Snapdragon 8s Gen 3 (Sumber gambar: Qualcomm)

5 Fakta Snapdragon 8s Gen 3, Chipset Baru Buatan Qualcomm

18 March 2024   |   19:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Qualcomm kembali meluncurkan chipset terbaru yakni Snapdragon 8S Gen 3. Sirkuit terpadu ini menawarkan sebagian besar fitur premium yang ada di versi flagship-nya, 8 Gen 3, termasuk dukungan AI generatif on-device pada ponsel dengan harga terjangkau.

Deepu John, Direktur Senior Manajemen Produk Qualcomm, menjelaskan bahwa chipset Snapdragon memiliki tiga sub-kategori baik pada seri Snapdragon 8, 7, 6, dan 4. Adapun chipset seri ‘S’ ini berada tepat di bawah standar 8 Gen 3, dan jika Qualcomm merilis 8 Plus Gen 3, chip tersebut akan berada di urutan teratas. 

Baca juga: Keunggulan Chipset Snapdragon 8 Gen 3 For Galaxy di Samsung S24 Series

Mengutip GSMArena, Snapdragon 8s Gen 3 merupakan system on chip (SoC) dengan fabrikasi 4nm. Dari sisi CPU, SoC ini memiliki inti utama Cortex-X4, empat inti Cortex A720, dan tiga inti Cortex-A520 dengan clock speed masing-masing 3.0GHz, 2.8GHz, dan 2.0GHz. 

Chipset ini kompatibel dengan RAM LPDDR5x hingga 24GB, dengan clock hingga 4.200MHz dan penyimpanan UFS 4.0. Sirkuit terpadu itu siap mendukung WiFi 7 sehingga ponsel dapat menikmati lebih banyak bandwidth dan latensi yang lebih rendah. Lantas apa saja fitur premium yang ada di Snapdragon 8s Gen 3? Simak ulasannya di bawah ini yuk, Genhype
 

1. Generatif AI 

Snapdragon 8S Gen 3 mendukung generatif AI multimodal pada perangkat dan dapat menjalankan model bahasa besar hingga 10 miliar parameter, termasuk Llama 2 dan Gemini Nano. Memang chipset ini tidak menawarkan semua kemampuan AI dari Snapdragon 8 Gen 3, tetapi mendukung asisten virtual AI generatif dan perluasan gambar. 
 

2. Kualitas gambar & video

Selain kecerdasan buatan, chipset baru ini ditujukan untuk menghadirkan pengalaman kamera andalan. Snapdragon 8s Gen 3 mencakup triple ISP 18-bit yang bekerja sama dengan NPU Hexagon untuk pemrosesan gambar dan video. 

Ponsel yang ditenagai prosesor ini menawarkan fitur kamera yang selalu aktif, mempercepat pembukaan kunci wajah, dan pemindaian kode QR. Kombo ISP+NPU juga meningkatkan kualitas gambar dalam gelap, bahkan dapat melakukan outpainting atau membatalkan gambar.

Lebih teknis, chipset ini dapat menjalankan tiga kamera 36MP pada 30fps dengan Zero Shutter Lag atau satu kamera 108MP pada 30fps, tetap tanpa shutter lag. Resolusi pengambilan gambar maksimum mencapai 200MP. Gambar dan video HEIC dan HEVC 10-bit didukung dengan perekaman video 4K HDR hingga 60fps. 
 

Snapdragon 8s Gen 3 (Sumber gambar: Qualcomm)

Snapdragon 8s Gen 3 (Sumber gambar: Qualcomm)

3. Kebut untuk gaming 

Untuk gaming, Snapdragon 8s Gen 3 dibekali GPU Adreno yang tangguh. GPU ini membantu perhitungan rumit yang diperlukan untuk ray tracing, yang dapat menciptakan pencahayaan, bayangan, dan gambar yang lebih imersif pada gim. Adreno Frame Motion Engine 2.0 yang juga disematkan pada chip baru ini menggandakan frame rate tanpa konsumsi daya ekstra. 
 

4. Konektivitas anti ngadat

Untuk konektivitas, chipset terbaru Qualcomm ini menawarkan Sistem Konektivitas Seluler FastConnect 7800 dan Wi-Fi 7 dengan HBS (High Bandwidth Spectrum) Ditambah Modem-RF System Snapdragon X70 5G dengan akselerasi AI, memberi peningkatan konektivitas 5G Release 17 yang menghadirkan performa lebih baik dan jangkauan lebih luas. 
 

5. Smartphone yang pakai Snapdragon 8s Gen 3

Mengutip The Verge, Qualcomm menyatakan OEM dan merek global seperti Honor, iQOO, Realme, Redmi, dan Xiaomi akan menggunakan Snapdragon 8s Gen 3. Peluncuran perangkat pertama yang membenamkan chipset ini diprediksi rilis dalam waktu dekat. 

Baca juga: Chipset Snapdragon 8 Gen 4 “Lolos” Uji Coba Game Genshin Impact

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Fakta Menarik Film Samsara Garin Nugroho yang Bakal Tayang di Singapura

BERIKUTNYA

Mengintip Konsep Pengembangan Wisata di KEK Bira-Takabonerate

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: