Konsol game yang memakai Snapdragon G Series. (Sumber gambar: Qualcomm)

Cek Fitur Snapdragon G Series, Lini Chipset Khusus Konsol Game Handheld Terbaru dari Qualcomm

24 August 2023   |   18:48 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Qualcomm Technologies, Inc. mengumumkan jajaran chipset baru yang berfokus pada perangkat konsol game portable (handheld), Snapdragon G-series. Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut menghadirkan tiga tipe cip yang menawarkan pengalaman kinerja dan performa berbeda. 

Tiga prosesor baru itu adalah Snapdragon G1 Gen 1, Snapdragon G2 Gen 1, dan Snapdragon G3x Gen 2. Mithun Chandrasekhar, Direktur Senior Manajemen Produk Qualcomm Technologies, Inc mengatakan pihaknya ingin menjawab keinginan para gamer untuk dapat memainkan semua judul gim kesayangan di berbagai platform. 

“Generasi baru perangkat bertenaga Snapdragon G Series akan menjadi tempat terbaik bagi para gamer saat memainkan game favorit mereka, dengan kemampuan untuk memilih dari cloud, konsol, Android, atau PC saat dalam perjalanan," ujarnya dikutip dari laman resmi Qualcomm, Kamis (24/8/2023). 

Baca juga: Netflix Rilis Aplikasi Gaming Controller di App Store, Sekarang Bisa Main Game di TV

Buat kamu yang penasaran dengan Snapdragon G Series, berikut fitur dari chipset gaming terbaru milik Qualcomm itu.


1. Snapdragon G1 

Chipset untuk segmen entry-level ini dirancang untuk perangkat konsol gim tanpa dibekali kipas, yang sebagian besar ditujukan untuk streaming melalui cloud gaming. Snapdragon G1 berfokus pada konektivitas bebas lag dan ketahanan baterai dalam jangka waktu lama.

Lini pertama dari keluarga Snapdragon G1 adalah Snapdragon G1 Gen 1. Chipset ini ditenagai CPU Qualcomm Kryo Octa-Core yang dipasangkan dengan GPU Qualcomm Adreno A11 untuk mengaktifkan perangkat streaming gim genggam berkualitas tinggi. Perangkat yang ditenagai chipset ini dapat menampilkan resolusi HD dengan refresh rate 90Hz, Bluetooth 5, serta Qualcomm Wi-Fi 5.
 

2. Snapdragon G2 

Berikutnya ada Snapdragon G2 yang dibuat untuk membuka game mobile dan cloud berfitur lengkap. Chipset ini ditenagai CPU Kryo Octa-Core) dengan dukungan GPU Adreno A21 yang dioptimalkan untuk game.

Snapdragon G2 juga menyediakan Snapdragon X62 5G Modem-RF System yang memungkinkan para pemain gim menjelajahi semua yang ditawarkan dalam gim seluler dan cloud premium.

Dengan prosesor yang dioptimalkan, Snapdragon G2 dilengkapi bantuan 5G dan Wi-Fi 6/6E dari Qualcomm FastConnect 6700 Mobile Connectivity System. Sementara itu, perangkat gaming handheld dengan chipset ini dapat menampilkan resolusi Full HD Plus dengan refresh rate 144Hz. 
 

3. Snapdragon G3x Gen 2 

Pada level flagship, Snapdragon G3x Gen 2 merupakan penerus dari Seri G3. Platform Snapdragon G3x Gen 2 dipersenjatai dengan CPU Kryo Octa-Core dan GPU Adreno A32 yang menawarkan kinerja CPU lebih dari 30 persen lebih cepat dan kinerja GPU 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan pendahulunya.

Cip ini juga mendukung fitur audio Bluetooth platensi rendah dengan Snapdragon Sound Teknologi Suite, XR Glass Tethering, dan kecepatan nirkabel paling responsif melalui Wi-Fi 7 High-Band Simultaneous (HBS) serta 5G sub-6.

Snapdragon G3x Gen 2 juga membuat layar gaming handheld menampilkan resolusi Full HD Plus dengan refresh rate 144Hz, termasuk mendukung fitur Ray Tracing untuk efek visual gim dan pencahayaan yang lebih nyata. 

Baca juga: Qualcomm Kenalkan Teknologi Hybrid AI, Bisa Berjalan Tanpa Internet

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

SEBELUMNYA

Mengintip Keindahan Black Diamond yang Didesain oleh Atta dan Aurel

BERIKUTNYA

Fakta-Fakta Menarik Drama Not Others yang Tamat di Episode 12

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: