomat juga bisa menjadi pilihan untuk membuat pencernaan menjadi lancar selama Ramadan. Kementerian Kesehatan menuliskan bahwa individu yang mengalami sembelit dapat mengonsumsinya guna mengatasi masalah tersebut.

Tomat memiliki kandungan serat dan air, sehingga dapat melancarkan pergerakan usus. Pada akhirnya, buang air besar menjadi lancar.

Genhypa juga dapat mengonsumsi apel agar buang air besar tidak mengalami masalah. Buah ini dapat menjadi solusi lantaran memiliki kandungan kaya serat yang dapat membantu pergerakan saluran pencernaan.

Baca Juga: Genhype Suka Buka Puasa Makan Gorengan? Segini Lo Jumlah Kalori Bakwan sampai Tahu Bakso

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Presenter Hilbram Dunar Meninggal Dunia, Simak Kiprah Kariernya di Layar Kaca Indonesia

BERIKUTNYA

Catat! Jadwal Konser di Jakarta Lebaran Fair 2024 dan Daftar Musisi yang Tampil

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: